Tuesday, January 19, 2016

Jagalah tas-mu

Gegara hari Sabtu kemarin ini ada kejadian yang agak aneh, gua jadi terinspirasi buat posting ini. Sekalian biar ngga mulai membuluk lagi ini blog.

Soal kecopetan !!

Pasti sering kan denger cerita orang-orang yang kecopetan, liat video-video CCTV yang beredar di media sosial saat maling beraksi. Kalau diperhatiin lokasi paling sering terjadi antara resto atau tempat shopping. Kalau yang di resto biasanya ilang ama tas2nya, kalau di tempat belanja yang diambil yang ada di dalem tas entah dompet atau hp.

Korbannya biasanya sih cewe ya, ada juga sih cowo tapi lebih jarang. Hebatnya tuh pencopet kayanya pada lihai banget bisa ambil barang di dalem tas tanpa empunya tas berasa.

Gua sendiri ini tipe orang yang lumayan aware kalo bawa tas. Dari jaman dulu pacaran masih naik motor, gua ga pernah yang namanya membiarkan tas di posisi yang gampang diambil. Pernah 1 kejadian tas gua hampir dijambret pas lewat depan sunter mall, sama2 lagi naik motor ama yang mau jambret, tapi karena gua kebiasaan ngelilit tali tas di tangan, jadi tas gua ga berhasil diambil, cuma talinya brodol karena dari rantai. Tapi ya deg-degan dan keselnya tetep aja ada yaaa..

Nah kemarin itu gua pergi ke gading tujuan utamanya mau beli sprei ama bedcover di lobby MKG 2. Abis selesai transaksi, gua inget banggeeet udah (ri)sleting tas. Dan abis dari belanja itu, gua ga beli apa2 lagi which means ga buka2 tas lagi walau buat sekedar liat hp. Wong tangan sibuk ya megang anak masing2 1 sama suami.

Gua juga tipe yang sekali2 cek keadaan tas, sletingnya masih rapet apa ngga. Gua inget banget beberapa kali ngecek dan sleting masih dalam keadaan tertutup. Lalu kita mampir ke Pull & Bear.

Nah di dalem gua mencar ama suami. Suami bawa stroller ama bocah cilik, gua sama bocah gede. Kebetulan di dalem tokonya ada kaya mobil van VW yang dijadiin display sepatu. Nah trus di bocah gede ngomong "naik...". Karena ga bisa dibuka pintunya dan tentunya ga bisa naik, biasa yang namanya bocah ga puas gitu kan..akhirnya gua gendong biar dia bisa liat dalemnya dan biar bisa coba pegang sendiri handle pintunya dan ngerasain sendiri kalo emang bener ga bisa dibuka..

Nah kalo gendong anak kan otomatis pasti tas posisinya bergeser agak ke belakang *gua pake tas slempang dan biasanya tetep slempangin di depan* dan sletingnya lagi ada di posisi luar jadi emang lebih gampang kalo mau dibuka orang.

Kayanyaaaaa sih saat itu emang ada 1 cewe di belakang gua. Tapi ya gua ga gitu aware. Lalu ga lama gua turunin bocah gede dan samperin suami. Begitu mau keluar toko, gua lagi2 cek tas. Eh sletingnya kebuka. langsung gua cek dalemnya, untungnya ga ada yang ilang.. gua langsung ngomong ama suami "kok sletingnya kebuka gini ya?" Suami sih pasti ngira gua lupa tutup abis bayar sprei. Tapi engga. Gua yakin 100% udah sleting dan jeda waktu dari beli sprei ke toko Pull & Bear itu lumayan lama. Ga mungkin gua ga ngecek tas dalam jangka waktu segitu lama. Mata gua langsung liat sekeliling donk kali ada yang mencurigakan tapi lagi cukup rame. Yasudahlah yg penting ga ada yang ilang. Padahal dompet dan hp ada disitu side by side.

Mungkin untungnya tas gua itu yang bentuknya segitiga, jadi walau udah dibuka sletingnya harus rada dibuka lagi pake tangan buat ambil barangnya. Bukan yang langsung nganga lebar. Untungnya juga gua taro tissue di bagian paling atas. Jadi dompet ama hp nya ga langsung keliatan dan ga gampang diraih.

Andaikan kemarin itu gua beneran jadi salah satu inceran, gua bersyukur karena pencopetnya gagal ambil barang gua. Walaupun isinya ga seberapa tapi sungguh merepotkan kalau musti urus ini itu yang ilang. *amit-amit lah*

Jadi mungkin dari pengalaman ini gua mau berbagi tips buat cewe2 kalo bawa tas

1. Mending pake tas yang closurenya at least pake sleting.
Kalo perlu yang closurenya berlapis. Udah pake strap, pake sleting juga. Walaupun kalo mau ambil barang lebih repot, tapi lebih aman.
Gua kalo beli tas closurenya cuma kancing tempel doank atau mungkin ga ada closure sama sekali mah mau sebagus apa juga ga bakal gua beli.

2. Kalau bisa posisi sleting ada di bagian dalam.
Maksudnya kaya tas slempang itu biasanya kalo dalam keadaan tertutup, posisi sleting ada di bagian luar (menjauhi badan), biasain aja pakenya dibalik jadinya sleting ada di deket badan. Jadi lebih susah kalo mau dibuka orang. Walopun artinya merk tas ga bisa dipamerin ke orang2. LoL.

3. Jangan taro barang berharga di compartment yang gampang diraih.
Kadang ada orang yang biar ga repot ambilnya, naro HP di compartment samping tas (kalo ada), atau tas2 yang menyediakan kantong2 kecil di sisi dalam tas yang pasti posisinya ada di tengah2 dan lebih gampang diraih, biasanya ga pake closure lagi, kalopun ada biasanya ga pernah dipake, atau tas ransel yang ada compartment depan, yang mana kesemuanya gampang banget kalo emang ada yg niat nyolong.
Tarohlah barang2 berharga di tempat yang agak dalem. Repot dikit gapapalah kalo mau ambil barang daripada ilang kan.

4. Kalau makan di resto, pangku aja tas nya di pangkuan. Kalo ga memungkinkan, taro di tempat yang susah dijangkau orang. Waspada aja kalo di meja2 sebelah depan belakang ada tamu lain, mending pindahin tas ke lokasi yang jauh dari jangkauan tamu2 lain. Atau kalo misalnya pun mau taro di bangku sebelah, tali nya lu akalin biar ga bisa kemana2 itu tas.

5. Sering2lah cek keadaan tas dan belongings didalemnya. Kalo misalkan amit2 ada yang ilang, nginget2nya jadi ga jauuuuhh gitu kira2 span waktunya karena yakin beberapa waktu lalu ngecek masih ada.

6. Kalau lagi shopping, usahain tas jangan terlalu kebelakang kali ya. Tetep dikekep di depan badan. Makanya gua paling oke pake tas slempang bisa tetep diletakkin di depan badan. Kalo tote bag atau hand bag mungkin susah. Apalagi ransel.

7. Mungkin lebih aware aja ama keadaan sekitar kalo lagi makan di resto atau lagi shopping. Kalo ada orang yang kayanya kok deket2 banget atau kayanya sibuk telepon mondar mandir, be alerted aja.

8. Kalo naek motor, jangan taro tas di belakang atau dibahu pliiissss. Bahaya banget deh.
Gua taro di tengah2 antara pengemudi ama penumpang aja masih sempet jadi inceran.
Kalo pake jaket, pake tas dulu aja baru pake jaket jadinya tas nya ga kliatan.

Demikian tips ala2..

Semoga bermanfaat.

12 comments:

  1. waduh iya mesti lebih ati2 ya na.
    waktu itu juga gua baca katanya di dept store pencopetnya belagak jadi orang yang lagi liat2 baju gitu. gak nyangka banget dah kalo itu ternyata pencopet.

    ReplyDelete
  2. Aku juga tipe parnoan, lebih parah malah ngeceknya, sampai sletingnya aku buka pastiin dompet sama hp masih di tempatnya terus tutup lagi. bisa 5 menit sekali kayak gitu hahaha

    ReplyDelete
  3. Dulu kalo di mall gitu aku suka ngerasa aman, tapi sejak denger cerita keponakan orang kantor yang kehilangan handphone di mall Central Park, jadi ga berasa aman lagi hahaha. Sekarang mah mau di mall yang isinya toko branded semua juga tetep aja isi manusianya ada yang berniat jelek ya.

    ReplyDelete
  4. Iya,bener na. Sejak gue kecopetan beberapa kali, gue juga aware banget sama tas. Ga pernah beli yang cuma kancing ceplok sebiji doang. Minimal harus ada resleting dan yang penting ujung resleting harus ada di arah depan. Gue kebetulan kidal kalo pake tas. Biasanya orang pake ditangan kanan, gue pake di kiri. Jadi merk tetep keliatan LOL.

    Biarpun arah resleting udah bener, tetep harus waspada. Soalnya nyokap pernah tasnya disilet boooo... padahal pake resleting. Eh dia silet aja tuh di tengah2 dan nyokap ga berasa sama sekali sampe begitu mau ambil dompet, kaget tasnya bolong.

    ReplyDelete
  5. gua pernah kejadian kayak lu, resleting tas kebuka dan hp gua ilang... kejadiannya uda lama banget sih... makanya sejak itu, gua jadi parnoan... kalo abis dari restoran ato abis ngapain yang harus buka2 tas, ga lama pasti dicek lagi...

    ReplyDelete
  6. Na, thanks for sharing :) skrg emank rawan bgt ya, di mall aja uda ga aman :(
    yup Na, gue kalo taro HP di bagian dalem kantong kecil dari tas. emank c lebih ribet tapi jadi lebih aman. nah yang susah itu dompet, ga masuk ke bagian dalem itu, hehehehe

    ReplyDelete
  7. nambah satu tips na, mendingan pake tas yang bahannya lemes jadi dompet letaknya bisa jauh dibawah. Sodara gw pake tas yang bahannya kaku segi empat dan gak dalem, iphone 6 barunya berhasil ilang di IKEA. nangis2 dah.

    ReplyDelete
  8. walah na, kejadian nya di MKG pula yak. gw ga nyangka kejadian nya bs di MKG. >.<
    kalo di resto, iya pernah liat video nya. ilang semua sampe ke tas2 nya.
    jad hrs lebih hati2 nih kl kemana2.. :)

    ReplyDelete
  9. gw juga tipe parnoan na, lebih baik mencegah kan yaa drpd keburu ilang.
    suami gw ampe pegel liat gw bentar bentar cek tas

    ReplyDelete
  10. Iya emang bener jaman sekarang banyak bgt kasus kaya gini...thanks uda ngingetin na...
    Kadang gw suka sembrono naro tas di bangku sebelah pas lg asik ngobrol ketemuan sm temen2...

    ReplyDelete
  11. Gw juga parnoan dan pernah jg kejadian kaya elo dijambret padahal keadaan tas didepan gw. Untung jg tali tas kelilit ditangan. Jadi gak bisa keambil. So far gw paling parno kl lg makan trus org lalu lalang. *langsung amanin tas*

    ReplyDelete
  12. g sekarang klo kemana2 klo ada deket2 apa lagi klo pas masuk boil sendirian, biasanya liat sekeliling dulu buru masuk boi, trus kunci baru nyalain mesin
    klo di lift dimall dan sekitarnya g juga suka liat2 sekeliling, cuma suka ada orang2 yang keknya gimana gitu ama pandangan g... mungkin tatapan g yang celingak celinguk kek nuduh mereka2 kali yah wakakakak :D

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP