Wednesday, March 6, 2013

Bell's Palsy

So...yup..
Di kehamilan 38 minggu ini, g terserang penyakit Bell's Palsy.
Buat yang belum tau, Bell's Palsy itu penyakit yang menyerang syaraf ke-7, yang menyebabkan melemahnya sebagian syaraf2 wajah (biasanya antara kiri atau kanan, bisa juga keduanya tapi jarang).

Penyebabnya? berdasar penjelasan dokter sih ada 3.
- virus
- radang
- alergi

Untuk kasus gue, dianggepnya kena alergi. dari angin, ya karena gue klo keringetan suka lgsung kenain angin, krn ga tahan panas (T_T) *serba salah*

Dari info yang gue dpt juga bilang kalo bumil beresiko 3x lebih tinggi kena Bell's Palsy. *tapi kok ya g ga prnah denger sodara ato temen g (yg lg hamil) ada yg kena penyakit ini, jadi ya emang suwe2nya gue deh *huhuhu*

Gejala awalnya itu mata kiri gue kedut2an.
Lalu tiba2 kalo minum, airnya suka keluar lagi.
'Gong'-nya buat gue adalah waktu g sikat gigi pagi2, pas kumur kok airnya nyembur2 keluar, bibir g kaya ga bisa nutup sempurna.
Dan mata kiri gue makin ga enak, pas mau ngedip sebelah kiri lah kok ga bisa. Yg kanan ikutan nutup, ga biasanya.
Tau kalo ada yang bener, g langsung ngaca dan nyengir, TARAAA.. mencong aja donk bibir g.
By then, I knew I had this disease.

Bbm pewe,kirim foto bibir menyong gue (yg mana bikin dia cukup shock)
Dan kemudian sms om dokter kandungan buat mastiin aja klo gue bener kena Bell's Palsy dan minta petunjuk/referensi lebih lanjut.

Om dokterpun bilang bener g kena Bell's Palsy dan dia suruh g cek ke dokter syaraf.
Malemnya g lgsung konsul ke dokter syaraf dan positip Bell's Palsy.
Jangan bayangin yang muka gue bener2 menyong sana sini y.  kasus g masih tergolong ringan, kalo liat muka g lagi diem ya biasa aja, kecuali g nyengir, br keliatan miring.

Karena lagi hamil, jadi dikasih prescription vitamin aja,ga bisa dikasih obat krn obat utk BP masuk golongan steroid & bumil ga boleh konsumsi obat golongan steroid.

Disuruh fisioterapi di hari ke-6,entah kenapa.
Tadinya dijadwal hr Rabu,tp g pegi hari Selasa,karena feeling aja harusnya makin cepet makin baik.
Di rumah klo mandi g skalian kompres muka pake aer panas sih, biar at lest ga tambah parah.

Hari Selasa sebelum fisioterapi,konsul dulu sama dokter rehabilitasi medik, yang bilang seharusnya begitu kena langsung fisioterapi, jadi lebih cepet sembuh.
Entah yg mana yg bener.

Then lanjut fisioterapi, dimana bagian leher belakang kuping dipanasin pake alat gitu, so does muka sebelah kiri.
Abis itu pake alat lain muka g disetrum setrum, rasanya antara kaya dicubit ato ditonjok..

Disela2 session penyetruman itu, suster yang nanganin gue bilang kalo kasusnya masih ringan kaya gue sebenernya gausah pake fisioterapi juga gapapa
Rajin2 kompres sendiri aja di rumah, sminggu juga sembuh.

Baiklah, g jg rencananya cuma mau nyobain aja fisioterapinya kaya apa.
Yaaa..jadinya saya skrg kompres muka sendiri *tenteng setrikaan kemana2*
Doakan saya ya manteman, biar cepet sembuh.
Walo dokter2 & suster bilang ini ga pengaruh sama sekali ke kehamilan & proses lahiran, tapi ya kalo udah sembuh duluan kan daku lebih tenang.

NB : dan taukah kau..hari ini mata kanan masa ikutan berulah. BINTITAN !
*tepok jidat*

17 comments:

  1. Duh :( Semoga cepet sembuh ya Na! :)

    ReplyDelete
  2. ya ampun na.. kok ada2 aja sih.. moga2 cepet sembuh ya!

    ReplyDelete
  3. Aduh, Aina.... cepet sembuh ya. Kata orang, kalo pas hamil ibunya sakit, anaknya jadi kuat soalnya dapet "imunisasi alami". Moga2 bener ya :)

    ReplyDelete
  4. Na, moga2 cepet sembuh ya.... minta pewe supaya lebih sering elus2 muka lu gitu kali2 lebih manjur hehehe.. Dokter bilang klo udah lahiran ya otomatis bakal sembuh kan?
    Soal bintitan, nyokap gw tiap lahiran pasti bintitan na jadi itu wajar keknya coz ada bbrp org yg gt. lu sering2 kompres jg biar ga terlalu bengkak.

    ReplyDelete
  5. Semoga cepet sembuh ya na, pasti dede tar sayang banget nih sama mommy nya, abis mommy nya dikerjain banyak banget selama dede di perut ya hehehe

    ReplyDelete
  6. Aduhh..Aina. Get well soon ya. Moga2 sebelum dede keluar, elu udah sehat lagi

    ReplyDelete
  7. peluk peluk .. cebet sembuh!!!!!! :)

    ReplyDelete
  8. ya ampun na.....moga2 cepet sembuh ya.......

    ReplyDelete
  9. Wah gue baru denger nih penyakit ini. Cepet sembuh ya Na *peluk*.

    ReplyDelete
  10. Ya ampun tinggal sebentar lagi due date nya... semoga cepet sembuh ya :D
    Gue serem tiap baca soal BP, soalnya kayak stroke gitu sih ya gejalanya.

    ReplyDelete
  11. Aina... get well soon yah!!!!

    ReplyDelete
  12. Semoga cepat sembuh ya Na..

    ReplyDelete
  13. Halo mba.. sy jg lg hamil tinggal tunggu due date aja nih eh malah kena bellspalsy. Sy mau tanya dl mba lahiran secara normal atau sc? Pengobatan bellspalsy nya setelah melahirkan atau gmn mba? Brp lama sembuh nya? Dan ada pengaruh sama asi nya ga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..saya lahiran normal mba.
      Pengobatan bells palsynya sebelum melahirkan karena kalo nunggu lahiran kayanya malah kelamaan ya. Ga bagus jg kan itu ke syaraf.

      Tapi karena lagi hamil ya ga bisa konsumsi obat steroid. Jadi cuma terapi yang dipanaskan aja gitu bagian mukanya. Tapi aku bandel juga sih cuma terapi sekali sisanya kompres2 panas sendiri di rumah. Aku ga inget berapa lama sembuhnya. Mungkin sembuh total 2 mingguan.

      Ga ada pengaruh sama sekali ke Asi. Walo asiku telat keluarnya tapi setelah itu melimpah.

      Semoga membantu

      Delete
    2. Hai..saya lahiran normal mba.
      Pengobatan bells palsynya sebelum melahirkan karena kalo nunggu lahiran kayanya malah kelamaan ya. Ga bagus jg kan itu ke syaraf.

      Tapi karena lagi hamil ya ga bisa konsumsi obat steroid. Jadi cuma terapi yang dipanaskan aja gitu bagian mukanya. Tapi aku bandel juga sih cuma terapi sekali sisanya kompres2 panas sendiri di rumah. Aku ga inget berapa lama sembuhnya. Mungkin sembuh total 2 mingguan.

      Ga ada pengaruh sama sekali ke Asi. Walo asiku telat keluarnya tapi setelah itu melimpah.

      Semoga membantu

      Delete
  14. Halo mba.. sy jg lg hamil tinggal tunggu due date aja nih eh malah kena bellspalsy. Sy mau tanya dl mba lahiran secara normal atau sc? Pengobatan bellspalsy nya setelah melahirkan atau gmn mba? Brp lama sembuh nya? Dan ada pengaruh sama asi nya ga mba?

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP