Friday, April 19, 2013

menjadi idealis itu ga gampang (Part 1)

Sebelumnya, g mau bilang kalo post g sebelumnya (dan post2 lainnya) ga bermaksud nyerem2in atau nakut2in loh, terutama buat para calon mommy. Bukan pula berkeluh kesah, g hanya sharing pengalaman pribadi gue dan pendapat pribadi gue aja.
dan bener kata beberapa temen blogger, tiap orang pengalamannya beda2 kok. Badan gue jg bukan termasuk badan yang tahan banting, sebaliknya g termasuk tipe yg sensitif, suka aneh2.
contoh gampangnya aja, stretch mark hasil kehamilan g aja itu banyak banget, sampe ke ujung paha deket lutut.
G jg tipe yg parnoan, jd apa2 suka takutan sendiri, makanya kadang suka over-worried yg sebenernya ga ada apa2.
So, jgn jadi takut jg gara2 baca post g ya. :)

Back to topic

Menjadi idealis itu ga gampang
Part 1
-the helper-

Ideal : seorang ibu yang ngurus anak sendiri, plus ngurus rumah dan suami juga.

Dari sebelum lahiran, g emang rencana mau urus anak sendiri, tanpa suster, tanpa mbak.
Dalam pikiran gue, bisa lah. Klo anak tidur, bisa nyuci, nyapu, ngepel. Pasti banyak waktu luang.
Toh nyuci pake mesin cuci, bisa ditinggal. Semacam membayangkan kalo gue bisa jadi supermom

Boy oh boy, I was SO wrong !

G ngerti skrg kenapa kebanyakkan cewe pulang ke rumah nyokapnya klo abis lahiran.

Bener kata sepupu g, bgitu punya baby, tidur itu bukan lagi 1x8 jam, tp 8x1 jam. Itu udah trmasuk beruntung.
Klo udah pagi/siang,boro2 nyuci,wong bgitu anak tidur, g buru2 ikutan tidur buat gantiin waktu tidur malem yang hilang.

Gue masih beruntung karena tinggal deket ama rumah nyokap, jadi nyokap bisa dateng kapanpun dia mau. Hampir tiap pagi nyokap dateng buat mandiin Ken.
Selain nyokap, mbok yang kerja buat nyokap pun tiap pagi dateng bawain sarapan dan masakin air buat gue & K mandi. Sesekali gue minta tolong buat nyapu dan ganti sprei. Siang dateng buat bawain makan siang, sore dateng bawain makan malem & masakin air buat mandi sore.

Ya,kedengerannya manja sekali. Tapi gue butuh banget bantuan2 itu. Kalo ngga, mungkin gue bisa ga makan dan ga mandi. Karena waktu g makan dan mandi itu tergantung waktu tidurnya K. Kalo dia ga tidur ato at least lagi main sendiri, ya ga bisa g tinggal. Apalagi kalo maghrib.

Itu baru soal manajemen waktu gue makan,mandi,dll. Lom soal ngurus anaknya. Feeding, burping, changing diapers. Cuma 3 hal, tp klo dilakuin semua sendiri, cape juga loh ternyata.
Klo abis nyusu pas ada nyokap, nyokap bisa take over tugas buat burping. Dan itu membantu sekali, krn g jd bisa ngerjain yg lain. Entah cuci botol atau mompa.
Klo ngga, ya semua lakuin sendiri, klo lg anteng, K nyusu bisa 15 menit or more. Burping juga kudu rada lama, krn gumohan, jd g mau make sure klo dah g tidurin dia ga gumoh. Walopun kadang g kalah sama rasa kantuk sih.
Lom proses boboin dia,krn kadang klo ditaroh malah bangun lg.
Jadi ditotal bisa stngah jam-1 jam buat itu semua. Berulang sekitar 1-2 jam, that's pretty tiring for me.

Lom soal kalo lagi rewel. Sebagai new mommy, wajar kalo gue masih clueless soal ini itu. Paling bingung kalo anak udah nangis tanpa lu tau apa sebabnya. Apalg klo nangisnya bukan nangis biasa,tp nangis kejer. Haduh. Bingung maksimal.

Thankfully,Nyokap is a baby whisperer!
Setiap kali ada nyokap, entah mengapa kebiasaan2 yg dia biasa lakuin yg bikin gue bingung itu ga keluar. Anteeeenng banget, bobonya gampang, dan klo lagi nangis2, pas nyokap dateng udah diem aja gitu.

And I think im lucky enough to have a husband who's willing to wake up when his son is crying.
Bantuin ganti diaper, bantuin ambilin kapas, bahkan sesekali dia yg gendong n goyang2in K sampe bobo lagi. Something is pretty magical too with his rocking style. Krn K bisa bobo anteng abis diayun2 sama dia.
Not to mention, tugas ngejemur K pagi2 itu dijadiin father n son moment sama dia. Sampe telat2 ke kantor krn ngejemur K.
♡ you!!

So,the point is. You do need someone to help.
Mau itu bantuan utk urus anak atau at least bantuan utk urus household. Asal jgn bantuan buat urus suami yaaaa..‎​Hahahaha.
Baby sitter, mbak, suami, nyokap, nyokap in law,enci,ade,sepupu, siapapun lah, kalo bisa sih yg emang ngerti ttg baby dan beneran bisa bantuin, bukan yg sekedar pengen main2 ama baby.

Unfortunately, g ada di posisi yang sangat ga bijak klo minta baby sitter ato mbak. Toh g ga kerja, ga ngapa2in jg. Nyokap n hubby pun bukan org yg pro-suster2an (btw, ada yg ntn video cctv mbak yang ngebanting2 baby itu ga sih? Orang gila ye dasar)

Anyway, bukan berarti gue against someone yg emang bisa lakuin semuanya sendiri sih. Good for them! Salute!
Tapi jujur aja klo gue pribadi mungkin bisa gila kalo ga ada bantuan2 yg gue dapet sekarang.

Dan mungkin inilah kenapa biaya jasa baby sitter itu mahal. Krn bantuan mereka sebenernya diperlukan banget (ini utk suster yg bener2 suster ya, bukan suster2 gila)

So, rencana idealis tahap pertama gue gagal.
I admit I cannot take care of everything by myself. That I am not a supermom.

24 comments:

  1. OMG!!! Makin bulet tekad gw untuk import pembantu. Seriously. Jaga kesehatan ya Na... Lo juga jangan kecapean. Ntar sakit malah susah kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Are u expecting, di??

      iya nih, g juga klo dah feeling mau flu buru2 minum vitamin

      Delete
    2. Not yet :( But one day will :) AMEN!!
      Banyak makan sayur-sayuran berwarna juga ya naaa... sama buah juga. Ayo semangka!!

      Delete
  2. iya lah... namanya juga kalo ada bayi tuh semua2nya berubah, jadi ya perlu adaptasi dan perlu bantuan banget pas awal2.

    kita kemaren pas emma lahir, walaupun anak kedua, juga tetep bersyukur banget ada mertua gua yang bantuin selama sebulan pertama. trus ada temen juga yang baik bantuin anter jemput andrew les. emang perlu banget dah bantuan2 begitu. kalo gak ada sih ya kita pasti survive2 aja, cuma pasti setengah mati. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya man, sodara g yg tinggal di luar negri juga tiap kali lahiran pasti minta nyokapnya dateng..
      karena emang ngebantu banget yaa..

      Delete
  3. iya bener, makanya salut bener ya ama yg tinggal di luar negri bisa survive ngasuh 2-3 anak tanpa bantuan dari manapun secara mereka kan orang perantauan..

    tapi bersyukur anak makin gede ga perlu diawasin 24 jam jadi ada waktunya nanti bisa me-time lagi hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuull..salut ama ibu2 di luar negri yang bisa ngelakuin semua sendiri.. hebad.

      Delete
  4. Ngga kok Na, ngga berasa diserem2in/ditakut2in.. justru klo gw, butuh tau informasi semacam itu.. :D nambah wawasan.

    Kyk gw baru tau kemarin (baca di mana gt, lupa) ttg klo kt udah selesai keluarin baby (normal), kita masih harus "ngeden" lagi utk keluarin plasenta.. itu beneran gw baru tau *polos*

    ReplyDelete
    Replies
    1. good to hear that..emang ga bertujuan nyerem2in..
      ngeden kedua kali untuk placenta mahh udah ga berasa, vin.

      tapi abis lahiran perut masih rada nyeri karena kontraksi rahim balik ke ukuran normal..

      Delete
  5. Lo masih idealis kok. =) Lo masih tetep jagain/urusin Ken dengan segenap hati lo, kan intinya lo maw yang terbaik untuk Ken, makanya lo butuh bantuan. Asking for a help itu bukan berarti lo lemah, tapi karena lo bijaksana. Lo tau lo akan keteteran dan malah ujung2nya ngerugikan utk Ken, makanya lo butuh bantuan itu.
    Gimana kita ngeliatnya lagi kok. =)
    As long as you want the best for him, you're still an idealist. ;) Kata dosen gue dulu, idealisme yang benar adalah idealisme yang elastis. Idelisme yang stubborn itu namanya fanatisme.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalimat yang bagus tuh dari dosen lu..heheheh

      thanks ya

      Delete
  6. Baca ini langsung mikir, nyokap jauh di Manado, camer lebih jauh lagi di Jayapura.. Trus nanti dibantuin siapa yah? *mikir keras dari skrg* *padahal kawin aja belum*.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha dijalanin aja dulu
      mana tau ntar situasinya beda hahaha

      Delete
  7. Aduh gw ngakak bc dian mo import pembantu...
    Untung ya na, banyak yg bantuin lu jg & baby lu jg lutuuuuu jadi terobati lah itu semua cape2nya. Moga2 baby ken tidurnya makin teratur jd lu bs banyak istirahat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan di aussie ga ada pembantu, nge..makanya dian mo impor pembantu..hahahaha

      ya bersyukurlah masih ada nyokap en mbok gua itu

      Delete
  8. semangat aina semangat aina!!!! :)
    baby ken, tidurnya sering2 yaaaaa sekarang :)

    ReplyDelete
  9. Itulah kenapa gue hire nanny. 2 minggu pertama gue udah mau gila ngurusin Madeline sendirian. Capek mampus. Nyokap di Gading gak bisa tiap hari dateng, Mertua di Semarang. Hidup gue jauh lebih membaik sejak hire nanny. Padahal tadinya gue juga idealis gak mau pake suster. Tapi emang tiap anak beda-beda sih ya. Madeline bukan tipe bayi yang tidurnya lama soalnya, bangun-bangun melulu, manalah sempet gue kerja ina inu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. i feel you, nonaaa...
      klo nyokap tinggalnya ga deket juga mungkin gue udah nyerah..

      manusia sekecil itu bisa nguras tenaga kita banyak banget yaa
      *lap keringet*

      Delete
  10. Gue setuju ama komen nya "sanguines", Na...menyadari kalo kita perlu bantuan itu bijaksana banget....dan tujuan nya khan tetep untuk kebaikan keluarga loe....
    Semangat yak!

    ReplyDelete
  11. Ainaaaa lo itu masih idealis looo walau ga gampang. Four thumbs up! :D
    Na, gue itu udah 'dipaksa2' nyokap gue cari ART (a.k.a pembantu rumah tangga) dari sejak merid, akhirnya abis Lebaran taun kemaren gue nyerah juga, karena walaupun 'cuma' kerja di rumah...cape ya booo ngurus rumah sambil cari duit...apalagi waktu itu kita mau plan punya baby. Gue ga kebayang deh gimana caranya sendirian ngurus rumah+kerjaan+baby.
    Na...cari ART yang harian aja, yang dateng pagi-siang gitu misalnya. Lumayan kan bantu2 nyapu+pel+nyuci baju+botol. Cucian baby kan banyak banget. Hebat banget dirimu :)

    ReplyDelete
  12. Sama kaya lu, tekad gua juga mau ngerjain semuanya sendiri. Biar dikata mama gua juga ada disini (beda rumah), tapi tetep mau semuanya sendiri. Mungkinkah? Hehehehhe....

    ReplyDelete
  13. Na, dari awal gue udah tekad pake Nanny, yang bener-bener Nanny ya, yang lulus dari akademi. Bukannya kenapa-napa. Gue tuh percaya, kalau kitanya "waras" kita jadi lebih bisa konsentrasi ngurus anak. Justru kalo kita terlalu lelah, kita malah bisa mengabaikan hal-hal yang penting. Jadi memang lebih baik, menjaga insanity level kita at the lowest point. Punya nanny pun bukan berarti kita harus santai2 ya. Tetep harus kita pantau dan kita ajarin juga. Tapi yah at least mendingan. Eh iya, so far, dari gue lahiran sampai sekarang, gue gak dibantuin nyokap maupun mertua at all. Cuma sama si Sus aja.

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP