Sunday, September 21, 2014

ternyata masih berlanjut.... IUD (spiral) gone bad

Maybe i jinxed it..

Setelah postingan kemarin gue bilang pendarahan g udah berhenti, sabtu malem gue kembali pendarahan.
Padahal spiral udah dicopot.

Volume darahnya sama banyak seperti jumat sore kemarin. Jam setengah 10 malam gue telp dokter dan disuruh segera ke rumah sakit, ke ruang bersalin. Ga nyangka harus ketemu ranjang pesakitan lagi secepat ini.

Kebetulan suami juga lom lama pulang dari hermina podomoro karena adiknya lagi proses lahiran. Bisa kebayang ga hecticnya perasaan dia? Udah adik cewenya lagi proses lahiran dari pagi belom kelar2 dan bahkan akhirnya memutuskan mau c-sect, eh istrinya pake acara pendarahan dan disuruh ke ruang bersalin pula.

Of all day... and of all time..why today why this time.. mungkin itu yang ada di pikirannya.

Nyokap bokap gue pun dateng ke rumah bantuin jaga bocah. Gue dan suami meluncur ke rumah sakit.
Kehadiran gue disana juga sudah dinanti.. langsung diboyong ke wc buat dibantu ganti baju.

Ga berapa lama dokterpun datang dah kembali lagi private area g diobok2. Darah kembali dikuras sambil beberapa kali ngomong 'aneh..'

Ya dok situ aja bingung gimana saya.. parno maksimal lah.

Terbaring disitu memandangi lampu di langit2 nunggu darah dikuras abis tanpa ada suara apa2 tuh rasanya jauh lebih mengerikan dari waktu gue mau lahiran.
Kalo proses lahiran seengganya gue terbaring disana menanti seorang anak. Nah kalo ini gue terbaring tanpa tau hasilnya bakal ada apaan.

Diobservasi diperhatiin diteliti lalu dia tiba2 diskusi ama seorang bidan soal masalah gue.

Gue yg merasa diabaikan dan ga dikasih tau apa yg sedang terjadi langsung nanya 'kenapa dok'

Diam sejenak dan dia blg ada lecet di mulut rahimmu.

Hmmmmm... pertanyaannya. Kenapa baru keliatan sekarang?
Dari senin malam yg gue balik lagi. Dia ga bilang ada lecet.
Jumat sore yang gue kesana lagi juga ga dibilang ada lecet.
Kenapa baru sekarang?
Padahal tiap kali dia cek selalu 'dibuka' pake dongkrak macem kunci inggris gitu deh.

Sayangnya gue ga bluntly nanya gitu ke dokternya karena otak gue lagi ga berfungsi dengan baik.

Gue cuma nanya. Lecetnya gara2 pasang spiral?
Dan tentu saja dia ga mungkin jawab iya.
Jawabannya.. spiral ga membuat lecet. Lecet sudah ada sebelumnya, kebetulan pasang spiral kena spiralnya jadi makin lecet.

Lecetnya mungkin karena melahirkan.
Mungkin juga ada masalah dengan mulut rahimnya. Tapi kalau mau tau ada masalah atau tidak harus di papsmear.

Gue bilang. Ya kan kalo mau dipapsmear musti tunggu bersih dok sedangkan ini belum bersih udah pendarahan lagi. Kapan selesainya? Dia cuma mengulang2 intinya kalau mau cek harus lewat papsmear.

Gue udah mulai cukup emosi dan merasa ini ada kesalahan dari dokter waktu masang spiral. Wong sebelum masang spiral gue baik2 saja. Setetes darahpun ga ada. Harusnya kalo lecet sudah ada dari sebelum masang spiral gue udah keluar darah donk.

Tapi mau gue nanya apa juga ujung2nya dokter selalu bilang tunggu bersih dan papsmear.

Ketika gue bebersih, dokter diluar ngobrol sama suami. Dokter ada bilang kalau misalnya gue masih pendarahan banyak, ada cara lain yaitu dibakar. Buat berhentiin darahnya.

Gue ga nanya lebih lanjut dibakar maksudnya gimana. Graphic image yg ada di kepala gua udah cukup mngerikan jadi lebih baik gue terima dulu aja yang gue denger. Toh gue ga berharap gue bakal digituin.semoga aja engga.

Ya intinya lecet nya itu cuma diobati dan darah udah berhenti tapi ga ada jaminan ga akan terjadi lagi.
Gue masih ga ada jawaban pasti kenapa bisa lecet. Andai aja di dalem situ ada cctv yaaa...

Gue cuma berharap kali ini bener2 ga terjadi pendarahan lagi. Udah cape banget jadinya fisik ama emosi. Jadi pikiran. Dan jadi kebelah konsentrasi gue sehari2 antara urusin anak dan mengkhawatirkan diri sendiri.

Semogaaaaaaaaa aja bisa bersih dan bisa pap smear. Semoggaaaaaaaaa saja tidak ada apa2.
Beneran gue udah takut duluan deh. Kalo denger kata 'serviks' dan dibilang khawatir ada masalah sama serviks. Apa yang muncul di kepala lu pertama kali? I guess most (if not all) women will have the same answer. Knock on wood !

Gue juga rasanya mau cari second opinion. Gue mau tau pendapat dokter lain. Gue ga mau merasa dibegoin sama satu dokter hanya karena gue udah mempercayakan proses hamil dan lahiran 2 anak gue sama dia.

Terus terang aja gue jadi ilfeel sekarang sama dokter gue ini.

Entahlah.
Gue sangat tempted mau ke dokter tjien ronny yang terkenal teliti.
Tapi ga tau waiting listnya segimana panjangnya.
Kita liat saja dulu beberapa hari ke depan.

Bantu doa ya kawan2.... biar semuanya baik2 aja..

14 comments:

  1. moga2 semua baik2 aja ya na...
    tapi menurut gua mendingan lu cari 2nd opinion dah...

    ReplyDelete
  2. Na, ke Calvin Tjong aja Na di RS Puri. Teliti juga. Banyak yg udah cocok termasuk gue. Cepet sembuh ya.

    ReplyDelete
  3. gue jadi penasaran, na, siapa dokter itu soalnya gue juga di hermina sunter. 2 orang yang terkenal rame itu kah?

    kayaknya bakar itu maksudnya steril kali ya.

    gws ya aina

    ReplyDelete
  4. aina, semoga lo cepet sembuh yaa. sama gw jg nyaranin lo ke calvin tjong orangnya teliti na. Gw tadinya mau pasang IUD tp gak dikasih sama dia. pasangnya pas udah emen aja supaya gak sakit dan posisinya pas.

    ReplyDelete
  5. Obat apakah yang dikasih pertama dan bikin perdarahan berhenti? Menurut pengetahuan gua yang terbatas, kalau itu obat hormon kemungkinan perdarahan dari rahim bukan dari cerviks, tapi ya paling baik bener2 dieksplorasi penyebabnya jadi bisa dicari solusi yang tepat. Kalau dibakar maksudnya dicauter, cuma bakar pakai elektrode khusus agar pembuluh darah supaya tertutup. Sebenarnya setiap operasi bahkan op kecil sekalipun pasti dicauter kok supaya darah gak netes terus dan lapangan pandang op jelas. Get well soon!

    ReplyDelete
  6. cepet sembuh ya na.. percaya semuanya bakalan baik2 aja..

    ReplyDelete
  7. mudah2an cepet sembuh. aku nggak berani pake kb pasang. pake yg suntik aja. hehe

    ReplyDelete
  8. na, belakangan tjen ronny uda ga gitu rame sih tapi emang masih antri ketimbang dokter gua... cuma katanya ngetopnya uda pindah ke dokter robby... mungkin bisa dipertimbangkan kalo mau ke tjen ronny... cepet sembuh ya na...

    ReplyDelete
  9. Amin amin.. Bantu doa ga akan ada apa2, Na..

    ReplyDelete
  10. duh kok serem bacanya yah ce.. moga cepet sembuh dan semua akan baik2 aja ce Aina.. amin! :)

    ReplyDelete
  11. eh kok serem ya na.. moga2 baik2 aja.. mending cari 2nd opinion aja kl emang ga yakin dgn dokter ini. btw u di hermina sunter dgn siapa? soalnya gw jg lahiran dua kali disana + psang spiral jg disana, sama dktr A. Abis pasang sempet berdarah jg kaya mens gt selama 3 minggu, tp abisannya udah gapapa.. emang Kb itu cocok2an sih yah.. GWS aina :)

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP