Friday, March 20, 2015

Cari-cari sekolah

Hari ini gue menghabiskan waktu seperapat hari mengunjungi beberapa calon sekolah K nanti.

Tadinya mau mengunjungi lebih banyak sekolah. Tapi makin kesini makin prefer ke sekolah yang sekalian ada SD nya. Jadi nanti ga pusing mikirin SD mau pindah kemana lagi. Anaknya juga jadi gausah usaha adaptasi lagi ke sekolah baru.

Ini hasil kunjungan ke 3 sekolah. Ketiga-tiganya berlokasi ga begitu jauh dari rumah (penting!), semua ada jenjang SD, SMP, bahkan ada yg SMU/SMK/SMIP, semua berasas agama Katolik. Untuk yang satu ini sebenernya ga jadi kriteria utama sih, karena gue sendiri juga bukan beragama Katolik. Hanya saja kebiasaan gue dan suami dari kecil sekolahnya semua sekolah Katolik.

Ga ada foto-foto ya. Alasan privasi.


Sekolah #1

(+) Plus

+ Tata administrasinya terlihat rapih dan jelas. Gue pertama cuma tanya by phone dan sudah ditanggapi dengan jelas. Trus tadi langsung datang juga dilayani dengan sangat baik. Yang 'ngelayanin' emang karyawan khusus pendaftaran gitu kayanya. Bukan guru, kepsek, apalagi security.

+ Keamanannya terlihat sangat oke.
Banyak satpam yang berjaga di tiap pintu. Pintunya pun berlapis. Ga sembarang orang bisa keluar masuk tanpa tujuan.

+ Biaya termasuk terjangkau. Dibanding 2 sekolah lainnya, ini ada ditengah. Tapi kalau dibandingin dengan fasilitas yang ada, sekolah ini sepertinya lebih worth it.

+ Jam sekolahnya paling masuk buat jadwalnya Kenny (dan gue). Ga terlalu pagi. Jadi gue masih bisa ngurus Ian dan siap2in segala hal.

+ Gedung sekolah yang relatif baru dan kondisinya bersih. Ga terlihat sampah disana sini. Ruang tunggu jemput juga terlihat cukup memadai. Ga panas-panas amat.

+ Ada sport clubnya. Maaaak, mata gue berbinar-binar liat kolam renangnya!


(-) Minus

- Gue dikasih liat ruang kelasnya. Untuk TK nya sih yang dikasih liat. Kelasnya terlihat agak gloomy, kurang luas dan kurang terang menurut gue.
Entah ya apa begitu justru lebih bagus. Hanya gue teringat ruang kelas TK gue duluuuuu (banget), jauh lebih bagus dari yang gue lihat di sekolah ini.

- Sejauh mata memandang, ga keliatan playground buat anak-anak. Mungkin indoor. Gue ga minta ditunjukkin lebih jauh sih karena sebenernya udah jam bubar sekolah dan harusnya udah pada ditutup.
(Nb : tips buat buibu yang mau cari sekolah, mungkin ada baiknya cari tau kapan ada open house-nya, jadi puas mau liat ini itu. Sayangnya gue udah telat banget. Open house sekolah ini udah dari bulan Oktober taon lalu. Wakkkkwaaawww).

- Lokasi sekolah adanya di dekat pasar dan banyak kantor. Walopun tadi pas kesana sih lancar-lancar aja dan parkir gampang, tapi gue yakin kalo pas jam masuk/bubaran sekolah tuh bisa muacet banget.

- Sekolahnya 5 hari seminggu dari Senin-Jumat. Not sure if it's too much or not for toddler like Kenny.


Sekolah #2

(+) Plus

+ Sekolah ini ada di bawah yayasan yang udah punya nama dari jaman doeloe. Terkenal 'disiplin'-nya. Kualitas pengajar dan pengajarannya seharusnya ga diragukan lagi bagusnya.

+ Sekolahnya luas, gedungnya terlihat cukup terawat. Sekitaran bersih. Ada ruang tunggu yang walopun pengep tapi seengganya ada tempat buat duduk. Tempat main anak-nya sepertinya terlihat cukup menggiurkan untuk anak sebesar Kenny.

+ Sempet ngobrol sama (yg gue perkirakan) adalah guru KB / TK dan kesan pertamanya sih oke. Ramah dan helpful.

+ Sekolahnya cuma 3x seminggu.


(-) Minus

- Dibanding 2 sekolah lain, uang sekolahnya paling mahal. Hampir 2 kali lipat. Uang pangkalnya pun dipukul rata untuk sampai lulus TK. Walopun kalo diitung dan dibandingin ama 2 sekolah lainnya sebenernya ga jauh beda tapi kalo sekaligus keluar segitu sih berasa juga ya.

- Security-nya kurang oke. Ada pintu gerbang sih dan ada pos securitynya. Ada yang jagain juga tapi orang lalu lalang ya dibiarin aja dan ga terlalu diperhatiin.

- Sama kaya sekolah #1. Lokasi sekolahnya ada di sekitaran kantor-kantor plus tempat makan, jalanannya pun bukan jalan besar. Jadi kalo peak hours bisa macet parah.

- Jam sekolahnya pagi beneuuuurrr. Rasanya belom siap kalo harus merubah jadwal sebegitu ekstrimnya.


Sekolah #3

(+) Plus

+ Salah satu almamater gue sendiri, walopun beda jenjang. Jadi sedikit banyak gue tau lah ya kualitasnya kaya apa.

+ Biaya paling murah dibanding 2 sekolah lainnya. Tentunya sebanding dengan fasilitasnya.

+ Sekolahnya 3x seminggu


(-) Minus

- Jam sekolahnya juga pagiiiiii... 

- Ini entah karena gue kesana pas sekolahnya udah bener2 sepi atau emang begitu. Tapi sama sekali ga ada penjagaan. Gue mau tanya soal pendaftaran aja ampe bingung masuk ke dalem kok ya ga ada orangnya. 

- Gue liat ada playground walopun kecil tapi kok ya sepertinya amat sangat berbahaya. Prosotan cukup tinggi cuma ada jok di ujung prosotan. Di ujung yang paling tingginya ga ada pengaman jadi kalo amit-amit ada yang jatoh ya langsung ke ubin. Even worse, dibawahnya situ banyak sepeda-sepeda kecil yang ga rapih ditarohnya. Gue ngebayangin anak maen disitu aja udah ngeri.



Sayangnya gue ga liat ruang kelas sekolah #2 dan #3. 
Dan ga menyaksikan langsung pas lagi ada kegiatan. Jadi ya mungkin akan enroll di salah satunya berdasarkan info yang gue dapet dan lihat aja.

Aside to all these... gue jadi yellow mellow.. anak gue yg gede bentar lagi mau sekolah. Ntar ngeliat dia pake seragam, bawa tas, gendong botol minum, pulang-pulang lepek bau aceeem. I think it's gonna be a precious moment :)

19 comments:

  1. moga2 bisa ketemu sekolah yang paling cocok ya na

    ReplyDelete
  2. Ihiiirrr...semoga adek Kenny ketemu sekolah yang bagus dan baik ya :)

    ReplyDelete
  3. sekolah jaman sekarang banyak banget jadi kita bingung yahh..
    kalo jaman dulu kan paling negeri sama swasta.. tinggal cari aja yang top2..
    semoga segera bertemu dengan sekolah yang paling cocok ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ember.. dulu yg penting sekolahnya ga langganan tawuran. Ga mikirin sekolahnya metode apaan.

      Delete
  4. gini ya emang kegalauan emak-emak, tar mau itu masuk TK sampe dia kuliah pasti akan begini hehehe. gw aja yg anak masih mau 1th udh suka mikirin tar anaknya bakal sekolah dimana, hahaha *lebay* ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo g mgkin nentuin sampe sd aja. Kalo udah smp, sma apalagi kuliah biarkan anaknya yg milih. Ya tp tetep difilter juga sih..

      Delete
  5. setujuuuu.. lokasi sekolah penting banget soalnya kita bakal antar jemput tiap hari.

    semoga dapet dekolah yang terbaik buat Kenny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakarta ya ceuuuu.. kalo jauh2 bisa puyeng deh

      Delete
  6. Mau sekolah di manapun, yang penting anaknya happy Na. Coba aja dibawa anaknya pas lu lagi survery, pada jam belajar mengajar, dan lihat reaksi dia, tanya sekolah mana yang dia paling sreg. Kadang2 kid's opinion ngaruh juga ke keputusan kita seandainya kita punya lebih dr 1 choice. In the end, pendidikan terutama adalah dari orang tuanya. Sekolah cuma bisa support, jadi sekolah manapun yang dipilih, pendampingan kita tetep adalah yang utama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ga gitu juga sih. Klo sekolahnya amburadul tp anaknya hepi kan ga bener juga. Unfornately gue jg lom bisa tuh nanya pendapat anaknya langsung, anaknya belom mau ngomong sih.

      Delete
    2. Na, tentu aja lu gak akan lah bawa anaklu ke sekolah amburadul. It's totally out of my context. What I meant by my comment was, you have chosen several schools that in your opinion are good enough for you as parent but you are not sure which one that you will choose. Bringing your kid to those school and see his reaction might help you in determining your choice.

      Delete
  7. na... kalo bisa sih, pas guru2nya ngajar lu liat... kebanyakan anak seumur kenny kan pada ga bisa diem semua, lu liatin gimana cara gurunya ngehandle anak2 aktif gitu... ada satu sekolah terkenal yang gurunya suka marahin muridnya hanya supaya mereka diem, padahal anak seumuran kenny gitu ya susah kalo disuruh diem... yang ada malah mereka trauma sekolah, kan jadinya ga fun... school must be fun... semoga ketemu sekolah yang cocok ya...

    ReplyDelete
  8. semoga nanti kenny dapet sekolah yang terbaik yah na. :)

    eniwei.. untuk toddler seminggu 5 kali wajar kok. biasanya jam-nya lebih sedikit dibanding kelas2 atasnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you pi.

      Abis klo dibandingin ama skolah laen, cuma 3x seminggu dan lamanya sama rata 1-1.5 jam.

      Delete
  9. anak skrg ya, ada pre-nursery, nursery, pre-kindergarden, kindergarden.
    Kalo dulu jaman kita mah cuma tau playgroup sama TK doang :P

    ReplyDelete
  10. berarti kalau nungguin Kenny sekolah lu bisa melipir ke pasar dong jajan2 hehehe
    Semoga cepet dapet sekolah sesuai keinginan yah

    ReplyDelete
  11. Lgsg mikir, kayaknya jaman dulu skolah cuma kebagi dua antara swasta dan negri ya, jadi dulu keknya ortu2 dulu ga terlalu pusing mikirnya..Hihih.. Smoga segera ketemu sekolah terbaik buat koko Kenny ya, Na :)

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP