Monday, March 26, 2012

Review - The Hunger Games

Akhirnya setelah sekian lama ga nonton di bioskop, gue kembali menapakkan kaki lagi di bioskop..
Ga mungkin juga gue melewatkan film yang lagi jadi hot topic sekarang.. The Hunger Games.


I have a quite high expectation on the movie.
Bukan karena gue baca bukunya, tapi dari hype-nya orang2 tuh sepertinya this movie is THAT good. Jadinya gue expect some WOW factor, seperti yg g dapet waktu nonton Avatar.


Sebelum nonton, g cuma liat official trailernya doank. Ga cari tau sinopsis lebih jauh lagi.
Gue pengen tau,klo gue ga baca bukunya apa gue bisa ngerti ini cerita tentang apa, karena klo nonton trailernya doank ga gitu ngarti.. *eh apa gue-nya aja yg dodol ?*


Bagi yang belum nonton, mungkin ada beberapa spoiler disini..Kecuali yang emang udah ada di trailernya (bagian awal2) gapapa ya gue jabarin. Gue sebisa mungkin tutupin spoiler alertnya pake font warna putih ya. Klo mau baca, silahkan di-block aja biar keliatan font yg pake warna putihnya.


Yang gue tangkep dari ceritanya itu sih menggambarkan sebuah negara...can i say communist? yang terdiri dari 12 district (di film 12 district, tapi aslinya ada 13 ya? aku tak mengerti), masing2 district punya specialty sendiri2, misalnya district 12 itu coal miner, district 11 itu agriculture, dsb
Namun segalanya dikuasai oleh 'ibu kota' yang disebut Capitol, dimana isinya semua orang2 kaya dan berpengaruh, yang outfit dan dandanannya semua bertema "Bizzare".


Setiap tahun dari setiap district ada pemilihan 2 orang tribute (1 cowok dan 1 cewek) untuk dikirim ke Capitol dan berpartisipasi dalam The Hunger Games, dimana semua tribute harus saling kill each other sambil survive hidup di arena;*yang sebenernnya sih itu "artificial environment" yang bisa dimanipulate sama orang2 behind the scene*, sampai akhirnya tersisa 1 pemenang.


Gue punya 1 pertanyaan sih sebenernya, sebenernya alasan kenapa harus ada Hunger Games ini setiap taon itu kenapa sih? 
*Waktu sebelum mulai reaping kan ada dikasih liat video gitu, nah kayanya itu cerita asal mula kenapa Hunger Games itu diadain kan ya? supaya orang2 ingat masa lalu apaaa gitu, tapi gue sih ga gitu ngerti.*


Fokus dari awal cerita ada di district 12, Primrose Everdeen (Prim), adik dari Katniss Everdeen yang ketakutan kalau dia akan kepilih buat jadi Tribute mewakili district 12.
Pas hari pemilihan, untuk Tribute cewek, ternyata benar Prim yang terpilih. 
Katniss, sebagai kakak yang sayang banget ama adiknya akhirnya volunteer herself untuk menggantikan Prim sebagai tribute. Lagipula, Katniss emang udah jago berburu, karena sering hunting bareng temen cowonya Gale Hawthorne,* tapi di film ini doi cuma kaya cameo doank.* 
Untuk Tribute cowok, terpilih Peeta Melark,* yang ditengah cerita baru kebongkar klo ternyata udah lama naksir sama Katniss.
Jadi total 24 tributes dari 12 district ngumpul di Capitol dan bakal saling tarung demi jadi pemenang.

Waktu mereka sampai di Capitol dan waktu Tribute Parade, gue sih cukup shocked, tapi impressed banget sama make up dan outfit2 orang2 di Capitol. Like each and every one of them has different look. So colorful. Gue rasa sih para make up artists dan costume makers-nya pasti seneng banget ya kerja untuk film ini, coz they can explore their creativity to even the craziest things.

The bloodbath scene was just okay.. for me *salahkan trailernya The Raid !!! krn scene bloodbath di Hunger Games jadi kaya ga ada apa2nya gitu (-_-)* 
Salah satu adegan favorit gue itu waktu Katniss ngumpulin bunga buat ditaro di sekelilingnya Rue. Emosional banget! Apalagi waktu dia kasih apa sih itu lambang 3 jari itu (lambang respect ya?) dan akhirnya orang2 di district 11 jadi emosi dan memberontak.

Adegan cinta2an antara Katniss sama Peeta menurut gue agak "in-a-rush" hahahha.. entah apa si Katniss bener2 suka atau tujuannya dia nyium Peeta cuma biar dapet sponsor obat buat si Peeta, gue ga tau. Keputusan dari si Game Maker buat terima 2 pemenang asal 2-2nya dari district yg sama juga agak maksa deh. Coba kalau gausah ada pengumuman kaya gitu, tapi mereka sendiri yg figure out buat nantang si Game Maker dengan coba makan poisonous berry barengan. Kayanya bisa lebih oke. Jadinya emang sedikit kaya Romeo dan Juliet, gue sempet ilfil sejenak pas adegan ini.
Si Seneca-nya juga jahat2 tapi kok lembek juga, klo emang dia kejam, mati semua yaudah mati semua aja ya.

Gue juga rada ga ngerti klo ada adegan obrolan antara Seneca sama President Snow.
Gue sih nangkepnya mereka kaya udah memutuskan sejak awal siapa yg bakal jadi pemenang The Hunger Games setiap tahunnya. Jadi ya ini totally rekayasa mereka aja, yang harusnya menang jadi ga menang karena semua diatur sama mereka. 
President Snow rada ga setuju kalo Seneca pengen menangin Katniss dari district 12, karena mereka underdog. Udah ga setuju Katniss yang menang, eh Seneca malah bikin keputusan yang akhirnya bikin jadi ada 2 pemenang. Jadinya President Snow kesel dan memutuskan untuk membunuh Seneca secara perlahan2.. Bener ga yang gue tangkep?
Oh iya..itu Tribute cewe dari District 2, si Clove..
di tengah2 film,* yg adegan dia mau ngebunuh Katniss,* baru sadarlah kita klo dia adalah pemeran Esther di Orphan. Ya ampun, sepertinya nih orang kudu dapet peran protagonis deh sekali2 buat benerin image (-_-). ngeri banget liatnya.

















Dan baru ngeh juga kalo yg jadi Katniss adalah Mystique di X-man first class. Warna rambut blonde dan brunette bisa bikin orang sebegitu bedanya yaaa..


















Overall, cukup oke sih filmnya, cuma ga sampe bikin gue berdecak kagum.* Untuk film yg kaya gini, endingnya terlalu happy.. hahaha.*
Gue tetep pengen nonton sih klo ada sekuelnya. Abis di bagian akhir juga sepertinya menandakan bakal ada sekuelnya, dan masa sih si Gale cuma bgitu doank perannya?? tapi entahlah. Wahai Arman, akankah ada sekuelnya? hehehehehe..

8 comments:

  1. negaranya namanya panem. ini settingnya di future, saat amerika udah gak ada lagi. negaranya gak dibilang komunis sih tapi dystopian, jadi penguasanya di capitol.

    awalnya emang ada 13 distrik, tapi karena distrik 13 berontak, jadi trus diancurin. at least itu yang dibilang ama capitol. *spoiler* hehe.

    sebenernya alesan diadain hunger games diceritain kok di adegan reaping yang pas ada film dari capitol itu. jadi setelah ada pemberontakan distrik 13 itu, jadi capitol mau nunjukin kalo mereka tetep yang pegang kuasa, dan ke-12 distrik itu harus nurut apapun yang terjadi. nah untuk menunjukan kekuasaannya itu (dengan dalih memperingati pemberontakan dan pemusnahan distrik 13), tiap taun diadain hunger games yang mana tiap distrik harus ngasih 2 remaja untuk saling bunuh2an itu.

    dan iya dong pasti ada sekuelnya. ini kan dari buku trilogy. apalagi film pertamanya sukses berat begini. hehee. sekarang film keduanya, catching fire, masih dalam tahap bikin script. rencananya release nya bakal november 2013 (ngikutin timeslot nya twilight yang mana udah berakhir th ini). dan nanti buku ketiga, mockingjay, rencananya akan dibreak jadi 2 film. sekali lagi ngikutin jejak harry potter dan twilight. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. widiwww...cepet aje komennya..memang employee lionsgate yang baik..hahaha

      oh jadi yg video itu ceritain pemberontakan district 13 toh.. sekarang aku mengerti.

      thanks, man =D

      Delete
    2. Sadiss mas arman lengkap benerrrr infonya!

      Delete
  2. g malah ga ngeh klo yang ajdi Clove itu pemeran Esther di Orphan, g cuma ngeh pemeran utama cewe dan cowo na aja hahaha :p

    ReplyDelete
  3. iya na pasti ada sekuel nya deh, buku nya sendiri aja ada 3. gw juga ud nonton, penasaran sih sama novel nya...biar lebih ngerti aja sama cerita nya.

    itu saling bunuh2an gw jadi inget sama battle royale, film jepun

    ReplyDelete
  4. Ada ada ada.... Ada lanjutannya!! Kan dia trilogy. Ah senangnya. Udah ga sabar gw.

    Aina, kalo gw nangkepnya si president itu marah sama saneca karena saneca kan yg ngusulin biar dibuat 2 pemenang (yg sebenernya dia dihasut sama siapa tu... si gurunya district 12 itu). Inget gak, wkt dia usulin itu ke presiden, presidennya bilang, "Jangan sampe ya lo bikin salah keputusan. Gw udah suka sama lo". Tapi bisa aja gw salah juga sih hehehe...

    ReplyDelete
  5. setuju setuju... dandanan ama kostumnya keren keren semua...

    dan adegan berantem2nya emang sengaja dibuat ga terlalu sadis deh karena film ini kan buat remaja...

    ReplyDelete
  6. aina, kupikir hanya aku seorang yang aneh karena tak berdecak kagum... smoga trilogynya nanti bisa buat aku berdecak kagum dech hehe...

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP