Friday, November 30, 2012

Balada (+curhatan) memilih kado untuk orang lahiran

Jadi begini....
Daku kan sekarang kerjaannya nongkrong di toko ya. Bagi yang belum tau, daku buka toko perlengkapan baby. Dan sebagian dari customer itu adalah orang-orang yang nyari kado buat teman/sodara/keluarga/karyawan yang baru ngelahirin. Setelah berjalan sekitar 7 bulan, gue mendapati satu pola dari orang-orang yang lagi (pusing & clueless) cari kado lahiran.

Polanya kira-kira seperti ini (dalam bentuk percakapan) :
C(ustomer) : Saya lagi cari kado. Apa ya yg bagus?
A(ina) : Maunya cari apa? baju kah atau toiletries atau perlengkapan2 lain?
C : *nunjuk barang2* itu apaan ya? harganya berapa?
A : itu playgym, buat babynya tiduran dan main2, harganya 200sekian.
C : *muka cemberut* jangan yang mahal2, ci.
A : Kalo boleh tau budgetnya berapa, biar saya bisa kasih rekomendasi.
C : sekitar cepek-an aja.
A : Kalo cepek, paling baju2 1 set gini. *kasih liat barang*
C : Baju gini mah ga keliatan ci, yang agak gede gitu barangnya

**interupsi**
"Ga keliatan" : Istilah yang dipakai para pencari kado untuk menggambarkan barang-barang yang kalo dibungkus itu jadinya kecil. Kebanyakan dari mereka maunya barangnya yg bulky biar yg nerima 'ngeliat'.
Menurut loe?? klo lu kasih anting/gelang emas yang kotaknya cuma 5 x 5cm, dibanding lu kasih bantal set yang klo dibungkus gede, si penerima bakal lebih 'ngeliat' yang mana?
**lanjut**

A : Agak gede, sekitar cepek, bantal set gini suka ga?
C : Kalo bantal2 gitu mah kayanya udah ada ya.

**interupsi**
"Udah ada" : Istilah yang dipakai para pencari kado untuk mengira-ngira kalo yang mau dikasih itu udah punya barangnya dan mereka ga mau kasih barang yang udah dipunya.
Menurut loe?? Gue rasa semua mom-to-be yang mau ngelahirin pasti sebelumnya udah belanja keperluan si baby ya, dari baju sampe keperluan nyusu, keperluan mandi, keperluan tidur, dll. Mau cari barang yang dia lom punya ? Kenapa ga tanya aja orangnya langsung?
**lanjut**

A : Tas? *udah mulai gerah...tapi teteup senyum*
C : Tas juga pasti banyak yang ngasih.

**interupsi**
"Banyak yang ngasih" : Istilah yang dipakai para pencari kado serasa dirinya cenayang menebak2 suatu barang bakal banyak yang kasih atau engga.
Menurut loe?? Kalo semua orang mikirnya sama, end up akhirnya ga ada tuh orang yang ngasih barang itu. Semua orang pengen ngasih barang yang kira2 si penerima lom punya dan kira2 ga ada yang kasih (sekitar cepek pula harganya). Mabog ga loe? 
**lanjut**

(ini case klo yang mau dikasih itu udah anak ke-2 atau lebih, bukan anak pertama)
A : Apa mau kaya sterilizer botol gitu aja?
C: *agak puas karena barangnya bulky* Berapaan?
A : paling murah 150ribu.
C : Tapi biasanya ginian klo udah anak kedua mah kayanya udah punya ya.

**interupsi**
"Kalo udah anak kedua kayanya udah punya" : tak ada penjelasan. saya sudah mulai speechless. *tapi teteup senyum*
Menurut loe ?
Gue makin puyeng klo yg mau dikasih itu anaknya udah anak kedua atau kesekian. Lu mau cari barang yang dia lom punya tuh apaaaa??? lu nebak2 kaya orang dodol juga percuma, u won't know for sure..Giliran dikasih ide kasih barang2 yg pasti kepake aja kaya baju, balik lagi alesannya "baju pasti udah banyak..apalagi udah anak kedua."
Gemes ga loe?
**lanjut**

A : yaudah, klo ga paket2 toiletries gini aja, kan biasanya pasti kepake. 
C : tapi kan lom tentu dia pake merk itu.
A : (dalem ati) GIMANE KLO LU NANYA AJA LANGSUNG DIE PAKENYA MERK APE????

klo udah sampe tahap gini, gue biasanya udah stop kasih rekomendasi, biar orangnya aje liat2 sendiri.

C : klo kaya yang buat makan itu berapa duit?
A : sekian..
C : *mikir lagi* tapi klo gini ga bisa langsung pake yaa.. tunggu gedean.

**interupsi**
"Ga bisa langsung dipake" : Sebagian dari pencari kado nyarinya barang yang si penerima atau si baby bisa langsung pake.
Menurut loe ?? Segitu pentingnya ya kado dari lu tuh bisa langsung dipake? Apa sih keunggulannya barang bisa langsung dipake ato ngga?
 Logikanya yaaa barang2 yang langsung dipake bgitu si baby lahir pasti udah disiapin ama emak bapaknyeee.. Masa iya emak bapaknye nungguin dikasih kado ama orang buat barang2 yang emang dibutuhin ama si baby begitu si baby lahir?
Kalo emang mau sesuatu yang munggkiiiiin orang lain lom kasih dan mungkiiiiin si penerima lom punya ya itu barang2 yang si baby bisa pakenya nanti-nanti. Misalnya : babywalker atau highchair (eh lupa, maunya yg cepek-an ya..maap deh, saya juga bingung klo begitu)
**lanjut**  

yaaa kira2 sebagian besar polanya seperti itu
maunya cari kado murah, berbentuk bulky, bagus, berguna, yg dikasih lom punya, kira2 jarang orang lain kasih, bisa langsung digunain ga pake lama.

*usap2 dada*
(Oh my...sekarang kusadari darimana asal uban 1 biji yang kemarin gue cabut dari kepala gua..dari customer2 ini kali yaaaaa)


note : sebagai empunya usaha, memang udah tugas gue buat melayani customer sebaik mungkin ya, entah posting ini nantinya bisa backfire ke gue atau ngga, tapi ya maksud gue sih ini buat kasih pencerahan aja, klo cari kado itu ga perlu pusing2.


Jadi ya, gue pribadi nih, klo mau kasih kado ke temen ato sodara gue yang lahiran, gue sih ga pake pusing, ketauan gue kasih yang emang bisa dipake (baju dan kawan2). Ga masalah deh bentuk kado-nya gede apa engga, mau berharap orang ngira klo barangnya gede itu artinya mahal? Lu pikir orang2 sekarang bego dan ga bisa tau harga apa? google apa kabar? lagian orang2 yang lu kasih kado artinya orang2 yg cukup deket ya ama elo, apa iya mereka sebegitu concern-nya soal harga dari kado2 yang lu kasih? ya mungkin ada sih yg begitu..derita situ klo begitu. Kalo gue sih yang penting ada niatnya aja udah makasih banyak.

Gue juga sebenernya suka ama sistem registry. Tapi sayang di indo sepertinya susah banget diterapkan. Kebanyakkan orang udah bermindset ga enakan ama orang lain. Klo bikin registry kesannya kita minta gitu. Padahal sih menurut gue justru itu membantu yang pengen ngasih kado dan akan menjawab pertanyaan "kira2 dia udah punya lom" dan "kira2 ada yg udah kasih lom", juga "carinya dimana?" dengan jelas dan spot on !

Ato klo ga, gausah deh mereka yang bikin registry. Kitanya aja yang tanya ama yang mau dikasih, Eh lu lom punya apa? lagi butuh apa? sapa tau bisa gue yg kasih. Asal jangan minta stroller Quinny aje *gue juga pengen klo itu..hahaha* 

Again, klo kita mau kasih kado sih biasanya orangnya cukup deket ya dan gue rasa harusnya wajar aja kalo kita nanya gitu.
Gue pernah nanya begitu ke temen gue yang lahiran anak kedua karena gue emang rada clueless dan males keliling2 (waktu itu lom punya toko).
Tapi dibales ama temen gue tipikal orang indo "udahlah gausah repot2, apa aja juga diterima"
gue sampe desek2 dia dan akhirnya gue tanya aja lu pake toiletries merk apa?
itupun masih dijawabnya "apa aja lah...entar juga kepake"
sampeeee akhirnya dijawab juga sama dia "sekarang sih pakenya merk xxx"
Naaaahh...daritadi napeee jawab gitu.
Akhirnya pun gue beliin dia parcel yang isinya toiletries merk itu aja.
Done !!
Gue tinggal ngeloyor ke tempat beli, ngomong sama yang jual, gue udah tau gue mo cari apa, yg jual juga ga puyeng2, yg nerima seneng.
Semua hepi hepi joy joy.

Tapi ya gituuu, orang sini rata2 masih ga enakan. 
Gue pernah loh bilang gitu sama salah satu customer gue, abis dia bingung banget, padahal dia cari buat kakak iparnya sendiri. Gue bilang aja "Ci, daripada pusing2, enci tanya aja ama orangnya dia lom punya apa".
Dia malah bilang "mana enak ci nanya gitu..ntar ga surprise lagi donk."
yaah yaudahlah, gue diem aja. Dia mau kadonya jadi surprise, ntar klo ngasih kebetulan ada yg sama ato kakak iparnya udah punya ya beneran surprise deehhh, kado dari loe bisa dijual lagi ato dikasih ke orang laen. Selamet yaaaaa... Pusing2 loe waktu cari kado worth it banget.

Nih sebagian dari temen2 gue udah dengan jujurnya bilang langsung ke gue klo mereka pasti nanti bingung klo gue lahiran mo kasih kado apa, karena mereka pikir gue punya toko baby. Gue dengan santai aja bilang "mentahnya aje buat bayar rumah sakit"..hahahhahahahaha..ga salah donkkkk yaaaa..
daripada mereka bingung2, bener deh, diterima dengan senang hati, hepi hepi joy joy.

Sekian.

30 comments:

  1. Ahahahaha kocakkkkkk abis Na.. Emang ya suka gereget kalo sama customer yang mau nya banyak, murah, bagus buangettttt, etc etc.. Hm ya situ kira?

    Kalo ga salah Mothercare Indo uda ada registry Na, kalo lo emang ada yang dipengenin di situ coba aja bikin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. embeeerr..maunya murah tapi bagus. pusing yak.
      klo registry yg di mothercare itu barangnya cuma barang2 yg dijual disono yeee?
      kesian ntar yg mo ngasih bo, mahal2. hahahaha

      Delete
  2. "Menurut loe?? klo lu kasih anting/gelang emas yang kotaknya cuma 5 x 5cm, dibanding lu kasih bantal set yang klo dibungkus gede, si penerima bakal lebih 'ngeliat' yang mana?" -> bener banget... kenapa pulak sich barang bulky gitu mesti diasosiasikan kalau penerimanya bakal lebih seneng? *gubraks... kalau dikasi cek 10juta dilipat ke dalam angpau, orangnya juga bakal hepi hepi joy joy kan haha...

    Gua pribadi sich so far palingan ngasinya antara angpau, baju2, kalau ga ya patungan aja rame2 beli apa gitu. Gua juga merasa ga perlu ngasi something yang langsung bisa dipake, kan intinya bisa kepake toh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoii donk. cek 10 jeti bisa bikin hepi hepi joy joy banget.hahhahaha

      makanya suka gemes ama yg nyari kado, g sih pernah sampe bilang "ci, sebenernya klo nyari kado mah gausah pusing2 gitu deh yang penting kita ngasih" tapi tetep aja dia puyeng. yaa seterah daah

      Delete
  3. iya, kayaknya mothercare uda ada sistem registry gitu deh.

    gua sih biasanya ngasih yg umum dan uda pasti kepake, kayak botol2 susu, sendok, piring, gelas, anduk kecil, dll... malah ga pernah kepikiran dia uda punya ato orang lain uda ngasih hahahaha. kalo ama sodara mah biasa kasih mentahnya aja hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, g pernah denger mothercare ada registry tapi ga gitu ngerti itu khusus buat barang2 yg di mothercare doank atau gimana.

      Delete
  4. kmrn pas lahiran conrad pas ditanya gw jg sungkan dan blg gak usah repot2 dalam arti beneran minta doa aja, krn emg bekas clarissa smua msh bagus2.

    tapi pd akhirnya mrk beli tapi tny gw misal gw beli anu elo udah ada belom...otomatis semua kepake gw hehe kaya baby bather gw gak punya baju2 conrad dr baby - 1th (hemat gw gak usah beli baju) bahkan nyaris gak pernah beli baju hahahah

    enak sih pake registry yah jd ketahuan bermanfaat dr pd double yg ada disimpen atau diksh kado lg ke org..

    na gw tau hrg cepean kotak gede elo saranin aja pigeon feeding set pasti kepake, paling kl ada kado sama smp 4 kotak punya situ disimpen wkwkwkw...

    jd penasaran toko elo dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh pigeon feeding set itu juga jurus paling ampuh klo mo rekomen kado ke orang, tapi lagi2 ituu, pada mikirnya "apa iya ini bisa langsung dipake"
      apalagi di feeding set itu kan ada tulisannya 3+ ato 6+
      padahal mah itu cuma sekedar tulisan kan ya. tapi orang2 tuh mempertimbangkan banget deh soal gitu2an. bingung gue juga.

      Delete
    2. eh lupa jawab.. toko daku di mangga 2 square =)

      Delete
  5. hahaha namanya orang kerja pasti ada aja yang nyebelin ya. yang buka toko, kesel ama customer. yang kerja kantoran, kesel ama temen kantor/user. :D

    kalo kerjanya sendirian, di rumah, kesel karena bosen kesepian. huahaha.

    emang serba salah... :D

    anyway tentang kado, emang mendingan nanya langsung ya ke yang mau dikadoin perlunya apa. atau pake registry. tapi kalo gak enak nanya, dan budget terbatas, gua setuju ama lu lho, ya beli baju aja. gak masalah gak gede bentuknya, tapi kalo bajunya bagus, pasti kepake lah... soalnya walaupun punya banyak baju, kan pasti ortu nya demen pakein bayinya baju lucu2 ganti2.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi baju kan ga keliatan, om arman...
      kecuali dibajunya diselipin angpao tebel.
      *minta digampar*

      Delete
  6. g jg dulu sk puyeng klo msk toko baby nyari kado, tp gk se menyebalkan itu cust heheheeee... klo budget lg trbatas plg banter y ks baju, tas etc gt. sebodo lah walau yg d kasi psti ud pnya, yg penting kan niatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ada juga sih yg ga menyebalkan dan gampang layaninnya. tapi klo udah ketemu yg rempong, repot deh daku..

      Delete
  7. gw kalo temen deket pasti tanya perlunya apa (walopun wkt itu dia minta bottle heater dengan dodolnya gw kasih sterilizer -____-)
    Tapi kalo temen gak deket2 amat, yang biasanya patungan se-RT beliya, itu yang bingung. Biasanya emang kado dapetnya pasti double2 sih ya.. ini dia udah ada, itu banyak yg ngasih, paling bener emang kasih angpao (tapi kan kalo kasih angpao cuman cepe malu #minta di jewer Aina)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haahhaahha..ya makanya itu karena mereka tau budgetnya ga gede dan ga mungkin juga donk kasih angpau. makanya maunya yang keliatannya mahal..sebagai kamuflase.

      iihhh..sebel..kesannya hypocrite sekali.
      ya tapi gimana yaa, gue dapet rejekinya dari orang2 seperti itu..hahahaha

      Delete
  8. Setelah menerima kado2an, gue sekarang malah bakalan ngasih kado yg dipakenya nanti2 ya macem peralatan makan gitu2 soalnya bener kata lo, Na. Kalo yg langsung dipake kan pasti bonyoknya udah siapin sendiri ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoiii.. lu aja seneng kan ya klo dapet kado yg berguna buat mulai MPASI-nya Madeline. itu kan kepake setelah 5-6 bulan, tapi malah useful banget kan ya jadinya.
      klopun ada yang ngasih sama, peralatan makan macem piring sendok mah pasti kepake juga toh buat cadangan.

      Delete
  9. hahaha... kayanya iya deh mending nanya langsung.
    Gw tu takutnya klo beli buat baby ato anak2 jadi ga kepake krn keburu gede. Kapanan tu gw ada beli buat anak sepupu gw, dan ternyata dunk... badan dia bongsor banget & kayanya ga muat tu baju yg gw kasih pdhl udah gw tambahin setaon sizenya. Makanya bener kata yg jaga toko disini, mending kasi baju yg gedean... at least ga dipake skrg gpp ato bikin registry aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuh..klopun ada yang mo kasih baju, gue kadang juga suka bingung. udah gue kasih saran klo dia ga tau anaknya bakal segede apa, kasih aja yang size L.
      tapi lagi2 concern-nya yaaaa ga bisa langsung dipake donk.

      *jambak2 rambut*

      Delete
  10. baca postingan ini jadi tertampar hehhehe.. gw kadang2 kepikiran begitu juga loh kalo mau kasih kado kepengennya yg berguna buat yg dikasih jadinya rada cerewet klo lagi pilih-pilih kado. cuma gw sebelumnya udah cekiceki sih harganya jadi pasti cari toko yg bisa kasih harga murah.

    Mogamoga kalo gw belanja di tempat elu gak bikin elu sakit kepala ya karena banyak nanya dan mikirnya.. *calon emak labil*

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo buat sendiri sih wajar lah ya menimbang2 mengira2 karena itu buat anak lu sendiri.
      tapi klo buat kado, yasutralah cincai dikit gausah pake ribet ngapa..
      ayooo coba kau kemariii...hahaha

      Delete
  11. Ainaaaa... gw suka banget deh sama cara lo cerita. Sorry loh, gak bersimpati. Tapi lucu banget beneran!! Hihihihi^^
    Sabar ya Aina, biar anak lo juga juga melatih kesabaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih loh dibilang lucu..*tempel telunjuk di pipi*
      hahahaha.

      yang sabaar yang sabaarr

      Delete
  12. Ci, ini beneran asik deh curhatannya ^^ hihihihiii...
    karena aku gak mau repot2 dan pusing2 nyari kado buat baby-nya (apalagi udah anak ke-2) aku lebih milih kasih mereka cake aja, trus ada tulisan "for a happy family"... udah beres... (pengalaman) hehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. heey, cake is a pretty nice idea..
      kali2 kita yg ngasih kue yaa, bukan mereka yang ngasih kue buat sebulanan..haha

      Delete
  13. klo gua n temen2 gua nyari kado temen lahiran, biasanya biar gampang kta tanya orangnya langsung yg kurang apa, nanti kita patungan beliin :P
    tp klo orangnya ga terlalu deket, biasanya beliin barang yg "universal" macem tempat makanan buat nanti pas udah gedean or sekalian aja beliin baju pesta buat anaknya dg ukuran agak gedean :)) soalnya denger2 dari temen gua yg punya baby, nyari baju kondangan buat anak rada susah hahaha. emaknya mau beli sayang, takut anaknya keburu gede :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo patungan lu lebih simpel apa lebih ribet?
      g pernah layanin orang yang patungan. cewe2 semua pulak.
      1 mau ini, yg lain kurang sreg.
      yang lain sreg yang mana, ada yg kurang setuju.
      iissshhh.. memang macem2 rupa customer itu.
      *jambak2 rambut lagi*

      Delete
    2. untungnya anak2 kantor sini pada ga rese (ato ga mo repot), diserahkan semua ke ketua =))) Mau beli apaan terserah yg megang duit.

      Delete
  14. kalo gw kasih kado sih biasanya nanya, loe maunya apa....kaya shirley waktu itu minta stroller, ya ud beliin deh patungan sama temen2. dan ga ada yg protes sih, si olin yang beli, kasih tau harga total terus langsung bagi rata :p

    ReplyDelete
  15. Hiaaahahahahahahah gw ngakak2 baca posting ini!!

    Sebelumnya salam kenal yaaa baru pertama main ke sini dan langsung terhibur. Secara baru 2 bulan jadi ibu, gw ngerti bener deh soal menjadi penerima kado. The truth is apa aja kadonya pasti diterima dengan senang hati. Tapi kalau spot on sama yg lagi dibutuhkan ya Puji Tuhan tokh? Makanya gw juga suka banget sama sistem registry. Tapi yaaahh masyarakat blm biasa sama sistem ini dan cenderung pengenimprovisasi sendiri yang mana jadinya seringan gagalnya dibanding berhasilnya :))

    Yah semoga di masa depan orang lebih aware sama sistem registry yah biar yg beli gampang yg jual senang dan yg dikasih juga hepi :D

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP