Tuesday, March 20, 2012

When SocMed gone wrong

Postingan kali ini rada serius lagi nih.
Kemarin ini gue ada baca blogpost dari Diana Rikasari yg judulnya "Being Sensible"
and that post made me thinking...


Emang bener banget kalo dibilang, manusia gampang banget dibikin marah dan susah banget dibikin happy.
Kadang bisa marah cuma gara2 hal tersepele di dunia, dan baru bisa happy klo ada sesuatu yang cukup BESAR yang ga disangka2. sometimes we forget that #bahagiaitusederhana
*raise hand*


Dan sekarang dengan adanya banyak online socmed, klo lagi kesel, kita kadang jadiin socmed itu ajang caci maki, curhat, protes dan lain sebagainya. klo lagi happy, ya jadi tempat untuk sebar2 happiness (dan untuk beberapa orang buat ajang pamer terselubung).


It can be a good thing..karena semua orang jadi punya tempat buat ngeluarin unek2, ga disimpen sendiri, sharing jadi lebih gampang, coz we are all connected.
But...it can be a very bad thing.. karena saking connected-nya itu, kita kadang lupa klo di dunia online itu judulnya ga cuma me,me and me.
  
Kebetulan ada beberapa kasus real-life yang gue tau.. dari beberapa temen gue sendiri.
Pas kepalanya lagi mendidih, ga pikir panjang, langsung cuap2 di socmed.. walopun #nomention, tapi tetep aja ya, you are connected with so many people, pasti jatoh2nya pada tau siapa yang lagi diomongin. Untuk yg satu ini, sialnya, salah2 gue bisa dilibatin (untungnya engga sih). Karena kebetulan gue yg kasih tau tweet ID nih orang ke temen gue buat di follow, dan mungkin orang itu ga ngeh klo udah di follow.. Eh beberapa hari setelah di follow, terjadilah..... 
Dan bener aja, kasusnya jadi rempong, jadi berantem cuma gara-gara 1 tweet.
Fortunately, for this friend of mine, masalahnya selesai baik2 dan akhirnya jadi malah tambah baik.
Klo malah jadi putus hubungan gimana coba?


Ada juga temen yang hobinya ngeluh di status BBM. Like almost every single day. Padahal yg jadi sasaran dia tuh ga punya BB, n ga bakal tau juga klo ga ada yg kasih tau, so what's the point?
Sadar ato ngga, negative vibe nya itu nularrrr banget walopun kita bukan orang yg dimaksud. Dan akhirnya jadi bahan omongan di antara temen2 gitu deh. Untungnya sih ga ada yg jahat yg sampe ngaduin ke orang yg bersangkutan. Just imagine if that someone knows...chaos.


Akhir2 ini pun gue klo lagi pengen nge-tweet, dipikir 2-3 kali, klo ada hubungannya ama seseorang yang rasanya punya akses ke internet, gue ga tweet. Bahkan ada tweet2 previous yg gue delete.
Buat gue, ini berlaku untuk hal2 yg personal, dalam arti, hubungan antar temen n keluarga.
Kalo orang diluar itu, gue masih ada sih ratu tega-nya. You know what i mean lah ya. beberapa kali gue ngoceh2 soal vendor di tweet/facebook. that one, i just cannot help it.
But when it comes to friends or family, i better not make it online, coz u never know.
Lagi2, cara yang paling gampang diinget klo mo omongin orang, ngomong sama diri sendiri : "lu mau ga klo digituin? klo lu jadi dia, gimana rasanya"


Mungkin cara ini ga ngefek buat orang yg 110% outspoken... yg ga peduli orang mo ngomong apa, berantem ya berantem deh, gue udah bgini adanya, ga suka ya ga suka..
But in this world, we live socially, side by side, realized it or not, we really are connected to each other, online or off. u never know orang yg lu ga suka itu nanti somehow in the future bakal jadi orang yang bisa ngebantu lu.  


Lanjutan dari contoh temen gue diatas, beberapa hari setelah 'perang' yang terjadi karena 1 tweet itu, di deket rumah yang ngetwit marah2 itu ada kebakaran, and u know what? temen gue yg kesana dan bantuin dia, bahkan sampe bau semua badannya kesirem air got. klo orang yg ngetwit marah2 itu adalah gue, betapa malunya gue. Setelah kejadian itu pun, Pewe yg dengan (sok) bijaknya :p bilangin gue gini :


"makanya harus baik2 sama semua orang, kita ga tau kapan kita butuh bantuan mereka. Klo ga suka sama mereka karena suatu alasan, yaudah yg jeleknya ga usah kita ambil, ga usah diikutin, yg bagusnya aja yg kita ambil."


gue tambain...klo emang ada hal yg ga enakkin, lebih baik cari temen (yg tepat) untuk curhat, daripada disebar2 ke online media. Klo hal yg baik terserah deh...
coz really, our energy spread quickly like a contagious disease.. so better spread the positive one.


Ngomong emang lebih gampang daripada ngelakuin,
but i think it's true..worth doing.

13 comments:

  1. kadang gua juga suka kelepasan ngomel2 di twitter. tp setelah itu gua apus *telat mikirnya*

    tp skrg juga ada loh temen gua yg lagi ada kejadian kayak temen lu. temen kantor gw tuh lagi berantem di twitter. yg 1 nyindir terus. sampe akhirnya ditegor ma bos gua :)) baru deh dia diem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga sih, ngel. abis klo lagi bete emang paling gampang ngoceh2 di twitter.. tapi ya emang bahaya juga sih..musti banyak2 sabar. kita sendiri juga ga perfect sih ya..

      Delete
  2. benullll~ cuma hebat na, ini boss g yang suka pasang2 status duluan nyindir karyawan na wakakakaka :) ga inget umur dia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boss lu suka galau ya pit..hehehehhe

      Delete
  3. betulll.. orang kantor gw juga ada yg ribut gara2 twitter.. socmed kadang2 bisa bikin hidup lebih ribet ya..

    anw, utin suka blg gini, 'jangan pernah bikin statement negative secara tertulis (baca : internet)' soalnya lo ga bakal tau siapa yg ga suka sama lo dan mensalahgunakan statement lo itu untuk nyerang lo balik.. secara dia auditor ya, jadi bukti tertulis itu sangat krusial hahaha. gw jg jadi mikir deh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sih, apalagi sekarang udah ada UU ITE. klo salah2 nulis bisa gawat. apalagi klo tulis review jelek tntang perusahaan besar. bisa2 jadi boomerang

      Delete
  4. Wow... bagus Aina! Tapi iya sih... kalo nulis2 atau ngetwit2 mesti dijaga banget yah. Bener kata lo, "Mau ga lo digituin??" :) Well said...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..pasti nanti semua ada balesannya sih.. been there done that banget. musti baik2 sama universe..ahahha

      Delete
  5. si pewe sama tuh kaya jali na...gw kan kalo ud kesel sama orang ya kesel aja. dia bilang jangan kesel2 sama orang lah, kalo suatu saat butuh bantuan dia gimana? kita tuh harus jalin relasi yang baik ke semua orang. mungkin karena ce lebih pake perasaan kali ya ? jadi nya cepet emosian :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuuul ciin..berasa banget klo cewe lebih gampang emosi. klo lagi bete ama temen juga, gue sih tega aja loh klo musti ngelabrak, tapi pewe selalu nahan. katanya nanti jadi ga enak. yaudahlah..dipikir2 bener juga.

      Delete
  6. hahaha baru kejadian nih di kantor gue ribut gara-gara twitter. abis kejadian itu gw jadi serem sendiri sama twitter dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah lohhh.. pasti jadi kapok yaa..
      semua orang klo udah ngalamin pasti kapok deh.
      klo akhirnya baik mah enak, klo akhirnya malah ga baik jadi ribet yaa..

      Delete
  7. Itu gw banget tu na..ngoceh aja se enak jidat hehehhehe..kadang gw apus kadang gw diemin aja biar orangnya nyadar kalo pas baca status gw :p

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP