Thursday, January 7, 2016

Scientia Square Park

Hari pertama di 2016 kemarin gua pergi ke daerah Serpong, selain mau mampir ke rumah mertua dan mau beli perlengkapan di Ace Hardware Living World, gua juga menyambangi Scientia Square Park. Berhubung suami lumayan kenal daerah Serpong jadi kesananya ga pake susah. Udah tau ancer-ancernya. 

Lokasinya ada di komplek Gading Serpong, deket Universitas Multimedia Nusantara (yang menurut gua dari luar keliatan keren..haha) dan sebelahan sama SDC (Summarecon Digital Center). Pas sampe sana agak bingung cari jalan masuknya karena banyak food truck jadi agak ketutup. Lalu tanya sama satu petugas tentang tiket tapi berhubung bukan gua yang tanya jadinya gua ga gitu mudeng. Dengernya suruh beli tiket trus lanjutnya samar2 entah si mas nya jelasin apa.

Adik ipar gua yang beli tiket pun ga ngerti, sampe bingung mau beli tiketnya dimana. Akhirnya gua tanya 1 mbak2 yang jaga 1 cash register (tanpa ada tulisan "Beli Tiket disini" atau sejenisnya) kalo mau beli tiket disini bukan dan dijawab dengan anggukan dan muka jutek.

Harga tiketnya untuk weekend dan hari libur itu Rp 35,000 per orang. Menurut gua udah lumayan mahal ya kalo dibanding masuk Ancol ke Ecopark. Lalu baru gua tau setelah lihat-lihat IG nya ternyata Rp 35,000 itu harga promo (masih opening ceritanya), dan harga normalnya adalah Rp 70,000. Hmmmmm mikir 2x kalo mau kesana pas harga tiket udah normal.


Ini ada stand bertuliskan Brankas dan Celengan di lokasi sebelum masuk ke area tamannya, tapi sungguh gua ga ngerti buat apa. Gua kira sistemnya kaya di foodcourt atau waterbom, beli kartu/gelang yang ada depositnya buat beli-beli selama di dalem taman kemudian bisa diuangkan lagi kalau sisa, tapi ternyata engga. Begitu beli tiket dan dikasih ke mas-mas yang jaga di stand Celengan, kita dikasih gelang kertas buat dipake selama masih mau masuk ke area taman. 


Gelang kertasnya macem kalau masuk ke playground anak-anak. Hehehhe. Jadi di area tamannya ternyata ga ada yang jual makanan. Jual minuman sih ada sekedar air mineral, soda-soda gitu. Kalau mau makan, harus keluar dulu. Lumayan sih keliatannya ada Mie Leker, Bengawan Solo, dll. Gua ga inget semuanya. Jadi kalau mau keluar masuk gelang kertasnya ga boleh disobek atau dicopot.


Dari luar udah bisa liat beberapa mainan anak-anak kaya ayunan, jungkat-jungkit, dll. Yang kesemuanya lagi dipake orang karena kebetulan hari itu rame banget. Yaiyalah ya hari besar. Maklum.


Setelah masuk juga langsung keliatan ada tempat penyewaan roller skate dan mainnya ya di jalan tempat orang-orang lalu lalang masuk keluar juga. Sebenernya menurut gua kurang oke ya tata letaknya. Lebih bagus kalo ada area khusus buat main roller skate-nya. Toh area mereka cukup luas. Agak bahaya kan kalo maen roller skate nabrak-nabrak pengunjung yang lain, belom kalau ada yang jatoh trus nyengkat orang lain gimana? 


Jalan masuk sedikit langsung keliatan tembok warna warni buat panjat dinding. Ada yang buat anak-anak, ada juga yang tinggi banget buat profesional. Ini pun rame banget jadi ya fotonya ga luput dari kepala-kepala orang. Hahaha.


Lalu ada area buat para monyet gelantungan. Hahahaha. Buat anak-anak yang demen gelantungan maksudnya. Nih disini bisa puas gelantungan sana sini. Beberapa fotonya kena backlight nih karena mataharinya mentereng banget jadi ngeditnya juga PR deh.

Lalu ada area khusus main skateboard. Asik kayanya kalo bisa maen skateboard main disini. Jarang kan ada taman punya area khusus skateboard.

Belok kanan dari area skateboard, naik tangga sedikit langsung keliatan halaman luas tempat pengunjung nongkrong dan anak-anak lelarian.

Ada bagian yang sedikit menanjak kearah atas. Si bocah kecil demen banget nih tanjakan. Disuruh balik ke area yang datar malah balik badan mulu maunya nanjak. Hehehehe.

Naik tanjakan tadi kearah kiri keliatan kaya kabut-kabut tipis, ternyata itu area basah-basahan alias main air yang muncrat-muncrat dari bawah.

Di sebelahnya ada ayunan dan ada mainan entah gimana nyebutnya ya. Bentuknya agak ga lazim kaya dari planet luar gitu. Hahaha. Kalau buat melatih motorik kasar anak ini mainannya level hard lah. Hahahahha.

Ditengah-tengah area setelah tanjakan itu ada ayunan besar yang bisa didudukin kurang lebih 3 orang dan nanti ada petugasnya yang ayunin. Ayuninnya jadi muter gitu. Keliatannya seru plus agak menyeramkan, dan peminatnya banyak banget sampe antri. Sayang rame banget jadi males ikut antri dan ga nyobain deh.

Oiya ada area sawah juga disisi lain dari halaman luas ini. Tapi foto gua ga ada yang bagus, backlight semua. Nanti dibawah ada foto keluarga keliatan sawahnya dikit.

Gua kira udah areanya segitu doank. Mana yang kata orang gede. Segini doank mah kaga gede. Eh lalu gua liat suami dan bocah gede yang lagi jalan-jalan di area sawah menghilang jalan kearah kanan setelah nyampe ujung sawah.. lah gua ikutin lah sambil gendong bocah kecil. Menyusuri sawah yang jalannya cuma setapak kiri kanan sawah sambil gendong bocah yang curious goyang sana sini menyeramkan sekali sodara-sodara. Nih kalo nyemplung ya berdua. Ga lucu banget kan. Hahaha. 

Ternyata dibalik area sawah masih ada area-area lain macam area buat naik sepeda (yang kayanya sih disewain juga.. soalnya sepeda 2 orang gitu kaya yang di putri duyung). Trus ada area kaya semacem off road tapi buat anak-anak, sayangnya lagi ga atau belum beroperasi. Kata suami dideket situ ada area yang ada kerbaunya. Tapi gua ga liat. Siweur. Udah kepanasan jalan sambil gendong anak. 

Setelah itu ketemu kolam ikan koi. Disini ada 1 petugas yang bawa makanan ikan yang udah ditaruh di cup plastik dan dibagiin ke anak-anak yang pengen ngasih makan ikan. Gratis. 


Di sebelah kolam koi ada kotak-kotak kayu isi tanah sama ada rak tanaman warna putih tapi ya gua ga liat ada tanamannya. Ga tau ya sebenernya itu buat apaan. Mungkkkiiin yang ditanem belom ada yang numbuh. Mungkiiiinn..
Ada juga kolam 1 lagi sama gede kaya kolam koi nya tapi ga ada penghuninya ya kayanya. *ga taunya buaya donk...#kebanyakkanngayal

Keliatan juga saung-saung gini buat pengunjung duduk cantik. Sayang jumlahnya dikit banget.


Trus ada kandang kupu-kupu.......
Yang dimana gua hanya melihat 2 ekor kupu-kupu dan kepompong yang dikandangin.

Liat ada kandang kaya diatas tapi lagi-lagi ga ada penghuninya. Kayanya sih buat kelinci ya. Atau unggas. Entah. Feeling sih buat kelinci jadi nanti anak-anak kalau mau masuk kasih makan kelinci bayar maning kaya di floating market *negatip thinking*. Kalau unggas kayanya pagernya kependekan, bisa ngabur.

Ini dia penampakan sawahnya. Itu yang kaya kabut-kabut itu semprotan air kaya di dufan gituu. Ga tau ya buat si sawahnya apa buat pengunjung biar ga kepanasan. Liat tampang gua udah kucel abis, keringetan dan baju udah basah. Salah kostum pake bahan kemeja tipis. 

Lagi ngaso duduk-duduk di area rerumputan luas itu liat ke langit eh langitnya aneh tapi keren. Mataharinya ketutup awan tapi sinarnya terang banget jadi kaya ada garis putih tegas trus kaya ada yang nyenter dari balik awan. 

Lalu suami gatel liat banyak yang niup bubbles dan tendang bola jadi beli di stand yang emang jualan begituan buat bocah main. Tentu saja bocah gede demen ama bubblesnya, walaupun pas disuruh tiup malah ngeluarin jurus napas naga.. Haaaaah... udah mau 3 taon belom bisa niup nih kakaaakk.


Hepi main bola lari sana sini sampe tiba-tiba awan menggelap dan bunyi geludug. Buru-buru udahan dan jalan keluar. Anehnya ya pas kita keluar, yang mau masuk itu malah banyak banget sampe antri mengular. Padahal jelas-jelas udah mau ujan dan udah sore gitu mau jam 6an. Udah tanggung keburu beli tiket juga kali ya.

Diluar lagi banyak food truck, mungkin semacem bazaar makanan tapi khusus yang pake food truck. Karena perut gua udah nyanyi, gua mampir beli hotdog dan burger roti charcoal plus kaaramel jus. Nunggu pesenan jadi sampe ujan akhirnya jatuh juga rintik-rintik, langsung lari ke parkiran sebelum ujannya makin gede. Ga lama beneran ujan gede. Entah gimana itu nasib yang baru masuk ke taman.

Dan rasa makanan dan minuman yang gua beli seharga 80ribu dan 25ribu itu pun biasa aja ga ada spesial2nya.

Demikianlah pengalaman bermain di SSQ (singkatan dari Scientia Square Park). Kalau ga rame mungkin lebih seru bisa coba main ini itu. Tapi worth visiting lah sekali... lol. 

9 comments:

  1. awal taon sempet mampirin SSQ juga tapi ga beli tiket masuk soalnya udah mendung banget dan ga berapa lama emang ujan. kesana karena tertarik sama panjat tebingnya, pas nyampe rame banget dan gw liat anak2 loncatin pager taneman yg jadi pembatas area bayar-non bayar... cuma ga perhatiin mereka pake gelang ato engga. mudah-mudahan aja kedepannya SSQ lebih baik soalnya gw mikir2 juga kalo udah harga normal kondisinya masih begitu hehee..

    ReplyDelete
  2. saya yang orang tangerang malah gak tau ada SSQ ini hehehe..
    Udah sore gitu tapi panas banget kayanya na

    ReplyDelete
  3. gede ya dan bagus tamannya.
    di indo emang udah mulai banyak nih taman2 dan tempat main ya. tapi gak asiknya karena pada mesti bayar. hahaha.

    ReplyDelete
  4. baru tau kalo sekarang di serpong ada SSQ ini na.. hehehe.
    cocoknya kesini buat bawa anak jalan2 ya.. :D

    ReplyDelete
  5. gw ngeliatnya udah males duluan na. Panas dan banyak jalannya hahaha. Mungkin nanti kalo anak udah SD baru worthed ya kesana, biar pada panjat tebing dll..
    btw gw stuju tuh, rasanya makanan foodtruck standardnya mahal dan biasa aja ya

    ReplyDelete
  6. tema blognya baru niy cii..hihiy...

    aku orang tangerang tapi belum pernah ke SSQ..hahaha telat bangett tempatnya kayaknya luas yaa cii..enak buat ajak anak2 kynya...

    ReplyDelete
  7. kalo dari foto2 lu gede yah tempatnya. emang bener harusnya taman2 terbuka gini, di gratisin yah. tapi.. tapi.. ini kan di indo. *skeptis*. lol.

    boleh lah kesini kalo clay udah gedean. hehehe.. :D

    ReplyDelete
  8. Gw nggak gaul jd nggak tau ada tempat ginian hahahaah
    Maklum biasanya cuma ke Ecopark doang nggak pindah2. Anak2 mah pasti seneng yah kalau ke tempat ginian.

    ReplyDelete
  9. udah berapa kali pingin kesini tapi belum kesampaian juga.. wah harga normal 70rb?? mikir2 juga hihihi..
    dulu denger2 cuma 25rb... hehehe
    thanks for sharing ya

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP