Sunday, November 3, 2013

Cerita 2 minggu terakhir

1. Batuk pilek
Sekitar 2 minggu lalu K kena batuk pilek. Ga cuma K sih, satu rumah semuanya batuk pilek. Malem-malem gitu tiba-tiba batuk dan suara batuknya kaya  ada dahak gitu. Well, karena ini yang pertama kalinya, gue sempet kaget dan pastinya kasian lah ya.
Hidungnya juga meleeer terus, upil tuh ga kelar-kelar deh dibersihin, ada lagi ada lagi.

Emaknya, lebih parah lagi, kalo batuk bisa sampe ga berenti-berenti. Kalo mau tidur itu perjuangan banget, baru rebahan beberapa detik, tenggorokan gatel lagi dan mau batuk kudu keluar kamar, kalo engga bisa ngagetin K.

Beberapa hari pertama gue coba pake home treatment gitu deh. Jadi gue pake bottle warmer diisi air, trus g tetesin minyak kayu putih dan di-ON terus-terusan. Boros listrik, you say ? 
so pasti, tapi you gotta try what might work for your baby, right?
Tapi ternyata ga berhasil.. ga ada tanda-tanda baikkan.

Mungkin karena emak bapaknya juga masih sakit, jadi anaknya juga gimana mau sembuh. yg ada virusnya muter aja terus. Lalu emaknya ini mulai ga tahan dan akhirnya pergi ke dokter THT.
Dikasihlah resep antibiotik dan obat batuk yang keras *ini atas permintaan gue sendiri*, karena g merasa perlu cepet baikkan demi kepentingan bersama. Dokter pun bilang kasus gue gini emang ga mempan kalo minum obat batuk biasa. Downsidenya adalah gue jadi ga bisa kasih ASI. Yaudahlah gapapa, toh masih ada stok ASIP. Jadi ditenggaklah itu obat-obat.


dangdut sekali ya obatnya, warna warni gitu..

Sedih sekali loh sodara-sodara yang namanya mompa ASI cape-cape dan akhirnya harus dibuang. Apalagi kalo mompanya malem-malem gitu. Jadi ya itu beberapa hari, karena ga rela abis mompa harus dibuang, gue jadi ngatur waktu mompa terakhir kalo bisa jam 9 ato 10 malem, jadi bisa tahan sampe besok pagi,ga perlu mompa malem-malem. *jangan ditiru yaaa..*

Sehari, dua hari, tiga hari ngasih K ASIP, laaaahhh kok ya stok ASIP gue ludes. hiks hiks
Jadi mau ga mau harus kasih sufor. Dan baru kusadari bahwa sufor itu cepet banget habisnyaaa..
K itu ngabisin sufor sekaleng yang 400gram (ato 450 gram?) dalam hitungan hari.
Baru deh bisa bersyukur 6 bulan lebih bisa kasih ASI yang notabene ga pake bayar..
Tungitungitung kalo beli sufor sih lumayan juga nominalnya.

Selesai minum obat, baru mulai kasih ASI lagi setelah selang 2 hari, karena takut masih ada sisa-sisanya kan di badan gue. Jadinya ya sekarang lagi empot-empotan deh mompanya.
Mulai lagi dari awal, nyetok kalo ada sisa, kalo kurang ya mau ga mau sufor.


2. Breastpump kedua
Lagi empot-empotan mompa gini, si Medela Minel pake ngadat pula. Tiba-tiba suaranya berubah dan kekuatan hisapnya kaya berkurang gitu, jadinya berasa ga tuntas tiap kali mompa. Mau diservice kok ya kapan sempetnya dan ga mungkin ga mompa kan selagi si Minel diservice. Pake tangan? maap maap, udah beberapa kali nyoba tapi yang keluar malah keringet bukan ASI. Jadilah kucuk-kucuk ke ITC beli breastpump lain. 

Bingung mau beli apaan, Avent electric kok ya sekarang udah 2 juta lebih aja.
Mau beli yang murah meriah si Little Giant tapi liat corongnya mungil amat, kendi saya kayanya ga muat kalo pake itu.
Trus ditawarin unimom Allegro sama temen gue, diliat-liat, fisiknya mirip Medela Swing, dengan harga yang lebih murah. Murah kata loeee? ya sejuta kurang dikit buat breastpump electric..murah kaga? (T___T)
Pernah baca-baca juga sih soal si unimom ini, sepertinya banyak juga yang pake. Yasudahlah, karena perlu juga, dibeli deh *seeek gesek kartu kredit sampe panas*


source : unimom.com.au

Pulang langsung dicoba, yaaa kesan pertama sih ga gitu gimana..mungkin karena udah biasa pake si Minel yang suaranya kaya bajaj itu, jadi sugestinya klo berisik hisapannya lebih kenceng. Si unimom Allegro ga berisik, trus kekuatan mompanya ada 7 level. Pertama-tama gue langsung donk pake yg level 7, karena kebiasaan pake Minel gue pakenya puteran ke-3 ato 4 yang puting tuh ketarik heboh gitu..

Tapi kok malah ga keluar ASI nya, trus gue coba lah mulai dari level 1 dulu yang tarikannya cuma nyut nyut nyut cepet gitu, eh malah keluar ASI nya dikit-dikit, baru pelan-pelan dinaikkin levelnya.. Baru deh keluar.
*ternyata pumping aja ada tekniknya*

Entah kapan si Minel bisa diservice.. Mau ga mau harus diservice sih, karena bukan punya gue juga. Dilungsurin dari cici gue, masa kalo mau dibalikkin dalam keadaan rusak ya kan.. adik macam apa gue.


3. Bolu kukus first attempt
Jadi minggu kemarin itu sempet-sempetin bikin bolu kukus pake resep dari Angela.
Karena ada beberapa bahan yang gue ga punya, gue jadi melipir ke rumah nyokap buat minta..hehehe

Eh nyokap malah ngasih alternatif resep, instead of water, nyokap bilang suruh pake Sprite. Dan gausah pake TBM, SP, ato emulsifier gitu. Dia bilang kalo buat makan sendiri ga usah pake gitu-gituan lah.
Ya oke lah, gue sebagai baking-noob, menurut aja lah sama yang lebih pro.

Tadinya ke rumah nyokap juga bertujuan minjem cup buat bolu kukusnya yang bolong-bolong itu. Tapi ternyata nyokap ga punya karena doi ternyata ga pernah bikin bolu kukus. Laaah trus kok bisa kasih ide pake sprite???? 

Jadi gue nekad pake cup aluminium biasa yg ga ada bolongnya, karena nyokap juga bilang kayanya itu ga ada gunanya. Cuma nyokap bilang abis gue masukkin adonan, ntar diteken aja *keterangan lebih lanjut, baca terus yaaa*

Pas udah selesai masukkin adonan, seperti kata nyokap, gue rada teken itu adonan.. gue pikir biar kaya coklat gitu, biar udaranya keluar. Gue coba kukus 2 biji dulu dan hasilnya merekah sempurna.. tapi kok rada keras ya bolunya. Ah, mungkin ngukusnya kelamaan, karena gue kukusnya emang biarin rada lamaan sekitar 30 menitan gitu.

Trus gue centil donk, tambahin meses buat batch2 selanjutnya. kirain bisa makin cantik gitu tampilannya dan makin enak rasanya klo pake meses.
Setelah batch kedua mateng, eh ternyata itu meses malah bikin keliatan gosong..hahahaha




dan bolunya tetep keras...entah mengapa.
Gue kasih sample ke nyokap, nyokap pun komentarnya "mekar sih mekar, tapi kok keras kenapa tuh?"
gue : Yaa meneketehe mama.. udah ikutin mama kan rada diteken adonannya
mama : Apanyaaaa yang ditekeen?? maksud mama yang diteken itu kertas yang buat taro adonannya, cuma biar lebih mantep.
gue : (-____-) *miskomunikasi*

Jadi ya mungkin antara karena gue teken-teken adonannya, ato emang harus pake cup yang bolong-bolong itu.
Saya sudah beli cup yang bolong-bolong, nantikan second attempt saya !!


4. 7 bulan +
K sekarang udah 7,5 bulan, hampir 8 bulan.
Checkup terakhir ke dokter, beratnya cuma nambah 100 gram *kemana perginya makanan dan susu?* 

Gue udah berharap ngeliat angka kepala 8 di timbangan baby-nya, karena perasaan kalo gendong udah makin berat. Makan pun bisa dibilang lumayan oke, susu masih oke juga.

Kan bulan lalu beratnya 7540 gram.. jadi ya minimal 7800-an donk yaa.
Eh ternyata cuma 7620 saja *ga ada 100 gram bahkan !!!*
gue sampe bingung, dokter pun ngeliat gue bingung jadi ga banyak komentar apa-apa.
Well, mungkin karena anaknya aktif jadi banyak keluar di keringet.

Tingginya nambah 1 cm saja
Lingkar kepalanya yang nambah 2 cm. Ngejar bulan kemarin yang ga nambah sama sekali.

K sudah ada gigi TIGA !!
pertama nongol yang dibawah sebiji, trus nongol lagi yang kedua. Dan belakangan ternyata yang atas udah keluar satu biji.. Jadi kalo ga sengaja digigit sama dia ya udah maknyooos rasanya.



Per hari ini udah bisa berdiri tapi ya pasti masih goyang-goyang.
Tapi sesekali dia sok jago bediri lepas pegangan. Ada beberapa detik sebelum akhirnya jatoh.

Mungkin karena udah suka berdiri ini juga kalo jalan-jalan dia jadi ga betahan di stroller. (T___T) emaknya feeeggeel, ken.. *menimbang-nimbang beli carrier*


5. Ternyata berguna..
Sehubungan dengan K yang udah demen berdiri, beberapa hari di minggu kemarin gue dibikin stres setiap harinya kalo mandiin K.
Dulu demen banget mandi sampe bisa ketawa-ketawa, beberapa hari itu selalu nangis histeris.

Gue pun udah kehilangan akal sampe guyur diri sendiri demi ngebilas K.
Jadi, dia ga mau lagi didudukin di baby bather, didudukin langsung di bak pun ga mau, maunya berdiri, dan karena gue ga ada anti slip, jadinya dia kepleset-kepleset gitu dan kalo udah kepleset kecil dia kaget dan langsung nangis. 

Jadi gimana donk ya, gue sendirian, dia maunya bediri, tapi kalo ga mau kepleset, gue musti pegangin pake dua tangan, lah trus siapa yang mandiin? apalagi kalo keramas, mau ga mau donk gue sirem kepalanya, histerislah dia..
Wah, pokoknya gue hampir abis kesabaran deh. 

Lalu gue pun gambling, untuk beli iniiii...

source : tokobagus.com

topi keramas !!

satu barang yang ga gue kira bakal berguna banget buat gue.
ga nyangka kalo K mau dipakein ginian, padahal pake topi itu biasanya dia ga mau.

Dulu gue mikirnya, ada-ada aja nih orang bikin beginian..ternyata emang kalo orang invent sesuatu itu pasti ada gunanya deh.

dan ini juga.

source : bilna.com

bathmat anti slip

Sukurrrlllaaaah begitu dipakein ini, K mau didudukin di bak dan bisa dimandiin sampe selese tanpa drama ! Huuurrraaaaahhhhh...

pheww, begitulah ya punya bayi, dari hari ke hari bisa aja berubah maunya apa, harus nyoba ini itu buat tau maunya gimana...hadeuh.


6. Still sleepless
*kapan sih gue ga sleepless..g selalu sleepless kayanya*

Gue kira kalo udah 6 bulanan, gue udah bisa mulai tidur nyenyak. Seengganya jam tidur gue sekali sesi bisa lebih panjang, ternyata engga. *kapan sih bisa tidur semaleman lagi?*

K malah sekarang suka bangun di tengah malem atau dini hari.. segeeer bugerr melek semelek-meleknya, manjat-manjat pinggiran ranjang pula. Kalo kita tidur merem, dia bisa gangguin gitu.
Udah tidur jam 9malem nih, entar jam 12 malem bisa seger lagi.
Entah kenapa.
Kalo siang sih tidurnya udah bisa diprediksi, dari bangun, sekitar 3-4 jam pasti ngantuk lagi. Kalo malem nih yang masih ga ketauan pola tidurnya. Kenapa bisa bangun tiba-tiba.

Ya gue kalo udah ngantuk dan cape banget sih bisa ga bangun, tiba-tiba bangun botol susu udah kosong *tandanya bapaknya yang kasih susu*, ato tiba-tiba kendi susu udah penuh minta dipompa.

Tapi kalo bapaknya juga ngantuk, gue nya ditowel-towel. mau ga mau melek deh ngeladenin bocah sampe ngantuk lagi. Kemarin ini dia jam 2 pagi bangun dan baru tidur lagi jam 4. *zombie mode on*

*********************************************************

Sekian dulu update borongan saya. Maklum, waktu buat blogging aja udah langka banget kayanya.
Mudah-mudahan bacanya ga bingung.

18 comments:

  1. 1. Gue juga kalo pilek minum Rhinos itu, biar cepet sembuh. Bener kalo gue yang beler semuanya kacau.

    2. Gue punya Swing, modelnya juga gitu phase 1 itu massage, jadi pelan2 duly distimulasi supaya ngucur dulu, 5 menit baru deh pump beneran. Gue happy sih sama Swing. Padahal tadinya gue mau beli Avent, cuma karena nggak ada stok dimana-mana akhirnya switch ke Swing.

    3. Justru gue suka resep nyokap itu karena nggak pake soda. Biasanya resep bolkus gak pake soda. Cobain gak pake soda deh, waktu gue bikin lembut kok.

    4. Yanh penting sehat Na, gue juga udah males kalo ke dokter beratnya Madeline nambah cuma dikit2. Males diceramahin.

    5. Topi keramas itu makenya gimana ya?

    6. Mungkin jam tidur sorenya dimajuin? Atau dibatesin paling mentok jam 5 sore udah bangun dan nggak nap lagi. Biar capek dan malem tidurnya pules?

    ReplyDelete
    Replies
    1. i see i see, next time beneran 100% ikutin resep lu deh ngie. tapi mungkin setengahnya aja. kalo jadinya 10 gitu kebanyakkan juga buat gue, ga ada yang makanin.

      topi keramas dipakenya kaya topi golf gitu ngie. jadi klo kepalanya disirem air airnya ga ngucur kena muka..

      kayanya bukan masalah nap nya nih, g juga bingung kenapa tiba2 bisa bangun seger gitu, padahal bangun nap terakhir ga terlalu sore.

      Delete
  2. obatnya warna warni nya lucu ya na... hahaha.

    jadi sekarang udah pada sembuh ya? moga2 sehat2 terus yaaa...

    wah bagus tuh bolkus nya bisa mekar. tapi keras ya.. sayang juga ya...

    topi keramas itu dulu kita beli pas andrew masih bayi. tapi akhirnya gak kepake karena ternyata si andrew gak kenapa2 kepalanya disiram air. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baby sama bapaknya udah sembuh, emaknya lom sembuh banget. heran nih gue batuk ga sembuh total. obatnya ga gue terusin juga sih soalnya.

      Delete
  3. wah2... ribet juga ya emang kalo satu sakit, serumah pasti dah ikutan sakit... oh ya, kalo bikin bolu kukus tu bolong2nya katanya biar udaranya bisa keluar dan masuk dengan gampang... trus soda tu bikin kuenya mekar... lalu ditusuk2 adonannya kalo uda jadi biar udaranya bisa masuk ato apa gitu lah... *lupaa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ada gunanya ya kalo gitu bolong-bolongnya...baikkklaah

      Delete
  4. itu rhinos ya? emangnya keras? gw tiap kali pilek selalu minum itu, pantes ya langsung sembuh hahaa (thank God selama hamil gak pernah pilek).

    eh topi keramas itu gw inget wkt kecil gw selalu pake loh. Sampe SD malah kayaknya.. dulu sih emang gw nya aja yg genit, jd demen pake topi2an wkt mandi wkwkkw...

    haduh tidurin anak tengah malem susah ya? gimana kalo gw kerja ntar niiiyy? apakah anak hrs tidur sm BS?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. rhinos obat pileknya ga keras sih mel. yg keras itu obat batuknya, namanya gue lupa. gue sampe cek di website obat2an itu obat batuk masuk kategori narcotic drugs.

      hahahah genit loe yaaa pake topi keramas sampe SD. eh tapi ternyata itu udah ada dari dulu yaa?

      hmmm itu tergantung anak mel, klo anak lu nanti tipe yang gampang tidur ya gampang..ada yang bahkan anaknya bisa tidur duuuur sampe pagi..

      better anak jgn tidur sama BS deh, klo BS lu begadang, nanti besoknya dia jadi bete loh kerjanya. Jadi mendingan kasih BS istirahat malem biar besoknya jagain anaklu bisa maksimal.
      Gapapalah emaknya yang berkorban dikit

      Delete
  5. wah syukur yah skrg uda sembuh elu dan kenny nya. batpil emang musuh para ibu-ibu deh abis cepet bgt nularnya dan lama sembuhnya.

    gw pernah pake swing gak nampol, gak kosong-kosong, mempertimbangkan untuk berikutnya mau nabung buat beli Medela Freestyle, mahal tapi bagus katanya.

    wah kenny giginya uda 3, Villia baru 2 nih. Makin pinter mamamnya ya kenny..

    bebek karet yg buat di bak juga boleh dipertimbangkan na. March mom banyak yg pake dan anaknya jadi anteng mandi di bak, bocahnya sibuk ngejerin bebeknya.

    iya seperti kata ci angel, coba deh kurangin nap time nya. kalo uda diatas jam 5 sore coba dialihkan spy gak tidur jadi pas malem dia uda cape mungkin tidurnya lebih bisa bablas. soalnya kalo diperhatiin, villia kalo sore gak/bobo sebentar aja malemnya dia lebih ngantuk dan tidurnya bisa lebih lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. breastpump emang cocok2an sih vi.
      g pake minel sebenernya ga masalah sih, cuma ya udah ngadat mau ga mau beli yg lain.

      bebek karet itu g ada vi cuma ya itu bisa dilahap sama kenny, mengerikan! jadi gue pake bola aja yg gede dan ga bisa dimakan.

      Delete
  6. Ya ampun... Sekarang semua sudah sembuh kah?? Moga-moga cepet sehat semua yah. Dan moga-moga sehatnya barengan, ga pake saling tular menularkan lagi...

    Eh serius lo Na, udah 7 bulan masih bangun malem?? Oh no!! Gw pikir 3 bulan juga udah selesai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayaaaa belum sembuh bener niihh..

      seriuss di.. ya balik lagi tergantung anaknya deh.. banyak orang bilang anak kalo minum sufor lebih kenyang dan tidur lebih lama, anak gue kaga tuh, dikasih sufor juga tetep aja 2 jam kemudian bangun..

      dan kata temen gue yang anaknya udah rada gede (2 taonan), dia sampe sekarang masih aja bangun sekali malem2 buat kasih susu... so u go imagine..hehehehe

      Delete
  7. Kalo lagi sakit emang stress ya Na. Gue dulu tahan-tahanin kalo sakit ga minum obat, dan sama sekali ngga nyusuin langsung. Jauh-jauhan dulu sama si unyil walaupun kangen. Apalagi ASI gue menyedihkan... jadi kalau sampai gue udah ngga mompa, anak gue bisa gak makan... huks... Semoga elu sehat terus ya!

    Kalau si Abby kebalikan, abis 6 bulan itu nambah BB-nya lumayan. Makanya rada montok sekarang, tapi mulai gak bisa diem... manatahan deh gak bisa diemnya, di gereja aja ajlut2an hahaha. Mana bawel (kayak gue hahaha).

    ReplyDelete
  8. Trus hari ini gimana kabarnya? Udah fit belum? Smoga gak sakit2 lagi yah, kita aja yg orang dewasa suka ga tahan yah batpil gitu apalagi anak kecil :((

    ReplyDelete
  9. unimom ini harga nya masih bisa diterima drpd medela freestyle :D gue jd tertarik hahahaha. Nanti ah request ke sodara yg nanyain kado lagi *ga tau diri*

    bolu nya cakep na merekah, nyokap gue kalo bikin dulu sih pake sprite tp akhir2 ini ga pake deh tp tetep merekah dan lembut.

    btw kok gue ngilu ya liat gigi kenny uda nongol gt terus kalo kegigit pas lagi nyusu >.<

    ReplyDelete
  10. Hi Aina, salam kenal.

    Utk medela minel ngadat, pernah coba di-uap-in gak lubang yg di bagian motornya?

    Caranya, didihin air, saat air nya udah beruap, ambil motornya aja, taruh bagian lubang motor yg terhubung ke botol dihadapin ke uap nya sambil motornya dinyalakan, atur kecepatan tarikannya sampe maks, di-uap-in bbrp menit aja udah cukup.

    Pernah diajarin seperti itu n setelah dicoba bener ternyata, jadi normal lagi. Jadi motornya itu memang bbrp bulan sekali sebaiknya di-uap-in biar kotoran yg ngumpul di dalamnya keluar jadi gak 'mampet'.

    Cuma ati2 waktu uap-in nya, siap2 ada kotoran/cairan kotor yg muncrat keluar dari lubang yg ada di bagian samping motornya, hehe.

    Hope it helps..

    ReplyDelete
  11. wah syukur yah skrg uda sembuh elu dan kenny nya. batpil emang musuh para ibu-ibu deh abis cepet bgt nularnya dan lama sembuhnya.

    kunjungi balik biar lebih sehat lagi :D

    Http://seven-pictures.blogspot.com

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP