Friday, November 13, 2015

Beda si 2 bocah

Bocah gede : Mungkin karena pas awal2 baru lahir udah kena icip sufor, pas mau transisi stop asi, pindah ke sufornya ga ada masalah. Abis dari sufor pindah ke UHT pun ga ada drama. Semua lancar.

Bocah cilik : ampuuunn maaak. Ane lagi bingung hunting susu buat komplemen ASI. Soalnya nih kadang ASI gua bisa ngadat, atau ngga konsumsi si bocah tiba2 melonjak. Jadi kadang suka defisit dan akhirnya dia nangis2. Udah coba kasih UHT ultra, Pasteurisasi and fresh milk greenfields, fresh milk Diamond semua ditolak. Pake adegan botolnya ditepak ala ala sinetron lebay. (-_-). Apa iya gua coba kasih yang ada rasa2 cokelat ato stroberi?
Mau coba kasih sufor tapi kalo beli sekaleng kemudian anaknya ga doyan piyeeee..

**************************************************


Bocah gede : Berenti ngempeng secara sukarela di usia 9 bulan. Ceritanya empeng kesayangan dia robek, trus gua mau beli yang baru eh lagi kosong, akhirnya beli merk lain. Masih mau nih. Trus empeng kesayangan dia udah restock dan gua beli deh. Eh begitu dikasih malah ga mau ngempeng. Sama sekali ga mau. Dijejelin juga ga mau. Yasudah mamanya juga senang gausah repot2 weaning dari empeng.

Bocah cilik : sampai post ini dipublish masih doyan ngempeng. Dan sama kaya kasus susu, nih bocah ga mau dikasih empeng model laen. Maunya ya yg dia pake dari dulu2. Untung aja empengnya merk yg gampang dicari.

**************************************************

Bocah gede : Baru bisa nyedot di usia hampir 2 tahun !! Diajarin pake sedotan sesuai tips dari mbah google ga bisa. Sedotannya digigit2 kemudian dilempar. Sampe akhirnya mamanya iseng sodorin gelas bersedotan dan ssssslluurrrrp eeeh dia udah bisa sendiri. (-_-)

Bocah cilik : Diajarin nyedot pake sedotan dengan cara yang sama. Cuma beberapa kali diajarin, doi langsung bisaaa.. Usianya belum juga 1 tahun.

**************************************************

Bocah gede : Dari bayi murah senyum, digendong siapa aja mau. Ga ada fase pengennya digendong ama mamanya atau papanya aja. Pokoknya sama siapa aja nemplok. Sampe sekarang pun di sekolah dia suka tebar pesona senyum2 ama mama2 suster2 mba2 yang lagi duduk2 di pinggiran nungguin anak sekolah. Terkenal lah pokoknya anak gua kalo lewat banyak yang 'halo'-in atau 'dadah'-in.

Bocah cilik : Pas bayi sama siapa aja mau. Anteng.
Sekarang...hhhhhmmmmmm.... boro2. Dicolek dikit ama poponya sendiri aja ngambeg !! Kecuali lagi ada maunya, minta diajak keluar rumah atau apa baru deh mau digendong ama org lain. Mukanya lempeeeenng kaya kayu. Senyumnya mahal.

**************************************************

Bocah gede : kalo makan, sekali suap tuh bisa banyak. Mangapnya gede. Dulu kudu pake sistem yang penting sekali suap banyak, karena anaknya suka ga mau makan lagi kalo udah beberapa menit.

Bocah cilik : kalo yang ini nyuapinnya ampe besok karena harus dikit2. Pake sendok kecil aja sekali suap ga ada setengah sendok. Kalo terlalu banyak dia langsung hoek. Ya emang sih bentuk muka 2 bocah ini juga beda. Si bocah gede emang kaya emaknya mukanya kotak jadi mungkin rahang mulutnya juga lebih gede. Kalo si cilik emang mukanya mungil bener.

**************************************************

Bocah gede : Lepas dari empeng, nih bocah sukanya makanin/ngemutin selimut. Ampe basah gitu dah selimut. Kudu diumpetin kalo ngga bawaannya ngemutin selimut mulu. Untung cuma temporary, sekarang udah engga. Sekarang selimutnya digulung2 trus ditaro di bawah perut sambil posisi dia tengkurep. Jadi macam ayam betina lagi ngeremin telor. Kadang posisi begitu bisa bikin dia tidur. Entah enaknya apaan. Hahaha.

Bocah cilik : yang ini favoritnya gigitin / ngemutin bantal kepala. Aduuuh itu ya ujung2 sarung bantalnya digigit2/diisep2 ampe nodanya udah ga bisa ilang lagi meskipun udah dicuci. Udah dibeliin teether macem2 jatoh2nya tetep bantalnya yg digigitin. Plus bantalnya ini dibawa kemana2. Kalo dia nyariin bantalnya dan ga ketemu bisa langsung ngambeg dia. Kalo udah ketemu langsung disamber dan kepalanya ditaro diatas bantal macam kekasih ga bertemu berbulan2.

**************************************************

Bocah gede : dulu waktu umur setahunan, minum air putihnya kaya onta. Banyak banget dan hampir nonstop. Udah abis 120ml nih masih minta lagi sebotol berikutnya. Makanya pipisnya super banyak. Bisa ganti diapers setiap 2 jam.

Bocah cilik : kasih air putih setengah mati. Kalau lagi haus doank bisa slurp slurp banyak. Kalo engga ya disodorin botol minum aja ngambeg *tukang ngambeg emang*. Malem2 pun ga mau tuh kalo disodorin air, maunya susu (ASI).

**************************************************

Bocah gede : Dari umur 8 bulanan udah ga bisa pake diaper tipe rekat. Baru direbahin di kasur udah langsung ngeguling kabur. Jadilah diaper pants jadi andalan. Mandi pun pas fase2 baru bisa berdiri tuh maunya berdiri ga mau didudukin di bak atau pake baby bather. Rempong lah pokoknya mandiin sambil pegangin dia biar ga jatoh meski udah pake bathmat.

Bocah cilik : sampe sekarang masih pake tipe rekat. Mayan ya menghemat secara tape lebih murah daripada pants. Sampe setaon lebih masih mau duduk anteng di baby bather. Sampe akhirnya gua liat dia bisa jalan lumayan stabil baru gua singkirkan baby bather dan biarin dia jalan.

**************************************************

Bocah gede : anaknya lebih tahan banting. Kejedug, jatoh, kesengkat, dll klo kadarnya ga sakit dia ga bakal nangis. Diem aja bntar paling pegang/usap2 yg kena jedug nya dimana abis itu senyum2. Kalo udah nangis berarti sakit.

Bocah cilik : keinjek kaki sendiri aja nangis. Kepentok sedikit nangis, kaget sedikit nangis. Kalo kadarnya sakit banget, mmmmm nangis sampe ilang suaranya.

**************************************************

Ya begitulah.. 2 bocah dari rahim yang sama, dari bapak yg sama (penegasan..lol), punya begitu banyak perbedaan. Ga pernah berlaku namanya metode yang berhasil buat bocah gede pasti berhasil juga buat bocah cilik, atau sebaliknya. Kata kuncinya ada 3 : improvisasi, improvisasi dan improvisasi (ala2 Fenny Rose jualan rumah dengan 3 hal penting : lokasi, lokasi dan lokasi :p ) dan sepertinya tak akan pernah selesai. YOOOOSSSSHH !!!!! SEMANGAT !!!

16 comments:

  1. Tiap anak emang beda karakter yah. tapi satu yang sama, gemesin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemesin kalo lagi bae moodnya, klo lagi jelek moodnya tetep aja nyebelin..hahahaha

      Delete
  2. emang tiap anak itu beda ya na :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya man. Perlakuannya kudu beda2. Anggep aja latian jadi bos yg punya karyawn beda2 sifat. Lol

      Delete
  3. Iyaaa bener bangettt bisa beda gitu ya pdhal sama bapak emaknya... semangat ya

    ReplyDelete
  4. cara penanganan tiap anak bener2 beda ya Na en itu yang suka buat pusing qta yang ngurus harusnya gimana. baru mau punya 1 anak skrg, hehehehe tapi gue ngalamin pas ngurus 2 ade cewek dari bayi en itu berasa bner susahnya. karena butuh perlakuan yang beda2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo abis lahiran si B langsung cuuuus bikin yang kedua. Hahaha

      Delete
  5. kalo dokternya jayden sih bilang, anak di atas 1 tahun uda ga wajib minum susu... jadi ga minum susu pun ga masalah, yang penting maksimalin di makanannya aja... tapi bapake tetep pengen dia minum susu, biar nanti ampe gede kalo disuruh minum susu ga susah hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknya masih ada demand susu mel. Kalo gua sih ambil bagusnya aja kalo minum susu dapet kalsium. Klo dr makanan belom tentu cukup kalsiumnya. Apalagi masih anak2 masih pertumbuhan banget tulangny.

      Delete
  6. klo beda lebih seru cii..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu aja giliranmu yaaaa.. hahahaa

      Delete
  7. Ian sama banget kayak Madeline gak suka segala jenis susu selain ASI. Dulu juga drama tuh transisi dari ASI ke susu UHT. Dicobain segala macem sufor gak doyan, bahkan Dancow pun gak doyan. Akhirnya semua stok kaleng susu gue hibahkan ke mbak yang punya cucu seumuran Madeline.

    ReplyDelete
  8. Gue dulu juga demen ngegigitin ato ngemut tali guling. Alasannya karena ada asin-asinnya huahahahah. Ishhh jorok ya, tapi ya gimana dong, itu kan pas masih bocah... (padahal ampe SD) hahaha :P

    ReplyDelete
  9. wkwkwkwkkwk beda banget ya na.. pdhl muka kenny en ian ampir mirip ya.. kl anak2 gw sih beda banget baik sikap maupun tingkahnya hahhaa.. jd bener kata u.. improvisasi, improvisasi, improvisasi tiap hari hahahha.. beda anak, beda metode ngerayu makan, beda metode mandiinnya, beda metode ajak dia bobo.. untung cm 2 yah na, kl ga puyeng kita hahahhhaa

    ReplyDelete
  10. Iya bener, kembar identik aja bisa beda karakternya apalagi kakak ade ya :D Semangat ya Na, nanti bakal baca2 lagi kalo si bocah dah lahir..haha :D

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP