Sunday, March 13, 2016

Flu Singapura... kennaaa deeh.

Yang follow gua di IG mungkin udah tau kalo 2 minggu lalu kedua bocah gua sakit dan sakitnya bukan sakit biasa macam batuk pilek. Sakitnya sakit yang lagi 'trend' belakangan ini, yaitu flu singapura alias HMFD (Hand Mouth Foot Disease).

Gua udah pernah denger penyakit ini taon2 lalu karena ada anak temen gua yang kena dan baru denger lagi belakangan karena emang banyak anak2 yang kena sampe di Facebook banyak yang share soal penyakit ini.

Naaaahh... emang dasar ye gua tuh kalo baca apa2 gitu mungkin kebawa ke alam bawah sadar dan mungkkkiin malah jadi 'wish' ke universe gitu loh (ato ini cuma gua aja yang lebay). Kaya kalo abis liat foto anaknya temen jatoh dan lebam, ntar besok2 anak sendiri yang lebam. Positipnya kalo ada liat makanan padang tetiba malem beneran dibeliin makanan padang. LOL.

Eniwei.. jadi ceritanya Senin tuh K masih sekolah, sampe sorepun masih baik-baik aja. Tiba2 malem gitu badannya panas cukup tinggi dan anaknya langsung diem aja rebahan sambil nonton TV.

Waduh. Yang terbesit di benak gua waktu itu, gua takut DBD *amit2*, karena emang rumah lagi banyaaaaaaak banget nyamuknya dan lagi banyak yang kena DBD juga kan..sambil diliat2 badannya ada bintik2 apa ngga. Karena ya selaen takut DBD, takut kena yang lain macem campak atau cacar gitu.

Sepanjang malam tuh panasnya bisa dibilang cukup stabil, ga naik turun. Subuh sempet turun tapi tetep anget dan paginya naik lagi. Untung anaknya masih mau makan sih, minum masih mau tapi berkurang drastis (karena biasanya dia kaya onta kalo minum).

Besokannya tiba2 gua liat sekitar mulutnya muncul bintik-bintik merah dan seketika itu juga gua teringat ama penyakit flu singapura ini. Tadinya ga kepikiran ama penyakit ini. Di deket kaki dan tangan ada bintik merah juga tapi kaya bintik bentol digigit nyamuk gitu dan bukan di telapak seperti gejala penyakit flu singapura, jadi gua masih di grey area.
Lalu pas mandi gua liat di area pangkal paha dalemnya ada sekumpulan bintik2 merah yang aneh. Gua makin bingung.


Bintik-bintik makin banyak di area lipetan belakang dengkul sama di lipetan siku tangan. Panas badan juga masih agak tinggi. Napsu makan udah berkurang walau masih bisa makan.
 Tanya DSA nya ternyata besoknya dia cuti akhirnya hari Rabu bawa ke dokter lain. Di dokter lain ini dibilang K kena infeksi virus. Tapi ga bisa kasih kepastian virus apa karena kalo diitung dari hari pertama demam ini baru hari ketiga, biasanya bintik2 merah dan gejala2 lainnya itu lebih bisa dipastikan di hari kelima atau enam. Jadi cuma dikasih obat anti virus dan dikasih lembaran buat cek darah kalau nanti diperlukan.


Hari Rabu malam pas bobo, gua perhatiin adenya kalo lagi mendusin tuh garuk2 kaki aja. Waduh. Perasaan udah ga enak. Pagi2nya liat daerah telapak kaki ama tangannya udah nongol titik2 merah. Damn it. Ketular.
Well, sebenernya ini udah resiko sih. Mau gimana ya klo 1 anak kena virus dan tinggal 1 rumah cuma gua yg urus. Ga bisa juga kan dipisah dan ga kena contact sama sekali. #belahsajadiriku 


Kalo adenya malah nongol bintik2 dulu baru kemudian siangnya disusul panas dan langsung pake ga mau makan. Emang dasarnya adenya lebih manja, sakit dikit nangis *kena senggol ato jedot dikit nangis trus masa pernah keinjek kaki sendiri aja nangis....srimulat banget kan*. Kalo kokonya lebih tahan sakit, makanya klo kejedot atau jatoh kalo sampe dia nangis berarti sakit banget.

Tapi ya namanya ada kaya sariawan di mulut orang dewasa aja sakit apalagi bocah ya kan.. tapi ya mau ga mau dicari cara biar ada makanan masuk dan yang penting kasih minum terus.


Hari Jumat balik lagi ke dokter, kali ini ke DSA langganan. Kali ini yang diperiksa bocah cilik. Begitu diliat dokter langsung tulis di rekam medik 'HMFD'. Gua nanya make sure bukan cacar air ya dok? Bukan katanya. Kalau cacar air ruamnya sebadan sampe muka. Kalo HMFD nyerangnya mulut, kaki dan tangan.
Trus gua nanya lagi "ga cuma telapak ya dok?"
Dokternya jawab "engga cuma telapak. Tapi bisa sepanjang kaki sampe paha. Tangan juga sampe lengan atas. Cuma biasanya ga sampe badan dan muka, walaupun ga nutup kemungkinan nyebar ke badan dan muka tergantung kondisi pasiennya".


Sama DSA ini dikasih anti virus juga tapi sirup, kalo K kemarin dikasihnya puyer. Trus diresepin Imboost juga buat daya tahan tubuh dan salep Pirotop buat diolesin ke ruam yang udah pecah biar ga jadi koreng.


Ruamnya si bocil lebih parah daripada ruam si K. Lebih gede2 pula, sampe serem gua ngeliatnya. Kalo K, ruamnya walau lebih kecil2 tapi meeerraaaaaah sekali kaya jerawat akut gitu. Gemes banget liatnya.


Jumat malem tuh bocil sama sekali ga mau makan dan minum, akhirnya dengan sedih dipaksa makan deh asal ada masuk makanan dan perut ga kosong sama sekali. Gua takut banget ngebayangin kalo sampe harus diinfus. Dddduuhh *knock on wood*


Lalu mandikah bocah2?
HARUS, kata dokter.
Air mandinya pakein dettol.
Keramas juga gapapa. Justru diusahakan bersih.
Abis mandi dipakein bedak caladine untuk ngurangin gatelnya.


Hari demi hari, napsu makan membaik dan sudah kembali aktif seperti biasanya. Tapi bekas bintik2 merahnya masih ada, jadi gua belom kasih K sekolah lagi. Kebetulan Rabu kan hari besar jadi gua bablasin Kamis baru sekolah lagi walaupun sebenenrya anaknya udah baik2 aja tapi gua ga mau ambil resiko anak gua mungkin aja masih bawa virus sisa2 dan ntar nepa ke temennya. Ga abis2 siklusnya.


Pas gua whatsapp gurunya K soal dia ijin ga masuk sekolah karena sakit, gurunya ada bilang ke gua kalo ada temen sekolahnya yang kena flu singapura juga tapi udah seminggu sebelum K kena. 


Diceritain begitu, ya suspectnya jadi antara kena di sekolah atau di playground, karena hari Sabtu sebelum sakit itu gua ajak bocah main di Kidzoona. 
Laki gua sih lebih curiga kena di sekolah karena ruang lingkupnya lebih kecil dan yaaa setiap hari kan ke sekolah. Kalo gua entah kenapa lebih curiga ama kidzoona..hahahahahaha. abiiiissss anak gua klo dari playground, bberapa hari setelahnya pasti ada yang sakit. Biasanya sih si bocil, tapi berhubung terakhir main di playground gratisan di Mall Puri Indah tuh ga kenapa2 dan KASIAN udah lama ga maen di playground berbayar yang banyaaaaak bolanya, jadi dibawa ke playground lagi. Eeehhh sakit lagi. Preeett.


Sampe post ini dipublish, bekas bintik2 belom ilang juga sih. Jadinya ya kaya bekas digigit nyamuk trus luka digaruk dan jadi koreng gitu. Yaaa susah deh si K klo liat di badannya ada yang ga mulus dikit aja ya dikope2 ama dia. Gimana mau sembuh lukanya. Yg ada koreng lagi koreng lagi.


Kalo bocil, sekarang dia lagi banyak yang mengelupas gitu. Karena kan ruam dia gede2 kaya kapalan gitu jadi sekarang udah pada kempes dan kaya ganti kulit gitu. Geeemmeezzzz banget pengen gua cabutin tapi ga berani. Hahahaha.

Yang pasti kaki dan tangan bocah2 gua yang tadinya emang ga mulus2 banget jadi makin jelek keliatannya gara2 banyak bekas bintik2. Sebal.

Semoga bisa hilang dan kembali mulus seperti baru lahir.

Waspada ya buibuk dan pakbapak. Walopun sepertinya musim hujan sudah berhenti berganti dengan musim kemarau panas terik menyengat kaya kampret gini tapi virus pasti masih merajalela.

Gua aja sekarang kena batuk pilek. Pilek udah bae, batuknya ora uis uis. Benci dah.

11 comments:

  1. Hai Aina.. mo share aja kalo anakku 2 bulan yang lalu juga kena HDMD ini. Tapi kalo kata aku yang parah mah sariawannya, bikin ga bisa makan. Kalau bintik-bintiknya sih ga gitu gangu.
    Jauh-jauhlah ya virus itu amit-amit, bikin susah aja huhuhu .. apalagi kalo anaknya udah SD ketinggalan pelajaran ama ulangan harian trus kudu remidi.. males banget

    ReplyDelete
  2. wah serem yaa ci, untung K dan I udah sembuh yaa ci, semoga cepet mulus lagi ya ci n daya tahan tubuh kembali kuat.

    ReplyDelete
  3. ya ampun.. lagi musim banget kayaknya ya. kemaren ini juga baca di blog lain anaknya juga kena hfmd... kasian banget ya anak2 kalo kena virus ini.

    moga2 abis ini semua sehat2 ya...

    ReplyDelete
  4. Itu lah kenapa kalau anak sakit sebenarnya ga boleh ke sekolah ya, kasian anak lain jadi nular.. Smoga bekas2 nya cepet ilang ya dan jauh2 deh segala virus.. Husshh hushh.. Ke laut aje :D

    ReplyDelete
  5. Pernah denger penyakit ini mudah2an gak kena yah. Ngeri juga ya lihat ruam2nya kayak gitu.

    ReplyDelete
  6. Duh lagi banyak ya yang kena HMFD ini. Anaknya temen kantor juga kena dari daycare, tek tok aja deh kalo udah di daycare gitu. Satu sakit, cepet banget nepa ke yang lain :(
    Mudah-mudahan bekasnya cepet ilang yaaa

    ReplyDelete
  7. Na, moga2 cepet ilang ya bekas tanda nya buat bocah kecil & gede nya..
    dl waktu kecil aku jg pernah kena flu singapura. 1 badan bintik2 merah semua, badan jg rasanya lemes.. :(
    apalagi kl anak2 yg rasain ya.. huhuhu

    ReplyDelete
  8. kemaren waktu jayden ga mau makan juga akhirnya gua paksa.. biasa dikasih nonton tv atau mainan, anaknya langsung buka mulut, ini engga sama sekali, akhirnya dipaksa deh... daripada ga ada asupan sama sekali...

    jauh2 dulu deh dari mall... jayden juga sakit pas abis pulang dari mall hehehehe...

    ReplyDelete
  9. semoga cepet hilang dan bener2 sembuh yah buat K & I.

    ReplyDelete
  10. Ethan juga dulu kena ini, na! Huhhhuhh..ga mo makan, ga mo ngapa2in. Lemes, rewel ga jelas.

    Semoga cepet sembuh yah! Biar immune nya ngelawan virusnya.

    ReplyDelete
  11. wih serem gitu, sekarang udah sembuh>

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP