Sunday, May 19, 2013

Things i learned

Karena sepertinya temen2 blog-ku banyak yang lagi expecting (anak pertama), diriku mau sharing dikit ya perihal per-baby-an.
Pengalaman pribadi nyari2 info tentang baby itu bikin pusing sendiri saking banyaknya. Jadi semoga dengan apa yang gue tulis disini biarpun ga lengkap, tapi semoga bisa jadi masukan / pengetahuan dan membantu buat persiapan... *smiles*

Tapi ya yang gue tulis disini ada yang berlaku umum ada juga yg berlaku spesifik buat anak tertentu ya, karena kan pada dasarnya tiap baby itu beda2, jadi ga semuanya bisa diterapkan.
Prinsip dasar punya baby itu sebenernya coba2.. dan musti banyak akal...

*******************************************************
Bahwa ASI itu ada 2 jenis. Foremilk & hindmilk
Tadinya sama sekali ga tau, taunya karena suatu hari pas lagi mompa kok ASI g bening transparan hampir kaya air. Padahal sebelum2nya ga pernah begitu. Biasanya ya warnanya putih susu. Langsung googling 'ASI bening' dan baru tau lah tentang foremilk dan hindmilk ini

Jadi yg bening itu namanya foremilk, kandungannya gula. Kalo payudara lagi penuh dan dipompa, biasanya foremilk dulu yg keluar. Lama2 warnanya makin keruh, barulah si hindmilk yg nongol. Hindmilk ini kandungannya lemak. Dua2nya baby perlu..karena ada manfaatnya masing2

Trus kita bisa tau baby kita dapet hindmilk apa ngga itu darimana?
Dari warna eeknya... klo warnanya kuning, artinya hidmilknya dapet. Klo warnanya ijo,brarti cuma dapet foremilknya doank.

Makanya klo payudara udah berasa penuh banget dan mau nyusuin langsung, harus dipompa dulu sedikit biar baby bisa sampe dapet hindmilk sebelum keburu kenyang. Sekalian jaga2 biar ga keselek juga, karena klo payudara terlalu penuh,aliran ASInya jadi deras banget... kadang ampe muncrat kaya aer mancur... hahaha.

*******************************************************

Bahwa 'movement' itu works like magic buat bikin baby diem klo lg rewel atau klo mau bikin baby tidur. G pernah sampe frustasi loh pas Ken nangis terus tanpa g tau kenapa. Sampe googling cara2 bikin baby tenang dan baru tau lah klo movement itu bisa nenangin bayi. Karena dulu g kerjaannya cuma diatas kasur gendong2, tepok2. Yaiyalah ya ga mau diem *maklum ibu ga pengalaman*

Akhirnya g coba keluar kamar dan jalan mondar mandir sambil gendong Ken. Almost always, ga sampe 5 menit, Ken udah merem. Kecuali klo emang ada alesan lain kenapa dia nangis (laper ato eek ato pampersnya udah basah bgt).

Naaaah, kan udah bobo nih di gendongan gue, bgitu mau ditaro di kasur, chances-nya 50-50 antara masih bobo atau kebangun lagi. Klo yg ini sih udah ga ada trick-nya. Udah terserah si Ken. *lap keringet*
Klo masih bobo, sujud sukur, klo bangun lagi ya selamet deh, repeat the same trick over and over again. Sampeee fegeelll dah pokoknya.

Di mobil juga dia bisa tidur anteng, karena movement itu tadi. Bgitu sampe tujuan, kitanya diem, bangun lagi donkk. *Peres selampe,lap keringet lagi *
Entah mengapa ya,mungkin gerakan itu mirip waktu dia masih di dalem rahim,jadi berasa nyaman.

******************************************************

Bahwa ayunan listrik itu adalah teman baik gue untuk saat ini. Setelah menimbang2 dan minta masukkan dari temen, akhirnya dibelilah ayunan listrik yg pake tiang itu (bukan yg model modern jaman sekarang). Karena diriku bukan Xena the warrior princess, berasa rada gempor juga klo tiap kali harus gendong dan mondar mandir sampe Ken tidur. Apalagi dia makin nambah berat badannya, sedangkan gue dalam masa pengurusan badan donk. Jadi ga imbang, lom lagi g sendirian, ga ada orang yg bisa bantuin gantian gendong.

So far, untungnya berguna ya...(klo ga,daku bisa dibacok bapake, udah beli mahal2 tp ga kepake. Jadi klo siang, g tetep usahain Ken bobo di kasur,klo ga mempan, barulah best friend g yg satu ini dikerahkan. Tapi klo malem, masih bobo di kasur sih untungnya. Sepertinya dia sudah tau beda siang sama malem.

Klo ada yg bertanya,kok tidur di kasur (bareng g dan pewe), iya...baby box itu bener ga gitu guna buat kita. Karena Ken klo bobo tipenya yg suka mengeluarkan suara2 aneh, g jadinya ribet sendiri tiap kali denger dia bersuara. Repot bolak balik bangun ngecek dia bersuara itu kenapa. Jadi yasudahlah,mari bobo ditengah2 mama papa. Urusan kata org ntar ga mandiri, kebiasaan sama bau mama papanya, dll dsb, urusan nanti lah. Toh klo udah gede juga pasti ada waktunya dia lepas dari kebiasaan. Malah mungkin emaknya yg nanti ga rela klo harus 'pisah ranjang' sama anaknya. Hahaha

******************************************************

Bahwa BH menyusui paling enak adalah BH menyusui yang buka tengah
model gini nih


Kalo yang buka atas kaya merk Sorex itu ternyata ribet kalo lagi nyusuin, karena bagian yang dibuka itu jadi kena ke babynya, lom lagi klo pake breastpad jadi makin ribet.
Merk Sorex yang bagian putingnya kebuka cuma dikit lebih parah lagi.. duh jgn beli yg model gini. Yang kebuka cuma puting & areola doank, kalo nyusuinnya lagi susah dan beleber2 jadi basah.

Trus kalo bisa sih cari yang ada busanya, karena klo ga, nipple jeplak kemana2, susah cari BH yang bisa dipake kalo mau keluar.

Itu website www.bajuhamilcantik.com salah satu tempat gue beli BH menyusui..
Pernah juga beli di estilamama.com tapi sepertinya yang buka tengah sudah out of stock
Pernah ketemu juga di golden truly gunung sahari.
*karena nyari bra menyusui buka tengah itu rada susah, jadi daku bagi2 info dimari*

*******************************************************

Bahwa botol asi kaca itu perlu banyaaaak sekali bagi buibu yang mau ASI eksklusif dan ASI nya mayan banyak, karena kadang sekali pompa butuh 2 botol, sedangkan yang dikasih ke baby kadang cuma sebotol, kadang nihil (karena langsung mimi dari payudara).
So far gue ada hampir 40 botol kaca plus beberapa botol asi plastik dan pake kantong ASI juga karena kefefet kalo botol kacanya lagi dipake semua.

*******************************************************

segitu dulu aahh
nanti lanjut lagi klo inget yang lain

daaddahhhhh

kembaliiii entertain anak
*nyanyi mulai dari pelangi pelangi, balonku sampe gangnam style*

*lap keringet (lagi)*

19 comments:

  1. Dulu madeline gak mau tidur ditaroh, pasti bangun. Jadi semaleman gue tidur sambil gendong dia *lap keringet*, tapi lama2 juga bisa kok. Sekarang malah kalo tidur lg digendong dia suka menggeliat2 sendiri, mau di kasur gitu. Jadisabar aja ya Na. Ntar malah kangen dijadiin alas tidurnya baby.

    Movement juga gitu, ampe gempor2 deh.

    Nursing bra yang enak punya Mothercare, yang M2B. Tapi nyari nomornya suka susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, lama2 makin kebaca maunya apa. Cuma untuk urusan tidur, g ketolong sama ayunan deh.

      Nursing bra mothercare mehil ya?

      Delete
  2. kalo kita buat nyimpen asip nya pake plastik yang buat asip. trus tinggal masukin ke storage box nya. lebih praktis kalo gua bilang ya dibanding di botol kaca. karena gak makan tempat, trus di plastiknya udah ada label buat ditulisin tanggal dan jam sekalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. G jg ada pake kantong asi, man, tp klo kepepet doank. Di indo kantong asi kurang gitu diminatin sepertinya, krn lebih boros, skali pake. Klo botol bisa pake berulang kali.
      Soal label, g pake label tom n jerry sih di botol kcanya..

      Delete
  3. Infonya sangat membantu loh. Apalagi bagian bra hamil :p
    Setelah lo jabarkan kenapa model itu yang paling enak, gw juga langsung angguk-angguk dalam hati sambil mikir 'bener juga ya'. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu..hehe.
      Coba2 deh din klo bra. Masing2 org kadang beda selera

      Delete
  4. Whoaaa... Aina, makasih banyak yah!! Bener-bener nambah pengetahuan loh ini. Btw, Na, lo kalo nyanyi gangnam style jgn lupa gayanya yah. Buat stimulasi otot si Ken, biar cepet bisa goyang gangnam, hehehe... Sekali-sekali divideoin boleh loh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, di. Aahh gangnam style sudah lewat, skrg goyang gentleman.. *tepok jidat*

      Delete
  5. postingan lu sih ngebantu gw banget loh Na..gw baca2in, gw inget2 dan gw buka lagi pas tiba saatnya! hahahaha..

    ReplyDelete
  6. yup.. berguna bgt postingan lo, Na. *nyatet dulu*

    ReplyDelete
  7. Thanks for sharing... :D

    Ditunggu ya part 2-nya hehe.. *dikasih hati minta jantung*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg sabar ya nunggunya, bakal lama sepertinya..hahaha

      Delete
  8. gw dulu ada 50 botol kaca, awal cm beli 10 takut asi dikit..trus beli 20...30 jadi 50 haha skrg nganggur dong!!!! makan tempat sekontainer di gudang....

    asipnya kepake pas waktu conrad ketahuan ada kelainan jantung krn stress produksi sempet turun...trus kata dokter jantungnya utk nambah berat badan conrad pake sufor BBLR yg kalori tinggi kl asi kalori normal..jd gw pake sufur bblr + asip (kondisi baby tidak bs hisap puting napasnya ngos2an yg masuk asinya gak maksimal)

    hahaha...untung masa2 itu sudah lewat...jujur lebih enak nenen lgs kaga ribet..jaman nenen lgs itu gw perah tiap subuh soalnya bocor2 gitu pdhl anaknya udah nenen (tujuan perah buat stok clarissa sklh) sehari aja gw perah sebotol tiap pagi sebulan dpt 30 botol..krn botolnya gak ada yg keluar simpen freezer kan anaknya nenen lgs..pas gw kombinasi tuh per hari keluar 3-5 botol kombinasi nenen + asip itu bulan kedua...trus bulan ke 3 kombinasi sufor sama asip buat boost berat badan T_T

    emang perjuangan yah na...jia you...tar kalau anaknya udah makan gak gitu empot2an lagi kok hahaha...tapi stress yg lain lagi kalo anaknya gak mau makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. G jg udah 50 lebih nih botol kaca.. skrg udah mulai berkurang intensitas perah, tp sekali perah bisa dpt 3 botol. Padahal keluar dr kulkas kan satu-satu. Jadi pemasukkan lebih besar dr pngluaran, *ngos-ngosan*
      To gpp lah buat stok in case produksi sudah berkurang.

      Delete
  9. eh ayunan listrik itu maksudnya baby bouncer bukan? yang kursi geter2 itu?
    Bh nya boleh banged tuh, ada busanya ya? Slama ini kok bh menyusui gw tipis2 tanpa busa semua, kalo pake baju jadi kliatan aneh deh bentuk PD gw :( Gw cek nti web nya

    Salam kenal ya, gw lagi baca2 blog lu ke belakang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan bouncer, ayunan yg pake mesin, yg goyangnya atas bawah.
      Bra-nya ada busa tp ga gitu tebel. Cukup buat mnghalangi puting jeplak keluar...hahaa.

      Salam kenal juga

      Delete
  10. Ainaaaaa....Ini Fidya... Gw lg nyari review bra menyusui, masuk ke blog ini, trus baca2, lah napa ada nama Pewe disebut? Trus baru ngeh, loh kok yg nulis namanya Aina ya? Spt nya kenal??Maacih loh....membantu sekalii..gw lg liat2 2 link OL shop yg u kasi diatas. Kmrn gw cb beli bra di tokonya Dendy, bentuk cup nya kurang bgs..jd pikir hrs cr yg laen buat kalo pake pegi2....Eh nemu blog elo..

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP