Saturday, July 16, 2016

Puncak (5-7 Juli 2016) - Royal Safari Garden + Taman Safari Indonesia

Sebelumnya maafkan gua kalo postingan ini minim foto (harus banyak belajar sama Felice). Tadinya sebelum berangkat gua mau bawa kamera SLR buat foto2 cantik kan jarang-jarang ya liburan, tapi begitu liat banyaknya bawaan dan mikir nanti gimana bawa-bawa kamera segede gaban (berhubung suami istri ini masing-masing pegang satu anak), gua jadi mengurungkan niat bawa kamera bagus. Dan bener aja sih ga sempet juga foto ini itu karena tengan almost always occupied. Ada beberapa foto dibawah yang gua screencap dari video. hahaha.

Jadi jauh-jauh hari sebelumnya gua ada request ama suami pengen liburan gausah jauh-jauh. Bogor aja cukup. Awalnya gua ngajak nginep di Rancamaya. Tapi ya seiring berlalunya waktu tiba-tiba rencana gua yang cuma mau liburan berempat doank dikala weekend biasa berubah jadi rencana liburan berame-rame pas lebaran pula. Hah..yaudahlah daripada ga liburan sama sekali. Batin ini lelah.

Karena dicek agoda dan traveloka sana sini Rancamaya full booked, lalu beralih ke Puncak. Target nginep di pesona alam juga pupus karena no room available. Jadinya nyangkut di Royal Safari Garden. Pertimbangannya karena tujuan utamanya mau ke Taman Safari jadi ga mau terlalu naik keatas (menghindari macet juga).

Berangkat tanggal 5 Juli, karena dari beberapa hari sebelumnya suami selalu mantau google maps liat traffic dan terlihat ama sentosa tak ada garis merah, yang tadinya mau berangkat subuh jadi dimolorin ke jam 8 pagi.

Perjalanan cukup lancar walaupun waktu mau sampe di kampung brasco itu ada tersendat dikit. Lalu mampir sebentar di Cimory Riverside. Karena masih puasa jadinya restonya masih belum buka dan mungkin karena semalamnya hujan, area main anak-anaknya basah dan kotor. Bocah sih semangat mau main tapi gua nya senewen liat becek dan kotor gitu. Langsung dibopong deh ke bawah yang ada sungai. Sempet foto berempat disitu dan itu satu-satunya foto berempat selama di Puncak (sedih ga sih lu). Ga lama setelah itu naik lagi keatas dan ngurusin bocah yang ngambeg kepengen main. (-_-)

Foto buram tapi bolehlah buat nambah-nambahin foto (-_-)
pagar putihnya hampir ambruk didorong2 bocil
"tuyun...tuyun..."
tunggu ya difoto dulu biar ekspresinya udah jelek juga biarin !!

satu-satunya foto berempat selama di puncak (-_-)
gimana mau making memories nih begini caranya.
mario cilik asik ngeliatin arus sungai, luigi bawel minta turun mau jalan.

Lanjut perjalanan menuju hotel. Karena belum jam check in (check-in nya jam 2 siang bok, siang banget), jadi kita makan siang dulu di resto hotel (tak ada pilihan lain). Di bagian ujung restonya ada 2 kandang. Yang satu kandang Linsang (jujur gua ga tau Linsang itu apa), yang satu lagi kandang macan tutul. Tadinya gua kira udah ga ada binatangnya karena ga keliatan ada mahluk hidup tapi pas gua perhatiin kok ada tokai nya.. hahahaha. Tadinya mau duduk deket kandang jadi mundur teratur deh. Geli gua.

Makanannya yaaaaa gitu deh ya.. hahahaha.
pas lagi makan tiba-tiba Kenny nunjuk kandang macannya dengan ekspresi kaget. Eh ternyata beneran ada macannya lari-lari naik turun pohon didalem kandang. Gua sih ngeri kalo2 macannya lompat. Karena bagian atas kandangnya itu cuma jaring2 ga ada kerangkeng. #parnodarilahir

Abis makan kita jalan-jalan disekitar hotel, karena hotel ini di dalemnya emang banyak wahana-wahana gitu deh. Ada kolam angsa hitam yang keliatannya galak banget. Ada taman burung dan ada atraksi bird show..sayangnya 2 bocah kaga mau tuh duduk diem liat atraksi, ga betah. Maunya jalan terus.

main ayunan di area lapangan basket

Ada mainan-mainan kaya kereta2an, mobil2an, sepeda air, paintball, naik kuda, naik gajah yang kalau mau naik harus bayar lagi. Suami tadinya mau ajak Kenny naik gajah, tapi ya gua sih serem bayanginnya. Dan anaknya juga sepertinya ogah.

kereta sekali naik ceban per orang. Mas-mas yang jaga wahana ini asik tiduran saking sepinya.
Gua sampe belaga batuk biar dia bangun. hahahhaha.

Fasilitas sih lumayan oke lah menurut gua. Ada tempat penyewaan sepeda, segway, kolam renang, lapangan basket, baby club (seadanya), dan yang menurut gua cukup thoughtful adalah adanya kanopi sepanjang sisi jalan dari depan hotel sampai kedalam2nya. Di malam pertama gua sempet jalan ke alfamart depan hotel dan pas udah balik sampe di depan hotel tiba-tiba hujan gede dan gua ga bawa payung. Untunglah ada kanopi2 itu, gua bisa jalan sampe ke dekat kamar hotel. Nyebrang dikit kena ujan sih dikit tapi ga kebayang kalo ga ada kanopi2 itu gua jalan dari depan basah kuyup kali. Mungkin itu dibangun juga untuk kenyamanan pegawai2nya sih kalau mau kesana kemari karena sepenglihatan gua mereka engga (atau jarang) pake buggy walaupun luas hotelnya lumayan besar.

Atraksi burung yang ga diminati anak-anak gua

taman burung seadanya dan sekilas nampak tak begitu terawat

Anyway setelah jalan-jalan sampe akhirnya sekitar jam 2 kurang, kita balik ke resepsionis buat dapet konci kamar.
Gua dapat kamar tipe Cendrawasih, ini termasuk bangunan yang lama. Mertua gua dapat kamar tipe Leopard, ini salah satu bangunan baru selain Giraffe (lebih keren Giraffe tapi). Anehnya pas book online harga yang Leopard ini jauh lebih murah dari yang Cendrawasih. Setengah harga lebih murah loh. Ada yang tau ga sih tips n trik kalau mau book kamar hotel online? Kali ada celah2nya gitu biar bisa dapet lebih murah. #penasaran.

suami lagi nemenin 3 bocah lanang main mobil-mobilan demi menghabiskan waktu.

Kalau yang di Cendrawasih kamarnya lebih luas tapi remang-remang, kalau dapet yang twin bed bisa minta didempetin jadi satu. Kalau yang di Leopard twin bed nya ga bisa didempetin karena desain headboardnya mati tapi twin bednya lebih gede.

Kekurangan kamar yang gua dapet adalah banyak banget ngengat. Ga berbahaya sih tapi buat gua rada mengganggu aja kalo terbang2. Mau minta pindah kamar kayanya too much hassle.

Maaf sekali lagi karena gua ga ada foto kamarnya sama sekali. Biasa gua sempet foto2in kamar, kamar mandi, printilan ini itu tapi kemaren itu ga kepikiran sama sekali.

sungguh gua masih ga ngerti kenapa anak2 suka banget ama surprise egg.
tapi beneran telor2 ini sering jadi penyelamat dikala anak rewel

Kemudian dari siang sampai sore ngabisin waktu di kamar di sekitar hotel aja sampai waktunya makan malam. Sebenernya dapat makan malam free dari hotel tapi karena personil kita melebihi kapasitas (ooppsss..) jadinya harus beli tambahan atau cari makan diluar. Parahnya untuk tambahan dinner 1 orang nya itu masa Rp 230,000. Mahal banget. Akhirnya kita kasih voucher dinnernya buat yang dituakan dulu. Sisanya kita cari makan diluar aja. Agak susah cari makan diluar apalagi buat bocah, akhirnya beli semacem oden di alfamart depan hotel. Gua udah ambil sandwich dan udah dipanasin eh di kasir liat ada poster hotdog jadi ngiler. Akhirannya sandwichnya ga dimakan. (×_×). Kok cuma makan hotdog? iya karena sorenya kita2 udah pada makan pop mie duluan, dan setelah sekian lama ga makan pop mie ya itu rasanya nikkkmmaaaaDDD pake D. hahahhaha. #msgWins

Abis itu dapet laporan dari yang dinner di resto hotel kalau makanannya ga memadai banget. Kuantitas sangat sedikit dan kualitas juga super bad. Bener-bener ga setimpal sama harganya. Untung ga nekat beli tambahan. Bisa bete abis kalo keluar uang segitu dan makanannya ga enak.

Malamnya bocah sukses tidur pules,  begitu juga dengan suami. Saya ternyata udah tepar duluan sebelum bocah bobo tapi kemudian bangun sekitar jam 1 atau setengah 2 dan ga bisa tidur lagi karena suara takbir dari mesjid di belakang kamar itu KENCENG BANGET dan ga berenti sampe subuh. Tujuan keluar kota menghindari bising2 di rumah eh malah dapet jackpot berlipat ganda. Baru bisa tidur lagi setelah mereka sholat subuh dan kebisingan mereda. Eh ga lama dibangunin lagi ama suami karena rencana mau ke TSI nya sepagi mungkin. Bete gue. Kalo ngantuk diri ini segalak macan tau ga sih.

************************************************************

Hari kedua setelah bangun dengan susah payah rela ga rela, siap-siap ini itu yang tadinya rencana mau jalan ke TSI jam 9 ya akhirnya jam 10 lewat juga sih baru jalan. Di tempat breakfast gua ampe minum kopi saking ngantuknya. Oh ya, soal breakfast, dibanding dinner semalem sih katanya jauh lebih mending breakfastnya. Lebih beragam dan kalaupun mau ada tambahan "cuma" Rp 98,000. Jomplang banget kan harganya. Menunya ya standard sih, dibilang enak ya engga. Tapi bolehlah buat isi perut. Bocil pas di puncak kaya orang bule makannya roti doank, yang gede biasanya gampang banget makan disana rada susah makan ini ga mau itu ga mau. Berhasil kasih makannya kalau di kamar hotel aja sambil main-main.

Karena kita nginep di Royal Safari Garden, kalau mau beli tiket TSI dapet diskon 40ribu. Harga awal 140ribu jadi 100ribu. Lumayan deh ya karena yang pergi berempat belas. Perjalanan dari hotel ke TSI lancar karena ga gitu jauh. Begitu belok kanan menuju TSI sepanjang jalan warnanya oranye dan kuning alias pada jualan wortel sama pisang. Tapi kita ga beli karena mikir kayanya gausah kasih makan binatang2nya lah. Asal liat aja, belum tentu gua sendiri berani buka kaca kasih makan binatang sambil megangin bocah, salah-salah anaknya nangis ketakutan berabe. Kalo suami mungkin males mikirin ntar mobilnya kotor. hahahaha.

Sampe di gerbang TSI yang ada gading gajah raksasa itu karcis diperiksa dan dikasih gelang kertas buat kalo mau main wahana2 didalem. Terus langsung tancap ke Safari Journey dan udah rame banget. Kadang tersendat-sendat karena banyak mobil yang berhenti ngasih makan binatang-binatangnya.

Kayanya TSI sekarang binatangnya udah ga terlalu banyak ya, banyak area-area yang kosong tak berpenghuni. Satu area binatang pun ada yang keliatannya cuma 1-2 ekor. Kaya beruang madu tuh keliatan cuma 1 ekor dan kecil gitu. Jerapah pun ga gitu banyak, seinget gua dulu tuh banyaaaak gitu seru liatnya. Singa dan macan gede-gede diatas batu dan kadang bisa deket banget ke mobil (apa gue yg salah inget?). Tapi kemarin itu singa-singanya ga gitu keliatan pada bobo semua, pengaruh cuaca adem asoy kali yee gegara ujan. Unta sih banyak tapi pada jelek-jelek banget dekil kotor. Ya gua ga bisa mengharapkan binatang-binatang disana dimandiin sih, tapiiiiii ya begitulah, kesannya malah jadi tak terawat. Pas di area unta gua buka kaca mau videoin, begitu buka bujubuusseeet baunyyyaaa maknyos. ga lama langsung tutup kaca dan ga buka-buka lagi. Entah itu bau kotoran dari berapa lama terakumulasi.

Sepanjang safari journey gua cuma video2in aja dan begitu sampe di monyet batere gue abis. haishh... Gua paling pengen liat harimau putih pas sampe areanya yaaa gitu doank. Yang keliatan cuma beberapa ekor, itu pun semua di dalem rumahnya yang bentuknya kaya rumah adat. Ada yang diluar tapi ga lama dia masuk juga kedalem. Cape deh. mungkin mereka lelah jadi tontonan.

Di beberapa area binatang jinak (yang kita boleh buka jendela dan kasih makan) kadang ada petugasnya, tapi menyebalkan sekali kalau liat mereka mukul binatangnya pake tongkat kayu pas nyuruh binatangnya minggir biar ga menghalangi mobil. Perasaan dulu ga ada yang begitu deh, alami aja gitu kalo dihalangin binatangnya ya kita tungguin sampe dia lewat.

Setelah selesai Safari Journey sampe di area bermain, di bagian bawah udah ga dapet parkir. Terpaksa naik keatas dan dapet parkir di dekat area Komodo. Ini ditengah-tengah gitu deh, antara enak dan ga enak dapet parkir tengah-tengah gini. Enaknya ya kalau mau keatas atau kebawah jadi ga terlalu jauh, tapi kalau kita mau explore dari atas ke bawah jadi bolak balik.

Kita akhirnya naik dulu lewatin area komodo, reptil, burung kasuari, binatang malam, pinguin, etc. Eh yang pada pernah kasih makan pinguin itu tempatnya di area pinguin yang kecil itu kan? kok kemarin ga ada tuh ya yang kasih makan gitu. ga ada petugasnya sama sekali. mungkin karena hari raya jadi libur kali ya.

foto bersama keluarga besar *uuu aaa uuuuaaa*

Ga sampe naik keatas banget (ke tempat dolphin show) karena udah jam makan siang dan harus cari makan dulu, akhirnya turun lagi kebawah sampe ketemu foodcourt yang sebrangnya ada viking ship itu. Menu makannya adalah.....Safari Fried Chicken !! yang harganya lebih mahal dari KFC. #ajimumpungrame

Setelah kelar makan, lanjut jalan kebawah ke area yang banyak wahana-wahana permainan sampe nemu baby zoo. Di depan baby zoo ada kuda poni dan suami beli tiket buat Kenny naik kuda poni. Gua antara seneng liat Kenny berani naik kuda sendiri dan kasian ama kuda poninya. Mudah-mudahan Kenny nya ga terlalu berat ya buat kamu, pon...

naik kuda poni

Masuk ke area baby zoo dan gua bingung apa yang mau diliat.. lalu karena udah mulai sore dan 2 bocah belom pada tidur siang akhirnya kita memutuskan balik aja ke mobil biar mereka tidur. Kasian nanti kalo kecapekan malemnya takutnya ga bisa tidur tenang.

Kenny disana kuat banget jalan kaki. Padahal kayanya dia udah rada ngantuk tapi dia mau jalan terus dan cukup jarang minta gendong. Pas jalan mau balik ke parkiran, kita lewatin permainan-permainan gitu kan tapi untungnya dia ga minta mau naik, udah mau diujung ada satu mainan kaya Ontang Anting di Dufan.. yang duduk di kursi terus naik diputer-puter gitu dan Kenny tiba-tiba nunjuk donk minta main dan maksa !!

Akhirnya naik lah gua bedua ama dia. Cukup serem juga sih sebenernya tapi dia ketawa-ketawa aja. Gua cuma takut dia masuk angin karena anginnya dingin banget plus dia belum tidur juga. Tapi untungnya ga kenapa2 sih. Abis main itu langsung naik lagi #ngos-ngosan sampe akhirnya ketemu mobil dan anaknya masih belom puas juga jalan. Pake ngambeg2 ga mau naik mobil tapi kitanya tetep lah jalan pulang. Ga berapa lama seperti yang sudah diperkirakan ya mereka tidur.

Pas jalan mau balik ke hotel, udah hampir di ujung jalan yang pertigaan itu, lalu lintas berhenti. Waduh...dan ternyata bener baru aja diterapkan one way kearah atas sedangkan kita mau kebawah. Kita tanya polisinya dia jawab ga tentu bisa berapa lama tergantung situasinya. Kemudian kita memutuskan untuk balik keatas mengunjungi Pesona Alam.

Gua sempet turun numpang pipis ama liat-liat sebentar. Ternyata ga gitu gede ya, cuma emang keliatan modern aja. Ga berapa lama kita turun lagi kebawah kali ini berhentinya cukup jauh dari pertigaan. Masih one way keatas. Pas ada polisi lewat kita tanya kok lama amat one way nya, dan dia jawab ini baru Pak. Lah kita tadi udah balik keatas dan ini udah kebawah lagi kok dibilang baru? Dan ternyata tadi udah dibuka yang kearah bawah sebentar kemudian ditutup lagi. #suwe

Nunggu dah tuh diem di mobil dan namanya anak-anak lama-lama ga betah lah di mobil. Kenny udah ngambeg-ngambeg minta pake sepatu dan mau keluar. Gua menawarkan diri jalan kaki sama Kenny pelan-pelan. Pas keluar mobil, Kenny ga mau kalau papanya ga ikut. Yaudah akhirnya suami ama Kenny jalan kaki dan gua yang nyetir. Eh liat kokonya jalan, dedenya kepengen ikutan dan dedenya ga mau ama orang lain selain gue.. Laaah piyeeeeee, ini mobil ga ada autopilot modenya deh bocaaaah !!!

Karena ga bisa dialihkan ke hal lain mau ga mau gua minta tolong bokap mertua yang ada di mobil belakang buat nyetir mobil gua dan gua jalan kaki sama si dede. Lebih tepatnya gua jalan kaki sambil gendong si dede #gempordouble kurang pegel apa gua abis dari TSI naik turun tangga nanjak2 trus sekarang jalan kaki. (-_-)

Di pertigaan ketemu ama Kenny dan suami plus pamannya suami yang malah dengan sukahati ikut kita jalan kaki. Daripada diem di mobil katanya. hahahaha.
Jalan kakilah kita beneran tuh pelan-pelan sepanjang jalan. Mana serem banget kan kadang masih ada motor-motor dari arah atas yang kebawah pada ngebut-ngebut. Pas udah sampe setengah jalan denger mobil polisi lewat tanda one way udah berakhir, kita diem nunggu dijemput.

Astaganaga deh kaki eke rasanya...untung hawanya ga panas yee.. Kalo panas bisa senewen tingkat dewa gua. Nyampe hotel udah hilang setengah nyawa. But mommy duty never ends kan, masih harus mandiin bocah, cuci botol, dll. Dan untuk makan malam suami pegi beli padang di depan hotel. Lumayan deh dapet surga lagi dikit #padangisheaven

Malamnya di lapangan basket terang benderang, ternyata mau ada pertunjukkan. Kebetulan kamar kita bersebrangan ama lapangan basket. Pertunjukkannya macam perkusi dan fire dance gitu lah. Sekali lagi maap ga ada fotonya. (-_-)

Dan malam kedua gua bisa tidur lumayan lah.. ga pake kebisingan lagi. Besokan paginya bangun-bangun bocah gede ama papanya udah ga ada di kamar. Gua juga bangun karena bocil bangun duluan #mamatepar. Baca BBM katanya lagi pada jalan-jalan sampe seujung-ujungnya hotel (T_T) saya ditinggal. Tapi gapapa deh daripada cakar macan keluar karena kurang tidur.

Breakfast kali ini orangnya rame bukan main. Kita sampe dapet meja di lantai atas. Tapi makanannya ya sama aja kaya kemarin, cuma beda nasi goreng doank. Bocil jadi bule again makan roti tok sedangkan bocah gede makan kerupuk doank maunya. Sampe-sampe gua masukkin makanan ke gelas kertas dan masukkin ke tas biar bisa makan di kamar.

Ipar gua kena makan mie goreng basi....kayanya sih mie goreng sisa kemarin, ga dipanasin, dan mereka asal refill aja setiap kali makanan udah mau kosong. Mungkin ipar gua keambil yang bawah-bawah, gua ambil bagian atas sih ga basi karena mungkin baru dimasak. Kalo soal makanan mereka horrible banget deh.

Balik ke kamar kasih makan bocah gede kemudian suami gua mau ajak bocah berenang. Gua bilang ama suami kalo gua ga mau ikut. Dia aja yang temenin bocah berenang. Kayanya sih dia agak bete pas gua bilang begitu. hehehe. Mama macam apa ga mau temenin anaknya main air. Tapi sungguh gua lagi ga mood, gua ga bawa pakaian renang whatsoever lah karena emang ga niat mau nyemplung ke air. Akhirnya adik ipar gua yang temenin bocil main air. Gua bukannya males-malesan juga siihhh, gua beberes barang-barang. Bahkan sampe bocil balik ke kamar dengan menggigil juga gua belom selesai beberes. Jadi ya alasan gua ga mau ikut berenang valid lah ya. huahauhauahaha..

asik main air ga mau udahan. padahal udah kedinginan.

Setelah kelar beberes, check out, jalan pulang tapi mampir ke Cimory Riverside lagi buat makan siang. Bocah kembali mogok makan malah bobo digendongan kung-kung dan papanya. Baru bangun setelah hampir sampai di Jakarta. Pas jalan pulang lihat yang pada mau naik ke puncak sih SELAMEEEETTT deh. Macet benerrrrr.. congratulations.

Selesailah liburan kali ini. Kami akan kembali beberapa bulan kedepan karena saya balas dendam begitu dapet room di Pesona Alam langsung book ga pake lama. #melirikmanjakesuami

Sampai berjumpa di lain kesempatan
~ciaooo..bella...

1. Seru ci, tapi aku yang baca doang aja rasanya ikut lelaaahhh hahahahhahahaah. Di awal postingan pas baca banyak binatang2nya udah semangat pengen nyobain royal safari garden, makin ke bawah baca review soal makanan mereka langsung jadi males. Huahahaha. Soalnya breakfast di hotel itu penting kalo buat aku. Salah satu yang bikin rela nginep di hotel. Hihihihi

1. Iya payah kalo makanan. Gua justru klo nginel hotel selalu ga berharap banyak ama makanannya. Hahahaha. Abis karena emang biasanya cari hotel berbudget rendah jadi ya kompensasinya pasti kena juga ke makanan.

2. wah mantap dari ber 4 jadi ber 14 orang liburannya cii..hehehe
    sekarang mao book pesona alam susyeh banyak tanggal yang full emang lagi ngehits banget itu hotelnya...ohya ada hotel baru juga ci namanya royal tulip gunung geulis hotel...

1. Iya kmrn baca blognya sapa ya yg abis nginep di royal tulip.. kayanya bagus juga ya.
      Musti sering2 cek klo mau book pesona alam. Kadang ada. Makanya kmrn pas dapet lgsung book.

3. Ci Aina, aku liat Ci Aina di foodcourt safari waktu lebaran kemaren hehehe pas mau nyapa udah ilang :(

1. Oalah..liatnya pas di bawah ya? Aku makannya diatas karena dibawah udah penuh banget. Diatas sepi.

4. makanan di hotelnya koq kayak kacau banget ya... gua juga penasaran loh sama pesona alam hahahaha...

1. Ya begitulah makanan hotel. Makanya gua sampe bilang suami males makan di resto hotel, mending beli bubur depan hotel murah meriah enak. Tp suami tak mengijinkan. Biar rame2 katanya.

5. Paling bete ya kalo dapet hotel jelek (plus ngengat?? Duhh...kalo gue bisa brisik ngoceh2 ke resepsionis minta tuker kamar hahahaha).

Gue juga kepengen cobain pesona alam tapi ga pernah kesampean. Royal tulip juga ok, cuma kalo bisa sampe di hotel masih terang ya. Jalanannya gelap kalo malem.

6. Na, gue pernah inep di Royal Safari ini so far brekie-nya enak *mungkin gegara bukan musim liburan x ya* en waktu itu ga enaknya gue dapet yg tipe komodo. Gile deh itu lokasinya di blakang bgt Na, cukup buat gue jiper, hahahaha. Selebihnya gue demen2 aja soalnya bisa explore fasilitas ni hotel kayak taman burung, dll :)

7. wah pesona alam ternyata rame banget yahh...
    di puncak emang kalo lagi puasa sengsara euy
    royal safari lumayan juga ya ada fasilitas2nya.. kemarin aku nginepnya di caravan yang pas di tsi-nya dan gak banyak macem2 kaya gini..

8. Naaa.. Bacanya kok lengan ikutan pegel ya :p

Astagahh terlalu sih kalo sampe ada mie basi gitu..ckck.. Se ga enaknya mknn klo dpat yg basi sih..ckckc.. Tapi akuh penasaran pengen ke TSI..haha.. Sampai skrg belum kesampaian mau kesana :D