Friday, September 13, 2013

MPASI perdana : Gatot

Hari ke-1 

Seperti yang udah gue ceritain di posting sebelumnya kalo DSA suggest kasih makan bubur susu, jadi di hari pertama MPASI ini gue udah mengakrabkan diri sama slow cooker. 

Dari hasil nanya-nanya sama temen gue yang lebih pengalaman, katanya masak bubur beras coklat pake slow cooker itu 3-4 jam udah mateng. Jadi untuk menyesuaikan sama jadwal bangunnya K, gue memutuskan untuk bangun jam setengah 5 pagi untuk masak, dengan harapan jam 8-9 udah mateng itu bubur. 

Dengan takaran beras dan air yang 100% ngira-ngira, ternyata sampe jam 10 itu bubur lom jadi juga. Tanya punya tanya, ternyata temen gue slow cookernya ada pengaturan high-low. Jadi 3-4 jam itu dia pake pengaturan yang high. Sedangkan slow cooker gue ga ada pengaturan high-low gitu. 

Akhirnya K gue biarinin nap dulu. Ditengah waktu nap, BREEET dia mati lampu !! BAH !! K ga lama langsung bangun, bubur pun diliat belom mateng. Akhirnya gue lanjut masak pake kompor. Ternyata masak bubur pake kompor itu ga boleh ditinggal yaaa.. Gue tinggal bentar itu bubur udah luber. 

Kemudian ga lama nyokap gue dateng, karena gue mau ngungsi sementara ke rumah nyokap yang kebetulan ga mati lampu. Nyokap pun ngomong.. itu buburnya diblender kalo udah gitu, karena ga mungkin lembek banget. Gue yang ga ngerti apa-apa ini ya ikutin aja toh. Sampe bawa-bawa blender ke rumah nyokap. Sampe rumah nyokap langsung blender dan kemudian saring. 
Hmmm..kok ya encer banget gini ya. Rasanya ada yang salah.. tapi masih lanjut aja gue..ya udah kepalang gitu kan. Trus gue campur asi dikit, ya jadinya makin encer donk. 

Kemudian gue foto aja itu hasil bubur hari pertama dan gue share ke temen-temen gue yang udah lebih pengalaman. Dan kompak donk dibilang itu salah... Harusnya ya ga encer begitu. Ternyata buburnya itu katanya jangan diblender (bingung kan sodara-sodara.. padahal itu emak kita yang ngasih tau, ternyata salah), abis dari slow cooker langsung disaring aja. Hufff... tapi gue tetep kasih itu bubur ke K. 
Dengan cara, nyokap gue gendong dan gue yang nyuapin. 

Hasilnya : 
K ngasih gue muka aneh, sesekali pengen hoeeeeek gitu, trus belepotan kemana-mana. 
very very messy indeed. 
Gue ga tau ada yang kemakan apa engga karena tiap kali disendokin kayanya kebanyakkan yang keluar lagi.  
Setelah lanjut nanya-nanya sama temen gue dan hubby. Mereka bilang "kasih buah aja dulu". 
Entah apa yang terjadi sama gue, gue seperti hilang akal dan sorenya malah ngasih K pisang. 
Padahal gue tau sistem kasih 1 jenis makanan aja untuk beberapa hari. 
Tapi karena ada yang suggest begitu gue kok ya ngikutin aja *gampangan* 
Ternyata temen gue kira itu bubur ga jadi gue kasih.. makanya dia suggest kasih buah dulu. *tepok jidat* 
Ya singkat cerita gue sore kasih K pisang dikerok dan campur asi. 
Yang ini lagi-lagi gatot... kali ini malah kurang encer katanya.. 
Tekstur makanan pertama katanya harus bener-bener cair secair susu. Ya manalahkutau.

  


 Ini ekspresi dia pas dikasih pisang..Mangapnya irit banget  

Yaa 11-12 lah bubur sama pisang, dia mangapnya irit.. trus banyak yang keluar lagi dari mulut. 
Ga ngerti ada yang kemakan apa engga. 
Lalu malamnya K pupnya warna ijo, cuma teksturnya masih sama kaya biasa, ga kentel kaya pasta. Mungkin pengaruh pisang. Gue ga gitu yakin. 

Verdict : Mpasi perdana GATOT !! 


Hari ke-2 

Udah makin banyak nanya sama temen gue, makin pede bikin buburnya dan kali ini gue bikin dari jam 10 malem begitu K tidur. 
Masaknya pun gue pakein ceker ayam biar ada rasa kaldunya. 
Tiap 2 jam gue bangun ngasih K susu sekalian ngecek itu bubur. 
Sampe jam 1 kok ya itu bubur belom lembek kaya bubur biasa kita makan, airnya juga masih ada. 
Jam 3 masih sama. Jam 5 masih sama. Sampe jam setengah 7 masih sama juga, gue pikir emang gini kali ya, ga bisa jadi kaya bubur beras putih. 



Karena masih ada airnya, gue saring dulu airnya, baru saring buburnya. 
Ahaa.. ini baru namanya bubur *merasa berhasil* 
Lalu gue encerin pake asi. 

ini sebelum diencerin



Apakah K doyan? 
NOPE !! 
Dia masih ga gitu mau buka mulut. 
Masih bermuka aneh begitu disuapin.. hahaha 
Lalu siangnya dia pup.. Dari baunyaaa saja gue tau ini laiiinn. 
Begitu dibuka diapersnya, bener aja. teksturnya rada kentel kaya pasta dan baunyaa mantab surantab !! 

Baiklah, berarti ada yang kemakan. itu yang penting deh. 
Tanya2 lagi sama temen gue, katanya emang klo beras coklat ga bisa lembek banget kaya beras putih, jadi emang masih rada berbentuk nasi cuma udah lembek sekali. 

Verdict : hari kedua lumayan dehh.. 


Hari ke-3 

Kembali masak bubur, kali ini masaknya jam 12 malem karena gue ketiduran. 
Kali ini airnya dikurangin dikit. Tetep pake ceker ayam. 
Bangun jam 5 pagi, ternyata airnya masih bersisa aja. 
Buburnya udah jadi kaya kemarin. Jadi slow cookernya gue cabut aja daripada makan listrik. 

Tumben-tumbenan si K baru bangun jam setengah 8. 
Jadi gue baru saring itu bubur pas dia udah bangun. Kali ini gue ngencerinnya pake kuah kaldu. 
Mungkin lebih enak rasanya dan bisa lebih doyan. 

Apakah begitu? 
GA JUGA !! 
Hari ini malah lebih parah dari kemaren. Kalo kemaren masih keliatan ada ngecap-ngecapnya, hari ini kayanya dia cuma nempelin bibir doank, paling hirup dikit trus keluar lagi. Ga lama juga udah mulai geleng-geleng kepala 

Yasudahlah..ga gue paksa. Dengan berat hati bubur yang gue masak sepenuh hati itu dibuang begitu aja *ngga, gue ga mau makan. ga enak, udah pernah nyoba..haha* 

Siangnya dia pup.. Dikit. tapi teksturnya kentel. Syukurlah. Berarti seengganya ada yang kemakan. 

Verdict : thumbsdown


Selama 3 hari makan bubur beras coklat ini, ga ada tanda-tanda alergi sih. 
Sebenernya ada merah2 dikit di dahi, tapi itu kayanya bukan gara2 makanan. tapi lebih dari dia suka ngucek2 muka pake tangan yang bau jigong. 
Di lengan sama lututnya juga ada merah2 dan kasar tapi ini kayanya developed dari sebelum dia makan, entah kenapa. 
*anak cowo tapi kulit sensitip (-__-)* 

Di badannya ga ada apa2, napasnya biasa aja. 
So, g pikir aman lah makan bubur beras coklat. 

Begitulah cerita 3 hari K makan. 
Doakan semoga ini awal2nya aja. 
Semoga ini cuma tahap adaptasi dia aja. Semoga lama-lama K doyan makan. 

Besok rencananya gue mau kasih alpukat aja. Sebodo deh apa kata dokter. Gue mau cari tau dulu anak gue sukanya apa. Biarinin dia rasain banyak rasa. Kasian kan makan bubur beras doank yang ga ada rasa itu. Doakan yaaa semoga besok makan alpukatnya juara !!

12 comments:

  1. Na, MPASI pertama-tama nggak usah berharap banyak. Ada bayi yang langsung hap hap hap, ada yang nggak mau. Maddie juga dulu nggak gitu mau. Gue juga perhatiin dia itu nggak pernah keliatan kepengen kalo liat orang makan. Kan banyak tuh Ibu-ibu yg cerita kalo mereka ngasih MPASI duluan karena anaknya keliatan mupeng kalo ngeliat orang makan. Nah hal ini nggak kejadian sama Madeline. Mungkin gue kurang ngeh atau gimana, tapi tiap anak kan beda-beda. Yang penting kan dikenalin konsep makan. Ntar lama-lama Kenny juga ngerti kok konsep makan. Don't worry about it.

    MPASI pertama Madeline adalah tepung gasol haha.. Karena gue males blender-blender beras. Oh ya kalo temen gue dulu bikinnya Beras disangrai dulu biar wangi katanya. Baru diblender, baru dimasak pake Takahi. Karena rempong gue pake gasol aja *emak pemalas*

    Semangat Na!

    ReplyDelete
  2. Ihhh gue sama kayak si Angel... Pake tepung gasol... Setelah 7 bulan baru pake beras beneran. Itupun gue gak pake rice cooker, tapi gue masak aja di panci biasa yang bawahnya tebel (gue beli scanpan, dia tebel bawahnya tapi gak nempel)gak usah di stir terus kok...

    ReplyDelete
  3. aku nyimak aja deh anakku belum berojol, buat pengalaman dulu aja, hihihihi.

    ReplyDelete
  4. Aku masih ga ngerti soal Mpasi jadi komen soal Kenny-nya aja ya Na.. hihihi..

    Kenapa ya tiap kali liat Kenny pasti kepikirannya salah satu anggotanya 2PM si Wooyoung.. lucuuu, gemesin bangeeet.

    ReplyDelete
  5. aku bingung apa itu Mpasi tapi ketawa2 pas baca ngecheck pub-nya :)

    ReplyDelete
  6. rempong juga ya masak pake slow cooker.. bener2 slooooow..
    berarti ntar gw belinya yg ada high and low nya aja kali ya, biar kyk temen lo, 3 jem mateng hehe..

    ReplyDelete
  7. Iya yah, slow cooker tuh bener2 slow yahh.. :p

    ReplyDelete
  8. awal2 emang baby blom ngerti makanan yg disendokin itu musti ditelen ato diapain.. namanya juga belajar hehee..
    kalo gw sih karna males masak2 lebih seringan bikin labu kuning/kabocha kukus.. tinggal dibejek garpu trus diencerin semau kita hehee..

    ReplyDelete
  9. Na, slow cooker lu kayaknya sama kayak punya gue deh. Gue ga perna pake tu slow cooker jd ga tau ada settingan2 nya. Waktu tu nyokap perna bikin bubur pake itu dia masak dari malem sebelom tidur, pagi2 udah jadi bubur.

    ReplyDelete
  10. sabar, aina. dulu amoy juga awal2 susah makan. buka mulutnya mesti dipancing dulu pake biscuit. tapi sekarangg....dimana ada makanan, di situ ada si amoy. hahahha..

    bikin bubur pake slowcooker gampang kok. yang ga ada setting highlow juga biasanya 2 jam udah jadi. soalnya gue dirumah ada yg kecil tanpa settingan dan yang ukuran medium dengan settingan. ga beda jauh kok

    ReplyDelete
  11. halo mba. masak tepung gasol di slow cooker boleh ya? kira2 brp lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya ga tau klo gasol karena ga pernah pakai..saya selalu masak dari beras.

      Delete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP