Sunday, July 8, 2012

kondangan's manner

Indonesian kondangan's manner lebih tepatnya.

Sebenernya ini topik klasik.. udah terjadi dari jaman dulu kala, dan masih ada sampe sekarang.
Walaupun ga selalu terjadi di setiap kondangan, tapi di sebagian besar kondangan ini masiiiih terjadi.
Terutama di kondangan yang makannya prasmanan dan tempatnya ga gitu besar.

Yaaa..jadi kemarin itu gue kondangan salah satu temen baik gue di daerah kota.
Gue dateng agak pagi dan sempet hunting2 makanannya dulu..ahahahha..
Tapi liat dari tatanan pondokan aja gue udah yakin ntar pasti antrinya parah !
Wong 3 pondokan berjejer berdekatan gitu dan ga gitu luas juga tempatnya.

Begitu penganten selesai acara potong kue itu, orang2 seperti biasa langsung menuju makanan incaran masing-masing.
brukhabrukhabrukhabruk... YASALAAMM..segitu lapernya ya rangorang?!?!?!?!
Bener aja, itu antrian...bukan berupa antrian..tapi lebih tepat disebut serbuan.
Orang dari segala arah rebutan ambil makanan. Ambil piring dan nyodorin piring ke depan si mba/mas penjaga pondokan buat diambilin makanan. DIH !!

Gue dah ilfil ama tuh makanan..tapi tiba2 disana ada mama mertua yang pengen ambil itu makanan.. ngeliat dia ikutan antri jempet2 gitu, yaudah lah, karena posisi gue lebih deket ama piring, jadinya gue hajar juga tuh kerumunan orang. Waktu gue mo ambil piring aja tiba2 pinggang kiri gue kena tangan orang lagi menjulurkan tangan pengen ambil piring juga.. DIIIHH..ampun deh ga bisa sabar dikit kali, dia di belakang gue juga tinggal nunggu gue doank !

Dan gue dengan ilfil sendiri ikut nyodorin piring ke depan si mba pondokan. Ga enak banget ya rasanya, kaya orang minta2 makanan, kaya udah ga makan berapa lama tauk. Toh dapet juga cuma beberapa potong. Begitu piring gue terisi ya gue berusaha keluar dari kerumunan donk, dengan cara ngedorong orang yang dibelakang gue supaya dia mundur dulu dan gue keluar... 
Eeeeh di belakang gue donk enci2 malah dorong2 badang die ke dapan trus kaya jorokin gue ke belakang sambil bilang DI DEPAN MUKA GUE "cepetan donk cepetan" dengan hand gesturenya yang kaya nyuruh2 babu.
gue balesin aje "YA SABAR KALI..LU GA LIAT SUSAH" dan gue donk yg diliatin ama orang2 karena nada suara gue lebih kenceng dari die.
hilang sudah ke-lady-an gue..
naek darah gue ama orang2 kaya gitu.
sebodo amat.

Kenapa sih orang2 sini klo kondangan musti ya kaya gitu?
antri ya antri, yg rapih gitu loh. loe orang juga bukan orang yang belom makan seharian kan?
Segitu takut ruginya-kah klo ga dapet makanan?
Segitu terbuangnya-kah waktu lo klo lo antri yang rapih.
Harus ya motong2 antrian orang trus pasang muka belaga bego? *terjadi di kondangan yang lain..sama juga bikin naik darah*

Ga jamin juga sih klo kondangan di hotel mewah kelakuan undangannya lebih teratur. NGGA JUGA.
Ada aja orang2 yang dengan cueknya melakukan hal2 kaya gitu. geli ya.
Makan meja yang makanannya ditaro di tengah dan orang2 bebas ambil pun kadang adaaa aja orang yang ga tau diri. Apalagi klo di 1 meja itu ada orang2 yg ga kita kenal.. awkward.

Saran buat yang pengen merit, klo bisa pondokan itu letaknya jangan terlalu deket satu sama lain. Dan pikirin cara orang antri nantinya gimana. jangan sampe ga ada space buat orang antri yang akhirnya bikin orang2 bingung dan jadi kacau. Klo perlu minta WO atau pihak venue bantu atur antrian dari awal. karena klo udah terlanjur kacau dari awal, susah dah klo mau diatur, galakan undangannya. yakin!

Sekian curhat gue dan terima kasih.

NB : dan gue papasan donk ama si enci2 itu di WC dan kita bedua pelotot2an. ciiihh..

24 comments:

  1. wakakakaka.... g klo begini sih udah tepok jidat ^^, apa lagi ketemu tukang serobot yang tua2 huaduhh~ nyerah sudah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga tua ga muda pit. kadang ada juga babysitter yang jago nyruduk2 juga.. (-_-;)

      Delete
  2. ya ampun sampe segitu nya ya ? gw juga sebel tuh kalo ambil menu di pondokan, kadang antri nya ga jelas dari sisi kiri kanan tengah ada orang semua & bener sodorin piring semua. gw sih biasa nya liat yang lebih teratur aja kecuali emang menu nya gw pengen banget. buat pelajaran gw nih na..moga2 tar pas gw ga kaya gitu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh ciinn..klo antri panjang gue masih gpp deh, tp klo dah sampe berebutan kaya gitu ampuuun deh

      Delete
  3. perlu pasang tali pengaman buat ngerapiin jalur antrian kli ya hehehe...
    mungkin ngerasanya krn udah ngasi angpao jadi ga mau rugi klo ga kebagian makanan yang dia mau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ngefek kayanya nge klo pasang tali gitu, pasti dirobohin juga klo org2nya ga ada kesadaran diri. orang sini emang gitu sih yaa..klo kondangan prinsipnya harus makan banyak, biar ga rugi.

      Delete
  4. hahaha emang ga jamin na, gue waktu tu kondangan di mariot jg lawannya enci2 yg ga sabar antri semua sampe kaki keinjek2. bikin nafsu makan hilang seketika dan pengen cepet2 pulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. malesin banget yaaa yg kaya gitu..

      Delete
  5. Hahahahhahaa, gw jg pernah ngalamin yg kaya gitu, waktu itu kondangannya di hotel berbintang, ada enci2 yg nyerobot antrian pas depan gw .. idih, lsg gw ocehin & pelototin aje, sampe emak gw ga enak ati sendiri ngliat anaknya kaya gitu, gw sih sebodo amat..kenapa yah kalo uda enci2 aka tante2 gitu kaya takut rugi ga dapet makan?
    lagian kaya ga punya mata aje, yg laen sibuk ngantri, doi maunya dapet makan duluan, kenapa kaga nangkring aje dari awal dateng tuh uda bdiri depan standnya?!

    intinya sih kayanya bukan tempat kondangannya, tapi balik lg ke personality tamu yg diundangnya deh >.<

    malah yg lebih parah lagi waktu gw kondangan di tangerang yah, di stand babi guling, pas sendok abis, tamu2nya ga mau pake nunggu donk, mereka langsung aja nyedok aje pake piring stereofoam (tangan kanan dan tangan kiri masing2 megang piring stereofoam itu seolah2 sudah ganti fungsi menjadi sendok dan garpu) , aje gileeee...

    trus ada lagi yg habitnya jelek pisan, makan dua sendok trus dibuang, gileee, itu babi guling dia ambil segunung bo..kalo emang ga pengen makan ya jgn nyedok segunung gitu kali...hadehhh...

    ups, gw jadi curcol jg...

    makanya waktu gw merit kemaren, gw pesenin tuh orang2 catering yg jaga stand makanan, jangan sampe kasi tamu ambil sendiri...untungnya sepertinya tamu yg datang kaga ada yg barbar....#syukur dehhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup emang bener balik lagi ke undangannya, tapi menurut gue klo dari awal ada yg bantu atur, harusnya lumayan rapih sih. apalagi klo yg jaga pondokan berani ngomong 'antri' ke tamu undangannya. g pernah ke kondangan yg jaga pondokan berani suruh undangan antri klo ada yg coba nyerobot. MALUUUUU deh malu tuh orang..

      naah yg ambil makanan banyak trus ga diabisin itu juga ngekiin!!! ga tau makanan mahal kali yaa..

      Delete
  6. huahahaha emang tuh na...
    makanya gua kalo ke kondangan, selalu makan dulu di rumah. karena gua paling anti kudu antri dan rebutan ama orang2 kampungan bin norak begitu. males banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo gue sih antri sih masih oke, tapi klo berebut sih ogah ! makanya klo ke kondangan gue jaraaang banget ambil pondokan, langsung aja ke buffet-nya yg jelas2 orang antri.

      Delete
  7. Hahahahaha... Nggak salah deh pas Sales dari Hotel yang tempat gue resepsi itu nanya: Eh Jeng Le, itu tamu2 jij, tipe Jaksel, Gading, Kota (ini maksudnya daerah Kota alias yg ga tau manner), apa yang lain lagi? Itu sangat mempengaruhi kesigapan para staff banget. Soalnya pernah ada satu tamu tipe kota, yang bawa 1 TRAY BERISI CAKE untuk dimakan sendiri! hauhahahaha....

    Terus dia juga cerita, pengantennya tuh ada yg jomplang banget antara keluarga cowo dan cewe. Terus banyak keluarga/ tamu dr salah satu pihak itu dateng dari kampung gitu. Dan tau ga sih, mereka tuh, tiap anggota keluarga, ambil sayur dr buffet 1 piring isi 1 macem sayur. Terus dibawa ke area kosong, dan dimakan rame2 1 keluarga sambil lesehan hiahahahaha.... Di 5 stars hotel loh uahahah... *ngakak asli, apalagi sales gue itu kalo cerita lucu n heboh banget*

    ReplyDelete
    Replies
    1. LoL..udah ada klasifikasi-nya ya booo..
      btw, gini2 gue keitung orang kota nih..rumah gue daerah kota soalnya.hahaha..tapi soal manner gue masih masuk golongan sudirman lah ya. hahhhahahaha..

      hahahaha yasalam, lesehan bo. kurang manteb apa coba, serasa di pematang sawah kali dia orang.

      Delete
    2. kmrn itu malah klasifikasi yg gw denger dari sales catering adalah, orang daerah mana? singkawang, bangka, medan, tangerang, hahahhaha *tepok jidat*

      Delete
    3. hah serius loh dimakan lesehan??? hauahahaha..
      kalo gw paling sebel klo liat orang ngambil makanan di kondangan banyak-banyak terus makannya ga diabisin! rakus mata! kenapa sih ga ambil secukupnya gitu.. hih

      Delete
  8. hahahaha :D saya klo kondangan malah ga pernah makan ! abis nya males banget klo udah ngantri ! xixixixi :D apalagi gua orang nya ga sabaran nanti klo kutan ngantri gtu masalah dah hahahah :D

    ReplyDelete
  9. emang masalah klasik ya na, tapi males banget yach ketemu enci2 model kayak gitu. tapi y na, jangankan kondangan na. itu aja biasanya masuk bioskop pada suka berebut bukan? padahal jelas2 udah ada no seatnya, heran dech apa yang perlu direbutin ya. coba tuh orang2 dibawa kesini yang jelas2 bioskopnya ga ada no seatnya apa jadinya haha...

    ReplyDelete
  10. emang tuh naaa!! gw juga paling sebel kalo nemu kondangan kaya gitu. biasanya kalo uda parah banget gw milih buat cao aja lah trus makan di luar, daripada emosi jiwa sama nambah2in dosa gara2 marah2 sama oranglain hahahaa.

    bener-bener ga ngerti kenapa harus kaya gitu, seperti yang lo bilang, kan mereka bukan orang kelaperan yang belom makan beberapa hari, kenapa juga harus kaya gitu, ga malu juga sama pengantennya ya.

    ReplyDelete
  11. Kalo gue sih nggak pernah nemu yang maen serobot gitu. Tapiiii sering banget kalo ngantri didorong2 dari enci-enci di belakang. Heran deh kaya kalo dia dorong2 antrian bakal lebih cepet aja. Kalo waktunya jalan kan jalan. Sebel banget gue kalo lagi ngantri trus didorong2 gitu, helllooohh... personal space!!!

    ReplyDelete
  12. pasti ada deh di tiap kondangan. orang2 ga punya manner! Ga ba bi bu langsung nyelonong di depan pondokan. gemes rasanya. klo misal di pondokan kambing guling, sendok kecap nya suka gua alang2in :)) klo ga sengaja gua lama2in ambil kecap nya trus kasih ke org belakang gua hahaha

    ReplyDelete
  13. kondangan tapi malah jadi ajang pembuktian diri itu mah ckckckkc

    ReplyDelete
  14. hahhahah iya makanya sebel ke kondangan juga kadang2 gara2 yg beginian... -_- btw salam kenal :D

    ReplyDelete
  15. Doh! Lu bahas soal gini gw juga ikutan naek darah deh! Gw juga paling keki pol sama orang kondangan di indo. Mirip kayak yg lu omongin gini, plus itu kejadian di kawinan engkonya arip. Ampiun dj dah gw! Yg ini malah kelakuan aneh ini dr keluarga si bride, mak gw lg duduk di bangku keluarga menjelang dinner mulai.. Babe gw dong disamperin pake ditanya " situ siapa? Apa hubungannya sama keluarga yg merit? Ini meja dan makanan untuk keluarga " yeeeh!! Takut banget porsi lu diambil om! Najes ih! Heran banget sama orang ke kondangan yg mikirinnya makanan mulu!

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP