Friday, June 20, 2014

Bangun tidur kuterus.... nangisssss

Jadi belakangan ini K kalo lagi nap tiba-tiba bisa mendadak nangis dan nangisnya itu yang tipe ga bisa di-calm down pake air atau susu atau gendong. Semacam tantrum. Entah kenapa.

Kalo masih dalam kadar normal, nangis kejernya tuh masih sambil merem kaya orang lagi mimpi buruk. Paling gue panggil-panggil namanya atau setel tv biar dia melek dan kalo udah melek biasanya pelan-pelan mereda.

Tapi kalo kadarnya udah parah, nangisnya bisa sampe sesenggukan. Mau tv disetelin acara favorit dia kek, digendong gaya apa kek, air, susu, maenan, ga bakal ada yang mempan. Teruusss aja nangis guling-guling sambil jejeritan, badannya tuh dikakuin, kaki ditendang-tendangin, muka dibejek-bejek sendiri . Padahal udah melek juga anaknya. 

Bad dream? 
Sakit perut? Gassy? Umur segini masih bisa kolik?
Lagi teething si majestic geraham? 
Badannya ga enak, kesemutan mungkin? Gara-gara tidurnya ga ganti posisi?

Entaaaaahlah.. sumpe ga tau.
Feeling gua sendiri mengatakan dia lagi throw a fit aja.
Tanpa sebab apapun. Mungkin sebab yang paling bener adalah anaknya masih mau tidur tapi somehow kebangun entah karena mimpi atau apa.
Soalnya kalo tidurnya tuh lamaa (biasa sekitar 2 jam, bisa 3 jam kadang-kadang) dia bangunnya dengan damai sejahtera bermuka happy gitu.

Biasanya nangis-nangis gini terjadi kalo lagi nap dan kalo udah jam nya bangun pagi.
Tadinya ga pernah kejadian kalo udah bobo jam tidur malem.
Tapi kemaren itu udah tidur damai jam setengah 10 malem, tiba-tiba sekitar setengah 11 dia tiba-tiba nangis jejeritan dan setelah reda alhasil jadi seger dan tidur kembali jam 2 pagi.

Dan karena jam tidurnya jadi kacau, barusan kejadian lagi, jam setengah 6 sore nap, bangun jam setengah 7 nangis jejeritan sampe sesenggukan ga bisa ditenangin. 

Gue nya kalo udah begitu cuma bisa diem aja nunggu dia tenang sendiri. Ya wong digendong pun ga mau.
Tadi tuh sambil nangis sesenggukan, dia bisa nyamperin gue dan nowel-nowel gue beberapa kali entah mau kasih tau apa. Ya gue sih mikirnya itu kaya cari perhatian aja. Karena gue diemin dia sambil ngeliat tv. Ga megang dia, ga ngeliatin dia, pokoknya no interaction. Biar dia berasa kalo 'act'-nya ga gue ladenin. 

Akhirnya gue taro satu mainannya deket dia. Pertamanya masih aja nangis, kemudian tiba-tiba hening.. anaknya udah anteng maenin mainannya dan air matanya hilang seketika.

Ini apaaaaa siiihhh? 
Beneran cuma throw a fit aja dan emang phase-nya anak umur segini atau dasarnya aja cengeng atau apaaaaaa....

Andai toddler bisa ngomong.. ngomong..ngomong..
*mamak pusing*


Demikian curhat saya malam ini....


7 comments:

  1. andrew dulu juga gitu na. in fact sampe sekarang kadang juga masih, tapi jarang banget.

    kalo dari yang kita liat (di andrew ya, gak tau kenny sama gak) itu karena andrew anaknya terlalu sensitif dan kurang bisa kontrol emosi. jadi anaknya moody dan kalo tidurnya kurang , kecapean, atau bangunnya gak enak jadi bad mood trus jadi ngamuk.

    gedean setelah bisa diajak ngomong, kadang dia bilang dia lagi bad dream (kalo pas ngamuk). atau yang kita perhatiin juga, kalo pas hari itu dia abis kita marahin abis2an, nah most likely tidurnya malemnya bakal kebangun trus nangis2 gitu. kayaknya kebawa mimpi. :P

    anyway, kalo pas lagi nangis2 gitu emang gak bisa diapa2in. gak bisa diomongin, gak bisa dipeluk, gak bisa diapa2in jadi ya dibiarin aja. tapi ya dijagain supaya jangan sampe kejeduk atau jatuh.

    gitu aja sih. ntar semakin gede, semakin dia bisa kontrol emosi, pasti bakal lebih jarang. :D

    ReplyDelete
  2. oh ya, another thing, kalo di andrew ya, most of the time kalo dia nangis2 gitu pas kebangun tidur, setelah dia tidur lagi trus besokannya ditanya, dia gak inget sama sekali lho kalo dia kebangun nangis2 begitu. jadi semacem dibawah sadar dia. makanya kalo pas lagi kejadian percuma diomong2in karena anaknya gak nyadar juga. :D

    ReplyDelete
  3. Zio sejauh ini bangun kadang udah manyun kek mau nangis, tapi slalu dibilangin pelan-pelan sih.. ujung2 na ga jadi nangis dan biasanya ketawa ketiwi, semoga sih sampai gede dia inget.. klo bangun ga boleh nangis ^^

    ReplyDelete
  4. gw baru ngalamin jg na, around 2-3minggu lalu, setiap jam 10 malem teng, gwen pasti lsg nangis2 kejer, dari tidur pules tau2 lsg bangun duduk dan nangis. semingguan kayanya dia kaya gitu, gw sampe bingung, ntah kenapa, perut kembung jg ngga, awalnya gw pikir kesemutan, tapi kok pas posisi tidur yg bener jg sama aja nangisnya.
    trus mana temen gw nakutin lagi sampe bilang lagi "digangguin" ...haish.
    dibilang mau tumbuh gigi juga blum kok.
    dia bakalan nangis 5-10menitan. abis itu tidur lagi. cuman kalo lagi nangis gitu, dia bakalan senewen berat sama orang2, sama gw ga mau, sama papinya ga mau, cm mau digendong sus doank, ud gitu orang2 ga boleh ada dikamarnya.

    gw juga no idea ada apa ya?

    emak gw sih bilang anak kecil biasa, bisa aja kaya gitu, cm jamnya kok pas bener ya?
    sampe parno gw sampe nyelipin rosario dibawah bantal gwen setiap dia tidur.

    ternyata mungkin emang kalo anak2 ada fase gini kali ya?

    ReplyDelete
  5. Bener kata ko Arman sih, kalo udah gitu mungkin dibiarin aja sampe Kenny cape sndiri kali yah. Asal tetep dijaga biar ga sampe gmn2 Kenny nya :)

    ReplyDelete
  6. Inilah yang kurasakan hampir setiap hari Na. Madeline sih nggak bangun tidur kuterus nangis, tapi belakangan suka tantrum nggak jelas. Gue rasa inilah yang dinamakan Terrible Two. Bener-bener ngetes kesabaran gue yang sangat tipis ini. Selain tantrum, ya tentu saja kalo dikasih tau nggak pernah didengerin, makin dikasih tau makin dilakuin apa yang harusnya nggak dilakuin itu. Kayak tadi, gue lagi nuang bubur kacang ijo panas dari panci ke mangkok. Gue udah bilang panas, jangan dipegang. Tentu saja sama nona kecil pancinya dipegang, dan ya nangis lah, wong panas banget. Untung nggak sampe kebakar tangannya, cuma merah aja dikit *ngelus-ngelus dada sampe rata*

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP