Saturday, April 20, 2013

Menjadi idealis itu ga gampang (Part 2)

Part 2 
- Soal susu menyusui - 

Ideal : Ibu menyusui (ASI Eksklusif) minimal 6 bulan. Pemberian ASIP (Asi perahan) tidak melalui botol, tapi dengan sendok atau cup feeder. 

Manusia emang boleh berencana, tapi semua ditentukan sama yg diAtas. 
Lagi2, dari sebelum lahiran, gue rencana mau kasih ASI dari hari pertama. 
Udah banyak baca2 info tentang menyusui, manajemen ASIP, dll buat modal ntar kalo udah lahiran. 

Tapi apa daya, waktu di RS, ASI gue lom keluar walopun kolostrumnya udah ada. 
Jadi selama di RS, gue cuma usaha nenenin supaya merangsang ASI keluar. 
Gue juga pernah denger kalo bayi baru lahir itu bisa tahan ga minum selama 3 hari karena masih ada cadangan makanan di tali pusarnya. 
Temen gue yang pernah lahiran di RS pro ASI pernah bilang anaknya bener2 ga minum selama 3 hari, dan baik-baik saja. Jadi gue ga khawatir. 

Tapi keadaannya jadi ga semudah itu waktu gue tau K muntah dan muka + badannya ada merah2, kaya pulau2 gitu. 
Aneh memang, kok bisa muntah kalo emang ga ada asupan cairan. 
Seperti yang gue tulis di post sebelumnya, g ga tau apa K dikasih sufor tanpa sepengetahuan gue ama suster RS atau ngga. 
Padahal gue bilang gue mau ASIX dan mereka pun terlihat Pro ASI juga karena beberapa suster berkali2 saranin gue untuk kasih ASIX minimal 6 bulan. 

Lalu dokter anakpun tiba dan bilang klo mungkin K muntah dan merah2 karena alergi susu sapi (semakin aneh) dan suggest gue beli susu HA. 
Berhubung gue orang awam, dan agak panik karena tau K muntah terus, gue mengikuti lah saran dokternya. Gue minta pewe beliin susu yg ada HA-nya. 
Dikasihlah ke K....menurut suster dan dokter sih katanya mendingan, muntahnya udah jauh berkurang..tapi merah2 masih ada. 

Tapi g ga percaya. G lebih percaya kalo K ga tahan dingin. karena di ruang bayi itu ga pake AC, sedangkan di kamar perawatan itu dingin banget. 
Ada suster yang bilang ke gue, K baik2 aja di ruang bayi tapi begitu didorong menuju kamar perawatan langsung nangis. 
K masih betah di dalem rahim sepertinya, masih mau yang anget2.. 

Pulang ke rumah, ASI gue lom keluar juga, dipompa jg cuma setetes2. 
Kira2 semingguan lah K minum sufor, walopun gue masih usaha nenenin juga sambil makanin daun katuk dan kuah2an. 

Sampe akhirnya ASI gue udah lumayan, K jadi udah mulai full ASI. 
It's not easy. karena kadang2 masih suka muntah, atau gumoh. entahlah, terus terang gue masih susah membedakan itu gumoh atau muntah. karena kadang nyemprot tapi sedikit, kadang ngalir kaya gumoh cuma banyak. 

Pertama2, g ga ada stok ASIP, selalu nenenin karena emang produksi lom banyak sampe akhirnya udah makin banyak dan bisa stok, gue stok di kulkas bawah biar bisa dikasih dalam waktu max 3 hari (terutama malem2 kalo gue ngantuk banget, lebih milih kasih ASIP karena lebih cepet) 

Pake apa kasih ASIP nya? 
of course botol 
Sungguh gue ga ngerti caranya gimana kasih ASIP pake sendok atau cup feeder dengan keadaan si baby tangannya bebas bergerak. Yang ada entar muncrat belepotan kemana2. Kalo baby nya dibedong mungkin gampang. 

Dan yang lebih ga memungkinkan lagi, beberapa artikel itu bilang kalo ngasih ASIP itu yang ngasih sebaiknya jangan si Ibu nya, tapi orang lain, dan si Ibu tidak boleh berada di dekat bayi. 

YAELAH, dengan keadaan gue urus sendiri kaya gini, mana bisa kaya gitu. repot bener. 
Alesannya sih katanya takut baby nya bingung puting. Dan takutnya nanti jadi ga mau nyusuin langsung dari puting ibu kalo udah ngerasain enaknya nyusu dari botol. 

Gue ga tau sih ini (bakal) terjadi apa ngga sama K, mudah2an engga. So far dia masih mau nenen langsung, walopun belakangan ini udah mulai susah klo nenen langsung. sering dicopotin, trus nangis, trus mau nenen lagi, copot lagi, nangis lagi, dst... 
tapi gue masih on denial...mungkin itu karena PD gue lagi penuh2nya jadi dia ga nyaman minumnya, terlalu deras alirannya. entah. 

Pernah kepikiran untuk nyerah kasih ASIX, pengen campur sufor. terutama malem. 
Tapi hubby sepertinya ga bakal setuju. 
Temen gue pun yg selama ini jadi sumber pengetahuan tentang ASI ngedorong gue untuk tetep ASIX, pake bawa2 biar anak ga gampang sakit... 
sapa pula yang mau anak gampang sakit yaaak. 

Lagi goyah2nya sama ASIX, gue bbm-an sama satu temen gue yang baru punya baby juga. 
Satu setengah bulan lebih dulu punya baby-nya, tapi ASI dia lom keluar banyak sampe sekarang. 
Pas gue curhat klo full ASI itu cape, tiap malem bisa tiap jam bangun, dia bilang gini 
"gapapa Na.. gue mau, tapi gue ga bisa" 

JLEEEBBB !!! 
my goodness...ga bersyukur banget gue kalo gue yang ASI nya udah lumayan ini malah nyerah gitu aja sedangkan yang pengen banget kasih ASI malah lom keluar2 ASI-nya. 

Lagi konsen2nya sama full ASI, ada aja 'gangguan' untuk putus tali ASIX dengan sufor. 
Kali ini datengnya dari nyokap gue sendiri. 
Baru kejadian beberapa hari lalu, nyokap gue lagi dateng ke rumah dan tiba2 maksa gue untuk kasih K sufor pas malem, biar lebih kenyang dan tidurnya bisa lama. 
Lagipula sayang katanya kalo sufornya ga diabisin. 

Gue yang mempertahankan idealisme ASIX gue kalah galak bo ! nyokap insisted ! 
sampe rada ngebentak gue "CEPETAN BIKININ !" 
(-___-! )q 

dengan berat hati gue bikinin itu sufor. 
Tidurnya malem itu emang agak lama, dari jam 9 sampe jam 12, trus bangun2 setiap satu setengah atau 2 jam. 
tapi gue ga percaya itu karena sufor *kepala batu* 
wong dari 100 ml yang gue bikinin, dia cuma minum 35 ml dan sesudah minum sufor,ga berapa lama dia minta nenen. 

Malam berikutnya juga dia tidur dua setengah jam, dan bangun setiap satu setengah atau 2 jam juga..and itu full ASI, no sufor. 
Jadi mungkin karena lagi enak aja tidurnya kan. 

 Lom genap 2 bulan sih proses susu menyusui ini 
Gue ga tau apa gue bisa berhasil nyampe 6 bulan 
Semoga bisa 

Tapi mungkin pasti ada bolong2nya kalo ada interupsi dari sang Nyokap (-_-) 

Jadi, idealisme Part 2 gue....so far masih baik2 saja..
*kembali mompa*
*botol kaca mana botol kacaaaa (lagi defisit botol kaca)*

HWAITING !!!

7 comments:

  1. semangat terus na!!! :)
    emang harus teguh pada keyakinan. :D

    ReplyDelete
  2. Makasih ya Na karena udah share ini. Buat gw yang belom pernah ngalamin & yakin one day bakal ngalamin, ini ngebantu banget. Jia you, Na!!

    ReplyDelete
  3. Menurut gue kunci utama bisa ASIX itu adalah diri kita sendiri yang harus tutup kuping, tutup mata sama pendapat orang lain. Beneran deh, gue udah kenyang deh disuruh kasih sufor sejak Madeline lahir hari pertama. Sama orang-orang terdekat sendiri lho. Guenya aja yang ndablek setengah mati. Bukan anti sufor sih, cuma kalo gue bisa kasih ASI kenapa harus sufor? Puji Tuhan sih karena kendablekan gue sendiri akhirnya sampe sekarang Madeline masih ASIX.

    Terus satu lagi, take it one day at the time. Nggak usah mikirin sampe berapa lama bisa ngasih ASI ke Ken. Satu hari lagi bisa ngasih ASI ke Ken is another blessing. Kalopun harus berhenti ya syukurilah berapa lama pun itu Ken menikmati ASI. Nggak usah terintimidasi sama orang lain.

    Semangat ya Na!

    ReplyDelete
  4. Na...semangat ya...:) Ya apapun keputusan lo, pasti lo pengen kasi yang terbaik buat Ken, toh. Tetep positive thinking ya.. :)

    ReplyDelete
  5. Go Aina Go Aina, kamu pasti bisa, hehehhe. Emang susah yah Na, temen gua juga sampe panggil lactation specialist ke rumah tapi ga bisa keluar. Akhirnya dikasih sufor deh tuh. Eh, bukannya di Indo ada pijit dada gitu biar susunya bisa banyak yah? Temen gua ada yang panggil, orangnya dateng ke rumah terus diurut gitu.

    ReplyDelete
  6. JANGAN NYERAH!! You can do it!!! Lu tau gak caranya? TUTUP KUPING, BANYAK DOA, BERKEYAKINAN! Asi lu PASTI cukup! Dannnn jangan stress ya ceu :) Dengan lu tutup kuping itu, stress lu menurun, ASI-lu nambah. Dannnn BANYAK MAKAN, BANYAK MINUM :D

    Gue juga ga berbakat pny asi banyak, and keep struggling! Tapi gue udah melewati masa-masa kelabu itu, dan tetep asi gue dikit kok, tapi gue bahagia, so selalu ada ASI buat si kecil. Yuk berjuang! AMIN!

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP