Wednesday, June 25, 2014

Salah botol susu apa sih?


Hari ini gua ada liat temen posting foto anaknya yang newborn lagi minum susu dari botol. Kemudian seperti sudah gua tebak, ada seseorang yang berkomentar kira-kira begini "ga ASI?"; entah itu pertanyaan pake nada sekedar bertanya atau nada sarkastis. Most likely sih yang kedua ya.

Kemudian ada juga blogger femes malaysia yang juga baru melahirkan sekitar 2 minggu lalu posting anaknya yang hari ini udah mulai mau megang botol susu sendiri. Ya lagi-lagi ada komentar dari followernya seputar "why u no breastfeed?"

Pertanyaan gua...
Salah botol susu apa sih??
Terutama kalo yang lagi ngenyot itu botol susu masih newborn kok kayanya tuh botol susu kasian amat ya disalah-salahin.

Kenapa juga selalu diasosiasikan botol susu dengan ga ASI? emang ASI ga boleh dikasih pake botol susu? Iya sih lebih disarankan untuk breastfeed langsung atau pakai cup feeder atau sendok atau alat-alat lainnya; pokoknya bukan botol susu. Tuh kan, botol susu salah lagi. Tapi ngerti ga sih orang-orang kalo ga semuanya harus seidealis itu?
Terserah deh kalo situ tipe yang sangat idealis tapi ga harus juga kan kasih komentar kaya gitu?

Gue bisa dibilang tipe yang tadinya idealis. Ga mau pake botol susu. Biar ga bingung puting. Tapi ternyata pada prakteknya dimana gua dibantuin oleh orang lain (dalam hal ini, nyokap gue), ada hal-hal yang harus gue 'relain'. Nyokap gue manalah sabar ngasih susu pake cup feeder, apalagi sendok?
Trus apa karena keidealisan gue anak gue jadinya ga dikasih susu? Atau maksa nyokap pokoknya kudu harus ga pake engga pake cup feeder ato sendok? Mau dilempar sendal apa muka gua?

Dan ga cuma nyokap gua seorang juga deh. Banyak tuh para oma atau tante atau bahkan baby sitter yang ogah kasih anak asip pake feeder-feederan. Buktinya banyak banget feeder-feederan yang di-flea gara-gara ga kepake. Ya kalo cup feeder doank sih gapapa ya cuma 35ribu, feeder yg harganya ratusan ribu itu loh yang banyak di-flea. Kenapa? Ya karena ga semua orang sabaran dan ga semua anak bisa dikasih susu pake gituan !

Trus biarpun udah tau itu di dalem botol susu isinya ASIP, pertanyaan selanjutnya pasti kok ga nenenin langsung aja?
Kenapa sih emang salah ya kasih ASIP? Itu juga hasil mompa dengan keringet perjuangan loh.

Haah.. entahlah. Masalah per-ASI-an ternyata emang sensitif ya. Gue yang bukan oknumnya langsung aja bisa merasa tersindir *emang loe nyaaa ajeee yg sensian kali naaaa* hahahaha..

Ya yg pasti ntar klo dedenya K udah lahir, gue ga mau ah posting2 foto kalo misalnya gue kasih susu pake botol. Posting fotonya kalo lagi breastfeed aja kali yaa.. disensor gitu bagian2 tertentu.
Kalo lagi di mall, pake nursing apron gituu.. pasti banyak dapet pujian deh.
Trus foto stok ASIP juga harussss yaaaaa..apalagi kalo melimpah ruah.. wuiiihh.. pasti dapet komennya puji-pujian dan kekaguman luar biasa deeeehh.. *baca dengan nada sarkastis, plis*

-sekian-

19 comments:

  1. lagi sensi yah Na hahahah ujan nih mendung *biar adem*

    kl gw sih mau pake apa nggak masalah itu balik ke orang masing2 kan...asal jgn mentang2 anaknya asix trus sombong dan ngatain anak org pdhl anak org bukan gak asix tapi krn sikon terpaksa gak asix, ditambah kalimat kok pake botol asipnya harusnya kan di sendok *makin gerah denger komen begitu hihihi* kl anak gw mah nenen lgs, gak pake asip2 blablabla cuih cuih

    dulu ada tmn gw posting foto asip dia se freezer iye 6 tingkat fulllll botol selai kapasitas gede 240ml gt, ngetag ke fb org2 termasuk gw. Dan gw bukan termotivasi tapi terintimidasi dan minder... pdhl maksud temen biar ibu2 hamil dan baru lahiran kasih full asi ke anaknya entah lgs atau kombinasi kl buat ibu kerja.

    Kok gw jd panjang yah ngomongnya hahaha, semoga dede Kenny nanti lancar2 urusan "sensitif" itu yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasian aja sih ama buibu yg dikomenin itu. Baru aja lahiran kondisi pasti masih cape2nya trus dikomenin soal sensitip begitu lagi.. aku kan ikut merasakaann.. hormon berbicara nih, maak..

      Delete
  2. Lah elah... si Beyonce dong... foto lagi nyusuin anaknya langsung. Bilang kalo dia pro breastfeeding. Kita2 lgsg mengagumi. Gak taunya... ngasih ASI cuma 2 minggu thok!!

    Udah cuek aja. Ga usah sampe mikirin botol susu. Kita mau ngasih ASI aja udah suka demotivasi duluan gara2 komen orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lidah/keyboard/keypad emang lebih tajam dari pisau ya neekk..

      Delete
  3. Hahaha. Gw juga masih inget pas emma masih umur beberapa minggu ada gw foto lg dikasih susu sama andrew pake botol. Dan kayak yg lu bilang, di blog lgsg ada yg komen "kok gak minum asi?". Lha wong itu di botol isinya asi padahal Hahaha.

    Emang orang suka ada aja yg komentarnya nyinyir ya. Tp ya gak usah dimasukin ati. Org mau ngomong apa tinggal dijawab aja kalo itu asi. Kalaupun bukan asi juga peduli apa lah org mau ngomong apa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya org2 judgmental banget deh kadang..
      Kondisi badan masih lom pulih abis lahiran dikasih komen2 ga enak gitu pula. Labil kan bok emak2. Hahaha

      Delete
  4. iya.. padahal gak selamanya ibu2 bisa menyusui langsung yah.. bisa jadi karena udah balik lagi kerja, or something else. jangan terlalu di peduliin aina.. :D ato enggak kapan2 foto lagi nyusuin langsung. wkwkwkw.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihh apalagi klo working mom.. mgkin lebih dikomenin yg macem2 lagi. Ga ada abisnya dehh klo dengerin org ngomong.. ngomong emang paling gampang.

      Delete
  5. aku malah pengen banget nyoba merah ASI, tapi gak dapet ijin :D
    ntar kalau aku punya anak lagi pengen aku coba minum selang seling pake ASIP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga dapet ijin maksudnya?
      Klo payudaranya kenceng kan kudu diperah buuu.. sakit klo ngga. Badan badan situ deh, sapa pula yg bisa ga kasih izin merah asi.. ada-ada aja.

      Delete
  6. Hi Aina, salam kenal yah :) Aku tertarik dengan posting kamu karena I could totally related to that. Aku jg baru punya newborn dan seperti first time mom yang pada umumnya masih idealis, aku pinginnya breastfeed full tapi apa daya waktu baby masih 1 minggu nipple ku bener2 sore and crack karena poor latching dan akhirnya aku harus kasi expressed milk lewat botol. Setelah sembuh aku masih kasi ASI lewat botol here and there karena bener kata kamu kita perlu bantuan orang lain. Sebenernya I feel totally fine with that, tapi kadang memang gerah juga kalau dikomentarin terutama kalau orang itu orang terdekat kita. *kok jadi curhat* Anyway, I like your post ! reminder buat diri sendiri dan buibuk yang lain supaya enggak judgemental satu sama lain karena orang tua pasti akan kasih apa yang menurut mereka terbaik untuk anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. salam kenal juga. Kadang serba salah ya. Kita begini org lain liatnya begitu. Udah begitu ada org lain lagi liatnya begono. Laen org emang laen tipe parenting, laen sikon juga. Jadi ya tebel2in kuping aja deh mak...

      Delete
  7. waakkaakaka.... waktu g tau ASI g pas2an dan banyak banget komen dari sana sini, yang seolah2 g ga pakai usaha buat dapetin asi, ngasih masukan makan ini dan itu, begini dan begono, tapi klo emang ga baka asi mo gemana yah ?! kadang suka sebel sih, klo g posting masalah stock susu, atau photo Zio lagi pegang botol, langsung ada yang komen "ASI KALEEEEEE" pengen g jitakin, apa lagi yang ngomong cowo, kesannya tinggal ngemeng doank ga pakai mikir, klo cowo yang beristri pasti ngerti, ini co single yang menurut g "LO TAU APA SIH?" klo g mau ikutan sarkastis hahaha ^^
    tapi ada segelintir orang yang ngerti, walo lebih banyak yang ga ngerti ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ember pit.. g masih inget tuh status lu yg itu.. g ampe ikut nimbrung kan karena g langsung naek darah bacanya..
      Lelaki ga tau apa2 asal komen doank. Suruh dia aja coba perah tetenya.. hahahaha.. emosiii

      Delete
  8. Orang memang seringnya ngelepehin sesuatu tanpa mikir sih.. abaikan lah Na.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andaikan semua bisa diabaikan begitu saja. Tapi sayangnya apa yg udah diucapin tuh kadang udab bikin luka duluan py... jiaaaahh bahasa gue manteeeb yaa. Hahaha

      Delete
  9. gua juga berencana beli botol susu na... kalo gua balik kerja, emak gua mana sabar ngasih susu cucunya pake cup feeder, sendok, ato apalah itu... hahahaha...

    ReplyDelete
  10. Aduh ngasih ASI pake Cup Feeder itu sungguh PR luar biasa. Banyakan tumpahnya daripada diminumnya, mana pake acara bayi tangis-tangisan lah. Udah lah yang paling bener pake botol, lagian botol sekarang canggih-canggih kok.

    ReplyDelete
  11. Mungkin saat kita lihat botol susu sudah terfikir kalau isinya pasti susu formula :D
    Botolnya gak salah :D

    Istri saya juga dulu ASI disimpen di botol terus bayinya ya minum dari botol...

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP