Thursday, March 24, 2016

Tetes terakhir

Kemarin, 23 Maret 2016, hari yang lumayan emosionil buat gua. Karena gua memeras ASI untuk terakhir kalinya buat bocah cilik. Yep. I decided to stop. Ga ada planning, ga ada mikir2 panjang sebelumnya, tiba2 aja gitu memutuskan kayanya stop deh ASI nya. Belakangan emang sehari paling cuma express sekali dan volumenya juga ga sampe 150ml. Sedangkan anaknya kok ya kayanya lagi gila susu. Perbandingan ASI sama UHT nya udah jomplang banget. Hehehehe. Dan udah mau 2 tahun juga ya anaknya, it's time for the twin mountains to rest. Hahaha.

Antara seneng dan sedih ya berhenti kasih ASI, walaupun kali ini jauh lebih legowo dari yang pertama kali dulu. Kan yang pertama itu harus berhenti karena hamil lagi dan disuggest obgyn untuk stop ASI takut bayi yang didalem kurang dapet asupan makanan kalo masih kasih ASI. Itu sih emosionilnya pasti lebbbbiiih deh. Kasian ama anak pertama tapi kasian juga ama bayi di perut. Hiks. Dilema emak2.

Tapi ya i give myself pat in the back. You've done well, self...
Walaupun gua ga berhasil breastfeeding, tapi itu semua keputusan gua demi kewarasan sendiri yang bisa berakibat ke kewarasan anggota keluarga lain. Waktu anak masih 1, gagal breastfeeding karena anaknya bingung puting. Selang seling nyusuin langsung dan dari botol juga akhirnya si bocah lebih enak nyusu dari botol, udah usaha loh buat re-introduce the fluffy chewy bouncy momma's breast tapi anake nolak mentah2 #akugabisadiginiin (T___T).
Sempet frustasi patah hati anaknya nolak bonding ama emaknya tapi ya salah emaknya juga kan ya ngasih pake botol juga jadi yaudah pelan2 direlakan aja.

Pas anak kedua...gagal maning breastfeedingnya. Kalo yang ini bukan karena bingung puting. Malah pernah ada fase gua nya kenalin botol susu mulu karena anaknya nolak pake botol. Lebih karena...........bisa bayangin ga punya anak bayi baru lahir PLUS another demanding toddler....

Bayangkan...

Bayangkan...

Lagi nyusuin bayi tiba2 toddlernya rengek minta ini itu.. lagi main ama si toddler, tiba2 bayinya nangis minta nenen dan si toddlernya ga mau ditinggal. Lagi nyusuin si bayi, kemudian si toddlernya pup. Dan skenario2 lainnya.

Emang sih waktu itu ada bantuan dari suster. Tapi tetep aja tuh ya susah belah dirinya. Jadi ya pake botol aja deh yang bisa minta tolong orang lain pegangin kalo situasi lagi genting. Abis lahiran psikis emak juga rada2 kan yaaa.. daripada gua gila memaksakan diri jadi ibu2 idealis mendingan gua menyimpang sedikit tapi tetep waras.

Well, breastfeed or bottle, yang penting gua udah usaha semaksimal gua buat kasih ASI. Cape ya cape tapi kalo buat anak lebih baik kenapa engga. Suamipun senang pundi2 rupiah ga abis buat beli sufor #tapiabisbuatistrinyaonlineshopping. Kekekekekkeeke.

Well.....it's been a love-and-hate journey but i guess it's all worth it.

Lalu melihat kearah dada... you look so different within 3 years. You look very tired and worn out #damngravity. Now you can have a good rest. Thank you.

13 comments:

  1. saatnya anak ketiga berarti na.. hahaha

    ReplyDelete
  2. Trus abis itu nyanyi "dada ku duluu tak bginiii..." 😂

    ReplyDelete
  3. hahaa.. gw manggut2 kenceng sama kalimat terakhir, na. Emang pas lagi nyusuin tuh kenceng bak Scarlet johanson ya. Pas abis, gak ASI lagi, kemanaaaa Scarlet johanson gueeeeee? hahahaha

    Eniway, menurut gw sih mo breastfeed langsung ato pake botol sama aja. intinya anak minum ASI kan? semoga deh, anak gw ntar bisa full ASI sampe 2 thn, gak kayak yg pertama kemarin...

    ReplyDelete
  4. Good job na... Give u another pat on the back. Emang susah bener ngelayanin 2 bocah yg beda umur ga jauh pasti. G bisa bayanginnya. Ribet ya pastii...

    ReplyDelete
  5. Ngakak baca kalimat penutupnya na...ngakak juga baca komen ko arman...Saatnya pake bra lucu lagi dong naa..sayonara bra mneyusui...

    ReplyDelete
  6. Na, kalimat penutupnya knp bikin ngakak sih, apalagi # nya :D

    Nah yaa.. Anak ke 3 Na..wkwkw..

    ReplyDelete
  7. Kalimat terakhir lo itu menohok deh #damngravity

    Gpp lah Na udah mau 2 th juga Ian. Well done, mommy! Gw kok waktu nyapih Raka tuh prasaannya lebih ke lega daripada sedih/mellow ya? Akhirnya aku terbebas *bukan emak teladan*

    ReplyDelete
  8. Kalau masih blom mau istirahat juga bisa Na hehehehe biar jadi #dada teladan

    ReplyDelete
  9. Good job twin mountains.. aku senyum2 sendiri baca istilah2 lo..

    ReplyDelete
  10. hahaha.. naaa its time twin mountains to rest. kocak bangettttttt. ahahahahaha.. *ih, perjalanan gua masih panjang donk? ahahahahha*.

    ReplyDelete
  11. i feel you na.. serasa mendapat kembali si dada lol..

    ReplyDelete
  12. Aina hebattt! *tepuk tangan dulu buat si twin mountains* semoga bisa ASI lama juga kayak elo na.. Hehe..

    ReplyDelete
  13. Bacanya bingung mau merasa bersimpati ato ngakak hahaha
    Kocak :D
    Hebat twin mountains! Well done! :D

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP