Wednesday, March 7, 2012

Cheesy Wedges

Akhirnya kesampean juga bikin potato wedges ini.
Biar kedengerannya simpel, tapi after damagenya mayan juga loh. (baca:banyak cucian piring,kuali, dkk)


Here it issss...



Resepnya di mix antara beberapa resep.


Mainly sih dari sini sama dari sini
Kalo versi gue nya jadi begini kira :

- 2 buah kentang
- Garam secukupnya
- Tepung bumbu serbaguna (gue pake merk indofood yg hot and spicy)
- 2 butir telur (ambil putihnya aja. gue pake 2 karena adanya telor negeri, klo telor kampung pake 1 kayanya cukup)
- 1 gelas susu cair (krn ga punya UHT, gue pake susu bubuk dancow yg diseduh trus didiemin dulu ampe ga panas)
- Minyak goreng
- 2 sdm mentega
- Keju cheddar secukupnya (gue cuma pake yg sachetan, dan cuma setengah blok)

Cara buatnya kentangnya :
- Kentang dicuci pake air hangat, trus dikupas (optional).
- Potong memanjang. Sesuai selera deh mau gede ato kecil. idealnya sih 12-16 bagian (2 kentang)
- Masukkin garam sedikit di air rebusan.
Rebus kentang sampe empuk.  
- Angkat dan tiriskan, tunggu ampe ga bgitu panas.

Meanwhile, panasin minyak goreng...

- Kocok telur putih, ga perlu sampe ngembang
- Masukkin susu kira2 seperempat gelas ke telur putih, aduk rata
- Masukkin kentang 1-1 ke campuran telur+susu
- Terus balur ke tepung bumbu (klo ga ada tepung bumbu, sesuai resep aslinya sih pakenya tepung+garam+lada+cabe bubuk (optional)
- Goreng kentang ampe keemasan.
- Angkat, tiriskan

Cara buat dipping saucenya :
- Cairkan mentega (api kecil)
- Masukkin 2 sdm tepung, aduk aduk pelan
- Masukkin susu pelan2, aduk terus, ga boleh ampe mendidih
- Aduk ampe rada kental. *ini cukup lama, jadi harap bersabar..hahaha*
- Kalau udah rada kental, masukkin keju parut, tunggu ampe kejunya larut. (Gue salah kayanya disini, karena ga punya parutan, g cuma potong2 kecil kejunya, dan alhasil malah ngegumpel dan ga larut)
- Sesuai resep asli, disuruh masukkin bawang putih bubuk, gue masukkin bawang putih cincang yang setelah dipikir2 harusnya ga usah, karena gue pake tepungnya udah tepung bumbu serbaguna. Jadinya sauce gue bau bawang putiiihh dan makin pedes.
Jadi klo pake tepung biasa + garam + lada baru perlu deh pake bawang putih bubuk.

Overall, kentangnya sih oke, enak. Cuma bumbunya terlalu kuat rasa bawang putihnya.
Selamat mencobbbbaaaa

11 comments:

  1. hoalaa.. wedges nya buat sendiri juga yah.. kayanya gue ga serajin itu na kecuali di oven jadi sekaligus masuk semua hahahah.. tapi pengen cobain saus nya deh, ini buat sausnya lo pake tepung indofood itu juga yah.. hmmph ada tepung bumbu apaan yak di rumah, tar ubek2 dulu ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nulis tadi lupa... wkwkwk.. kentangnya bagus lho uda kaya beli jadi ituh.. mantep na!

      Delete
    2. iya pake yg dari indofood.. males abis klo musti campur sendiri, takarannya ga jelas.

      hohohoho, klo kentang tinggal goreng doank fan..

      Delete
  2. Aaaaaaaaaaaaaaa... Makasih aina!! Kayanya enak. Dan yang paling penting: GAMPANG. Pasti ntar gw coba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ga gampang juga gue ga bakal bikin.. hahahaha..

      Delete
  3. Na..gw suka banget wedges tapi ga pernah tau cara bikinnya & gw pikir susah krn kirain kudu di oven.
    Aduh sampe ngiler liat fotonya hahaha.
    Kapan-kapan gw pengen menjajal resep lu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sih yg pake oven/micro, nge..
      terutama yg baked.
      cuma karena gue BELOM JUGA punya oven, jadinya gue cari resep yg ga pake oven deh.
      sebenernya dikukus aja juga bisa sih. ada beberapa resep yang gue liat caranya dikukus

      Delete
  4. hmm... kek na cocok buat anak kost nich wakakaka :) kapan2 mau coba juga~

    ReplyDelete
    Replies
    1. kau kan sudah pro, pit.. pasti gampang deh klo yg kaya gini.

      Delete
  5. Waaahhh... kalo liat dari bahan2nya, memang cocok untuk menggemukkan badan di musim hujan ini.... Mariiii!

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahaha.. tujuan awalnya sih bagus nih gue.. ganti nasi pake kentang. tapi malah jadi salaaah yaaa.. (-_-)

      Delete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP