Thursday, February 7, 2013

tulungin bumil clueless ini...

buibu.. yang sudah berpengalaman.. tulungin daku donk..
g punya beberapa pertanyaan nih. bingung mau nanya siapa, mau google udah pusing duluan. Jadi mending nanya dimari aja deh, mumpung banyak buibu yang udah punya anak duluan.

Mohon maap dan harap maklum kalo pertanyaan2nya mungkin ada yang terdengar bodoh...hahahaha

1. Barang2 esensial apa sih yang harus dibawa ke rumah sakit pas mau lahiran?
Buat gue dan buat baby-nya. Denger kiri kanan, beda-beda semua. Jadi bingung mana yang bener2 ga perlu dibawa karena gue ga mau kaya orang pindahan.
Yang sementara udah nangkring di tas atau yang udah gue tulis di list itu ini :
- Peralatan mandi
- Gurita / korset buat gue
- Sarung
- Kaos kaki
- Baju buat pulang
- Baju ganti yang kancing depan biar gampang klo mau nyusuin
- Breastpad

Pembalut perlu ga sih?
Breastpump?

Buat baby-nya :
- Baju buat pulang (termasuk bedong, sarung tangan, sarung kaki, topi ,dll)
- Selimut buat gendong pulang
- Disposable diapers / popok kain

2. Pas mau lahiran, gue ke rumah sakitnya better pake baju kaya apa ya biar lebih convenient? 
mendingan model daster kah ?
soalnya selama ini gue tiap hari masih pake t-shirt ama celana aja gitu, karena lebih nyaman pake celana kalo di toko.

3. Tentang dispo diapers
Gue rencananya langsung mau pakein dispo diapers klo buat malem.

Size newborn sama S itu ukurannya beda jauh ga sih?
Mending beli langsung S apa tetep kudu ada yg ukuran Newborn? 
Trus klo tetep perlu ukuran newborn, kira2 kudu stok berapa banyak ya?
Sayang kalo udah stok banyak ternyata ga kepake, karena baby kan cepet gede yak.

4. Masih tentang dispo diapers
Any recommended brand?
Kalau ada yang bisa kasih review perbandingan beberapa brand mungkin lebih mantap.
Sumpah puyeng kalo bediri di diapers section di supermarket, ga ngerti bedanya apaan karena ga bisa pegang bahan juga kan.

5. Suster-suster yang ngebantu kita pas proses lahiran atau yang bantu ngerawat kita itu perlu dikasih "selipan" ga sih? just out of courtesy gitu..
karena ada yang pernah ngomong ama gue, dia kasih "selipan" ke suster2 yang ngebantu istrinya pas mau lahiran dan kerjanya jadi rajin en semangat gitu. hahahahahaha. Tapi masa iya sampe segitunya.

6. Kalau misalkan mau suntik epidural, sebaiknya dari awal-awal pembukaan atau nunggu sampe gue bener2 ga tahan ama sakitnya ya? 
Ada yang bilang mendingan dari awal, ada juga yang bilang jangan dari awal-awal karena epidural itu sifatnya sementara.
Untuk satu ini sebenernya bisa nanya dokter sih ya, cuma gue baru ketemu dokter Sabtu ini.. Ya anggep aja buibu sekalian sumber second opinion saya. 

7. Kalo gue udah ada tanda-tanda mau lahiran, kan perlu hubungin dokter ya. Cara yang sopan itu ngomongnya gimana ye? *hahahaaha*
Apa aja yang perlu gue noted buat diinfoin ke dokternya ya? mules udah berapa menit sekali dan berapa lama gitu ya?

8. Beberapa pertanyaan diatas berlaku buat lahiran normal *gue pede banget ye kaya udah pasti normal, tapi ya buat yakinin subconscious mind aja biar beneran bisa normal*
Tapi kalau misalkaaan gue akhirnya harus c-section, ada perbedaan ga ya? dari barang2 yang kudu dibawa ke RS atau persiapan2 lainnya..

9. sementara kayanya ini dulu deh.. perasaan kemaren pertanyaan di kepala gue banyak banget tapi mendadak hilang ingatan.. (-_-)

Makasih loohhh..

12 comments:

  1. Gue coba bantu ya (semoga membantu).

    1. Sebenernya sebagian besar perlengkapanlu, sudah disediakan RS. Semua yang lu tulis di atas buat emaknya itu, gak usah, kecuali baju pulang. Kaos kaki boleh lah kalo lu takut kedinginan. Baju di RS pake seragam yang disediain aja, buka depan juga netek jadi gampang. Sarung kagak usah. Gue malah bawa berdasarkan list, ehhh tau2 gak kepake semua, kecuali PEMBALUT! di RS disediain, tapi mendingan elu beli charm yang 41 cm deh! Lebih enak dipakenya.

    Buat anak, popok disposable juga disediain sama RS. Jd cuma bawa baju pulang sama bedong n selimut.

    2. Gue pake celana dan baju pergi biasa, nanti juga diplorotin. Gak masalah pake baju apa aja, toh nanti either lu diplorotin kayak gue, atau diganti baju RS.

    3. Mending beli newborn yang buat malem, ga usah gede2 yang isi 40-an aja. Soalnya kadang S suka kegedean.

    4. Brand itu gak ada yang the best or the worst. Anak gue surprisingly cocoknya pake Pampers yang murah, dibandingin pake Nepia yang lebih mahal. Tar mending lu minta sample2 aja, cobain satu2, ketauan lah. Coba dari yang murah dulu, kalo cocok, kenapa mesti pindah ke yg mahal? Hihi.

    5. Gak usah. Itu tugas mereka, dah ada di sumpah jabatan. Kecuali rumah sakit lu tipe yang rebutan perawat ( I know some hospitals yang kayak begitu).

    6. Mendingan lu tahan dulu sampe lu kayak orang gila sakitnya hehehehe... Bates, sampe bukaan 5.

    7. Cukup kontak ke RS. Apalagi dokter gue tipe yang ngga kasih nomer telepon. Intinya, santai, ga usah panik.

    8. Setau gue kagak ada.

    9. Don't worry be happy! Jaman dulu anak ngebrojol ga pake apa2 hahahahaa...

    ReplyDelete
  2. elo rumah sakitnya apa, kayanya tiap RS beda2 kali yah peraturannya...kalau gw dl hermina podomoro

    1. Yang dibawa ke RS

    UNTUK GW : bawa peralatan mandi (sebetulnya sih dimandiin sama suster + dpt paket dari RS kena charge tp gw SC) tp gw cocok pake sabun punya sendiri soalnya gw dilarang keramas jd percuma toh bawa sampo,

    gurita (RS juga sediakan tp kena charge), kaos kaki takut dingin, bawa guling kl gw gak bs tidur hrs ada guling rmh haha,

    baju pulang sama pergi gw sama yah model baju hamil deh wkt clarissa legging + atasan hamil pas conrad dress baby doll jd pergi plg pakenya sama,

    breastpad kayanya belom kepake tapi bawa aja 2-3 pasang jaga2 asi lancar,

    bawa softex charm 41cm soalnya dr RS itu gak ada lem trus kecil pendek yg ada jadi oglek2 diiket ke CD jd darah berceceran kl gw istilahnya dipake gak mantep deh apalagi habis SC kan dikateter pipisnya gak pake cd, itu softex di cangklong iket nempel sm gurita hahaha...tapi habis pake CD gw tuker charm 41cm itu dl pernah gak dikasih alasan RS kalo softex oglek2 keliatan pendarahannya gimana jd bisa dipantau sdkg kl charm gak ketahuan (gak ngerti juga liat dr mana) maksudnya kl ada apa2 bs lgs ditindak intinya softex disediakan di RS kl yg oglek2 gw lupa merk apa

    bawa breastpump pas conrad gak kepake krn rasa nyeri gak berasa jd gampang gw lgs nyusuin, pas clarissa gak bw malah butuh pinjem dr RS antri krn masih nyeri gw susah nyusuin lgs akibatnya bengkak kaya batu kiri kanan trus ngucur gak berenti sampe pas di pencet suster gw nangis gigit anduk suakiteeeee polll, gw sampe meriang juga deh heheheh...

    yah kl mau bawa breastpump jaga2 boleh bawa, jgn lupa bawa botol susu juga buas simpen ASIP....

    trus buat dokumentasi kamera, handycam, BB, semua charger hahaha...gw sama bawa baby book, habis lahiran minta cap tapak kaki + tapak tangan baby + ttd obgyn hehe...beli buku di kinokuniya

    bawa sendal jepit krn gw dua2 SC (sungsang) jd dingin kl napak lantai langsung...

    UNTUK BABY selama di RS : gw bawa topi sama sarung tangan kaki soalnya dl gak disediain RS pas clarissa kasian kedinginan, pas Conrad sih topi udah ada dr RS, wkt clarissa bawa anting, habis lahir jd lgs tancep hahah tapi elo kan baby boy :D


    UNTUK BABY pas pulang : baju pulang,baby blanket, bedong, diaper buat pulang
    gw dua2nya dulu kamar utama jadi sendiri bisa taro barang lbh banyak...kl kamar yg rame2 gw gak tau deh space taro barangnya gimana...kebetulan pas Conrad gw bawa baby gift, yg jenguk langsung gw kasih gift biar gak repot sebulanan bagi2 manye hahaha...

    2. Baju mah enaknya elo aja pake apa, pas lahiran nanti ganti baju RS kok. Jadi kalau gw baju pergi sama pulang sama (sesuai penjelasan diatas)

    3. Tetep perlu sih sz newborn, kan kita gak tau nanti berat bayinya berapa paling gak stok 1 pak aja, nanti kl emg kurang suruh suami beliin lagi (kalo takut stok banyak2 gak kepake) gw dulu stok 2 asumsi cepet pake S kaga taunya kan conrad ada masalah jantung, jd yah selama 3-4 bulan dia pake new born loh >.< sedih gw

    4. ini cocok2an sama kulit bayinya hahah kl anak gw dua2nya pake mampok, gak pernah coba merk lain sih habis type kulit mereka sensitif...pernah coba merk pampers tapi gak cocok (maklum emak2 tergiur diskonan)btw mampok gw ada tuh sisa sz S 3 pak, mau beli gak 60rb deh jual murah hahaha

    5. gw sih kaga kasih selipan apa2, kecuali pas pulang ada suster bantu bawa bayi dari kamar bayi sampe mobil...itu kasih angpao aja jd sekedarnya di amplop putih wkt clarissa kasih goban, pas conrad ksh cepe itu doang yg gw ksh

    6. gw karena SC gak bs bantu hehe

    7. gw krn SC udah tau tglnya, dtg aja lgs ke RS malam sebelomnya (jadwal lahiran pagi2) sekalian cukur rambut bawah + puasa kl lahiran normal mgkn kl berasa udah mau lahiran dtg aja, nanti pihak RS pasti hub dokternya kan..

    8. siapin fisik sama mental aja hehehe

    9. jia you na :) semoga membantu

    ReplyDelete
  3. eh gua bukan buibu tapi boleh ikutan gak? huahaha

    1. gua rasa tentang apa yang dibawa mah gak terlalu mesti ini atau itu. lagian ntar setelah lu udah lahiran kan pasti masih ada yang bisa bawain dari rumah (suami/ortu kan pasti pulang rumah dan balik RS lagi). jadi dont worry too much! apalagi tentang baju untuk pulang, that's not necessary. yah kalo emang udah disiapin ya gpp, tapi kalo sampe ketinggalan pun it's ok lah.. masih ada waktu. :D

    lagian di RS kebanyakan apa2 pasti udah ada kok. tentang baju pun, sampe RS bakal dipakein baju rumah sakit. yah paling intinya kalo pergi ke RS pake baju yang nyaman aja ya... jangan pake gaun pesta misalnya. huahahaha.

    dari list lu sih gua bilang udah komplit bener. breastpump juga not really necessary. kalo sampe perlu dan gak sempet ada yang bawain pun di RS biasa tersedia breastpump yang listrik yang bisa dipinjem.

    kalo gua boleh nambahin dari list lu, justru jangan lupa bawa charger hp! :D dan suami lu udah boleh siap2 kalo tiba2 mesti ke RS dia mau bawa apa. misalnya buku atau laptop.

    2. eh ini tadi gua udah jawab diatas ya. yang nyaman aja. asal bukan baju pesta. huahaha. toh sampe RS juga bakal digantiin ama baju RS kok.

    3. size newborn ama S itu beda! perlu beli newborn size buat bayi pas baru lahir. belinya 1 pak aja kalo gua bilang. ntar liat2 lagi anaknya segede apa. kalo anaknya kecil ya kalo kurang baru beli lagi kan. tapi kalo anaknya gede mungkin abis itu udah gak pake yang ukuran newborn lagi.

    4. brand diaper itu cocok2an!
    dulu kita pertama2 pake merk goon. belinya di baby shop di mangdu gitu. karena berdasarkan pengalaman sepupu gua katanya goon paling bagus dan gak bocor. tapi rada mahal kalo gak salah, akhirnya kita ganti huggies dan cocok ama huggies. pernah nyoba pake mamipoko tapi kok bau, jadi kita gak pake lagi. tapi ada temen gua yang cocok banget ama mamipoko.

    buat emma, lebih gak ribet ya malahan ama brand diapers. kita kadang beli huggies, kadang beli pampers. yang mana yang pas lagi lebih murah aja deal nya. huahahaha.

    yang penting kalo gua sih gak mau beli generic brand. merk2 gak jelas gitu. yah cuma sekedar takut kalo bahannya gak bagus trus bikin rash aja.. walaupun ya pada kenyataannya ada temen gua yang pake generic brand tapi gak kenapa2. soalnya emang balik2 masing2 anak beda2 sih ya kulitnya juga...

    jadi mesti dicoba2 emang kalo tentang brand diapers. tapi gua suggest coba huggies.

    5. wah kita sih gak pernah ngasih selipan ya. tapi mungkin bener juga ya kalo di indo biasa kalo dikasih selipan bakal lebih baik ya. huahahaha. tapi kita sih gak sih. ngapain jgua. emang itu tugas mereka kan...

    6. yah jangan dari awal dong. nanti kalo abis sebelum melahirkan gimana. hahaha. setau gua mesti pas udah active labor baru boleh disuntik epidural (di atas pembukaan 4). tapi CMIIW ya... mesti tanya dokter lebih baik...

    7. telpon dokter atau telpon ke RS bagian bersalin. ceritain aja semua kondisi yang lu alami saat itu. nanti mereka yang bisa tau apa itu emang tanda2 mau melahirkan atau gak, atau emang lu kudu segera ke rumah sakit atau masih tunggu di rumah aja. ceritain sedetil2nya...

    yang pasti gak usah panik. dari sejak lu mengalami tanda2 mau melahirkan (ketuban pecah, bloody show), itu biasanya pasti masih banyak waktu kok sampe nanti anaknya bener2 lahir. bukan yang begitu ketuban pecah dan bloody show trus menit itu juga bayinya lahir. enggak. jadi jangan panik. :)

    8. gak ada beda. sama aja. :) yang penting mau lahirannya normal atau c sec, jangan lupa berdoa ya! :)

    ReplyDelete
  4. Salam kenal ya na.. G cb bnt jwb berdasarkan pengalaman g yah...

    1. Dari daftar lu smua uda sama ky yg g bw, tp g ga bawa baju kancing depan, soalnya baju rs jg terbuka. Jd ga perlu baju ganti. Paling baju pulangnya bawa yg kancing depan biar bs nyusuin kl si dede laper di mobil.
    Yg kurang dari list itu washlap 2 biji. Buat kita pas dimandiin kering sm suster di hr pertama (eh, g caesar tp yah na)
    Memang smua nya disediain di rs (g di f***ly) tp smua2 dicas. Dan krn g terpaksa hrs caesar (anak ke2, wkt pertama ada sobek vertikal jd ga bs normal lg) jd g berusaha untuk menekan cost dgn menyediakan sendiri smua2 yg bs di bawa.

    Pembalut kalo g wkt itu dikasih yg cukup panjang di rs, tp ga tau merknya apa.
    Kl breastpump g ga pernah pake, krn emang ga berencana untuk pump. Jd setiap x langsung dr sumbernya. (sbnrnya males mikirin mst nyuci botol dll, hehehe)

    Buat baby, topi yg plg penting kl g na. Soalnya pengalaman anak pertama, kaga mau lepas dr nene*, ternyata bukan karena laper, tp krn kedinginan kaga g ksh topi. Begitu kepalanya ditopiin netenya ga sedashyat sblmnya.
    Diapers diksh 1 pak sm rs. Hrsnya sih ga perlu bw lagi.ckp buat 2-3 hr.

    2. Baju pake senyamannya aja na. Bnr kata yg laen2. Ntar bgt nyampe jg diganti sm bj rs.

    3. Sepakat sm arman n mamipapa. 1 bungkus dl new born. Sayang kalo ga kepake ntar. Kaya g, smgt 45 kl pas diaper lg diskon, sll beli stok banyakan. Akhirnya msh sisa 3 bungkus krn anak g uda lepas diapers sblm ntu diapers abis pada...

    4. Iya, merk diaper cocok2an na. Tp biasanya yg plg umum pampers, mamipoko sm huggies. Anak ke 1 g cocok mamipoko, kl pk pampers dulu bahannya banyak yg nempel di badan d. Kaga ngerti knp. Tp anak ke 2 g. Bs pake pampers sm mami poko.
    Kalo huggies kurang cocok, lupa knp ga cocoknya. Kecuali yg huggies pants, bisa
    pake mereka.

    5. G ga kasi selipan apa2. Ga kepikiran jg wkt itu.

    6. Yg ini kaga paham na, soalnya g anak pertama rncn normal. Tp abis pecah ketuban ga ada bukaan sm sekali. Tetep di bukaan 1 slm 34 jam, slm itu diksh 3 pil buat bukaan, diinfus. Ttp aja kaga ada mules2 sm kaga ada bukaan.
    Jd abis itu lgsg di caesar...

    7. Kl g lgsg pecah ketuban na wkt anak pertama, jd lgsg lari ke rs. Kakaka...

    8. Bedanya di washlap doang x ya na. Hahaha...

    Moga2 jawaban g ga bkn lu tmb bingn ya na... N moga2 bs bantu...

    ReplyDelete
  5. cuma mau nambahin aja.. bayi di hari-hari pertama pup-nya sering, bisa sehari 10x (tapi tiap bayi beda) jadi gw sih pakein popok kain biasa walopun malem hari biar gampang cek-nya. Kalo pake dispo diaper lebih susah intip pantat si bayi, tau-tau si baby udah bergelimang dalam pup-nya selama beberapa jam, kasian.. tapi setelah frekuensi pup-nya berkurang gw pakein dispo diaper juga kalo malem.

    Kalo mau kasih tanda terima kasih ke suster enakan berupa makanan/buah.. kalo uang kayanya gimanaaaa gitu, hehee...

    ReplyDelete
  6. So far yang udah felicia mamipapa jelasin sama kayak gue. soalnya gue juga lahiran di hermina. Mereka ga sediain baju sama sekali, jadi mesti bawa dari rumah.

    tambahin aja : pampers buat new born, gue pake goon. mamipoko juga ok kok. Kay ga cocok sama merk laen. LAngusng bruntusan. Sekarang dia pake mamipoko. yang warna biru ya..bukan yang standar (warna kuning). ga usah banyak2 stock. apalagi kalo elu cuma pake buat malem aja, sementara siang pake popok kain. gue begitu soalnya, makanya max 2 pax cukup untuk 1 bulan.

    Soal selipan, gue jg sama kayak feli. Di hermina setiap kita pulang , ada 1 suster yang anterin ke mobil, dan biasanya sih gue juga kasih tips.

    udah itu aja. hehehe..yang laen udah kejawab semua.

    selamat berjuang, Na. lu pasti bisa! :-)

    ReplyDelete
  7. semuanya udah ngasih penjelasan lengkap bangettt...

    untuk baby: dulu gw disediain RS diapernya dan so far anak2 gw sih ga ada yang iritasi
    gw ga ada tanda terima kasih ke suster secara kita disini ga ada perlakuan khusus hehehe.. kecuali mngkn kalo elu pake yg kamar VIP yah..

    sekarang yang penting, tiap hari berdoa diberi yang terbaik.. baby sehat lahiran lancar. dikuatin hatinya.. setelah ini tugasnya lebih buanyak... :)

    ReplyDelete
  8. gw belum siap nih tas lahirannya... *panik*

    gw kemarin sempet minta daftar dari RS karena clueless mau bawa apaan. ternyata gak sebanyak daptar yg kita dapet dari google. Mendingan tanya ke RSnya mereka ada gak daftar barang-barang yg musti dibawa. Meskipun daptarnya sedikit tapi rata2 barangnya gw lom punya jadi sekarang baru sibuk beli-beli nih. Mana KK dan KTP gw sama suami belom siap juga. pasrahhhh aja deh gw.. kalo tar brojol tapi tasnya lom siap minta tolong nyokap ambilin aja dirumah. Jarak RS ama rumah mayan deh jadi kalo ada yg ketinggalan masih bisa diambilin.

    ReplyDelete
  9. 1. Mending tanya RS-nya, karena tiap RS beda-beda policy. Rata-rata sih udah disediain semua, kaya baju selama di RS, toiletries, pembalut. Tapi saran gue sih toiletries & pembalut bawa sendiri aja, kan takutnya nggak cocok.

    Breastpad & breastpump gak perlu lah dibawa, awal-awal gitu ASI masih dikit banget, mending langsung disusuin ke baby-nya aja, sekalian belajar nyusuin.

    Dan yang paling penting adalah: Dokumen untuk bikin akte kelahiran! List-nya tanya sama pihak RS.

    2. Pake apa aja ok kok, sampe di RS juga bakalan dicopot dan diganti sama seragam RS.

    3. Beli ukuran Newborn yang isinya paling dikit beberapa merek. Terus dicobain dulu ke baby-nya. Dulu gue coba Pampers & MamyPoko. Pampers jatohnya nggak pas di badan Madeline, bagusan MamyPoko jadi terus lanjut pake MamyPoko.

    Beli size Newborn juga 1 pak aja dulu, kalo mau abis baru beli lagi. Toh supermarket ada dimana-mana. Pengalaman dulu gue malah nyisa 1 1/2 pak ukuran newborn. Akhirnya gue kasih ke orang yang baru lahiran.

    4. Diapers ini cocok-cocokan. Jadi cobain aja semua dulu, kalo udah nemu yang pas ya udah pake itu aja. Nggak usah yang mahal-mahal, wong cuma buat dipipisin/dipupin doang kok, yang penting nggak ruam aja.

    5. Menurut gue gak perlu ya. Itu kan udah kerjaan mereka. Gue malah baru pertama kali ini denger ngasih tips ke tenaga medis.

    6. Nah ini terus terang gue gak tau, karena gue gak pake epidural. Amannya tanya dokter.

    Kalo menurut gue sih sampe lo nggak tahan aja, karena kan toleransi orang terhadap rasa sakit beda-beda. Ada yang bukaan 2 udah jerit-jerit, ada yang udah bukaan 7 masih santai.

    7. Nggak tau sama dokter lo sih, kalo dokter gue dulu ngasih no hp-nya, jadi begitu mendekat lahiran gue teror terus pake SMS. Sampe akhirnya yg nyuruh ke RS itu juga dokternya.

    Kalo dokter lo nggak ngasih no hp, begitu kontraksi lo ke RS aja, ntar kan pihak RS yg hubungi dokter.

    8. Good luck Aina! You can do this!

    ReplyDelete
  10. TERIMA KASIH BANYAK SEMUANYAAAAAA !!!!

    you guys do help a lot!
    *peluk satu satu*

    ReplyDelete
  11. Haduh maap ya telat mampir, udah brojol belum nih?

    Temen-temen udah pada jawab lengkap diatas. intinya sih Aina tenang aja, kalau sakit udah bukaan 5 bisa minta ILA. Itu aja kunci sukses melahirkan gw hahaha. Tapi kalau gak pake anastesi pastinya lebih bagus dong ya.

    Gw cuma mau ingetin pas perut udah melilit, kira-kira kontraksi udah makin deket jaraknya, segera aja keramas, sambil duduk boleh, mandi yang bersih. pakai softex. siap deh ke rumah sakit.
    kalau ada teh manis itu bagus untuk buat nyaman,relax, dan nambah tenaga juga.
    Usahain jangan jerit-jerit ya, simpen tenaga aja, nangis mah dimaklumin kok, jadi jangan malu nangis.

    Sukses ya Aina. Ditunggu foto babynya. :)

    ReplyDelete
  12. waaaaa aku kurang tau .. soal nya aku belum punya baby hehe maaf yaaa mbak.. semoga lahiran nya lancar :D

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP