Wednesday, June 22, 2011

Lab test result

Hari ini g ijin setengah hari mau ngambil hasil lab test sabtu kemarin..

Asli deg-degan mo liat hasilnya karena jujur aje gue bukan orang yg sehat2 amat, yg cukup sembarangan kalo makan, ga olahraga dan ga bersih2 amat (-_-!)

Begitu terima hasilnya dan dikasih liat ke dokter...
si dokter bilang "biasanya sih klo cowo ga ada masalah, biasanya cewe nih yg kadang2 banyak catatannya" *si dokter bikin gue tambah setres*

dibolak balik dibaca baca..hasilnya pewe selesai dibaca yaudah aja gitu..ga ada masalah sama sekali katanya...semuanya normal

trus giliran gue punya, dia bilang...disini ada catatan *jejejejejeng*
Eritrosit gue mikrositik hipokrom *yg mana artinya sel darah merah gue ukurannya kecil kecil dan jumlahnya sedikit*
trus karena mikrositik hipokrom itu, jadinya test nya diperdalam buat cari tau penyebabnya apa. Dan kesimpulannya gue ada pembawa sifat/carrier thalassemia beta.

*gue denger kata2 yg ada 'emia'2 gitu udah spot jantung yaaa tolong* (T__T)

kata si dokter thalassemia itu kelainan darah, rantai hemoglobin apaaaa lah gitu.
Cuma gue ini hanya sebatas pembawa sifat, bukan yg thalassemia mayor. Mungkin karena dari orang tua gue ada yg pembawa sifat juga, karena thalassemia ini turunan.

Untungnya pewe normal, jadi menurut si dokter kalo pembawa sifat menikah sama yg normal, masih ada chance nanti anaknya 25% pembawa sifat juga, cuma bukan yang pengidap thalassemia mayor..
Yang perlu dikhawatirkan adalah kalo si cewe dan si cowo sama2 pembawa sifat, karena nanti anaknya bisa jadi ada yg 100% penderita.

Ya karena ini hubungannya udah ama genetik dan bukan merupakan penyakit yg bisa disembuhin, gue terima apa adanya aja. Bersyukur aja karena pasangan gue normal. =)

Tapi, tidak selesai sampe disana spot jantung gue.

Pas si dokternya bolak balik hasil lab, gue ada liat kata2 'Positif' di bagian Anti-rubella ama Anti-CMV
dalem hati *matiiiii gue matiiiiii...kenapa positip itu*
dari test ini yg gue takutin emang yg cek Anti-toxo, anti-rubella dan kawan2 ini.
Walopun toxo nya gue negatif, tapi yg 2 lagi positif kan serem juga ya...

Beneran aja dokternya bilang klo Anti-Rubella ama Anti-CMV (herpes) gue positif.
Cuma kemaren yg ditest itu yg IgG, artinya dulu udah pernah kena atau udah ada antibodinya dan ga menjadi masalah.
*phheeew*
Mungkin positif karena gue baru aja vaksin serviks yg pertama sebulan lalu, jadi udah ada antibodi-nya.

Tapi nanti musti cek yg IgM..
kenapa test yg kemaren ga termasuk IgM, kata dokternya karena ga setiap pasangan mau langsung punya anak, jadi lebih baik test TORCH lengkap lagi nanti kalau udah mau punya anak atau pas baru hamil.

Seriously, si kawanan TORCH ini menyeramkan sekali. Gue musti inget untuk rajin2 nanya soal ini nantinya..

Masih ada lanjutannya lagiiii..
katanya urin gue banyak bakteri (-_____________-)
malu banget gue.. hahahahaha

dokter : "banyak minum air, jangan suka nahan kencing dan yang bersih ya"
gue : *ngangguk ngangguk*

dalem ati :
*iya dok, aku suka nahan kencing..tapi kemaren baru abis selesai mens dok, itu bakteri sisa2 mens kali ya dok??* (in denial) (-____-)

pas di mobil gue bandingin hasil pewe ama hasil gue.
GILAK, hasil dia sama sekali ga ada bintang2nya
(bintang itu tanda klo hasil kita dibawah/diatas normal)
Jadi hasil pewe semua diantara batas normal.. *ngirrriii*

Di hasil urinalisa gue ada yg namanya 'Keton'
nilai gue 50 (+3), yg klo normal harusnya negatif (T__T)
googlingnya gue..apa sih si keton ini, kok tadi si dokter ga ngomong apa2.

Dari hasil baca2, katanya mungkin ada gejala diabetes. *amit amit*
Tapi hasil glukosa puasa gue normal.

Bisa juga karena laper / puasa
iya lah laper, wong puasa dari kemaren malem ampe besokan paginya ga nyarap
tapi kok pewe hasilnya negatif, dia kan puasa juga dan sama2 laparnya sama gue?

bisa juga karena efek diet karbo
mungkinkah? tapi kayanya sediet2nya gue masih aja ada makan nasi...

Di bagian Darah (blood) juga nilainya 10 (+1).
ih masa urin gue ada darah..serem amat.. *sisa mens kali ya..ya kan dok yaaaaaa??* (T__T)

ada yg punya temen / kenalan dokter gaaa?? aku penasaran...

smogaaaa bukan sesuatu yg menyeramkan.
udah yaa, aku mau pipis dulu.. kata dokter ga boleh ditahan.. =P

10 comments:

  1. setelah baca post lo gue jadi baru kepikir kalo penting juga ya test ginian.. gue ga pernah huehe.. jadi ga tau deh nih dalem badan gue gimana ceritanya.. kalo tau at least bisa jaga makan dll yah..

    ReplyDelete
  2. ai, test urin gua juga dah 2x ada darah kayaknya. bisa jadi emang sisa mens or kalo setiap kali cek, selalu ada, bisa jadi ada masalah di ginjal ampe saluran urine. next time, kalo cek, jangan deket2 ama periode mens.

    soal thalasemia itu... T_T
    gua juga sutrisssss~ soale bokap gua itu kayaknya juga carrier karena dari hasil tes kemarin, darahnya kecil dan sedikit. nyokap ngak pernah cek sih. But, kata dokternya kalo nyokap juga carrier, harusnya anak2nya ngak ada yg selamet ampe gede. Thalasemia itu menyerang langsung pas baby baru dilahirin.

    dari hasil tes darah gua sih normal2 aja.. but ngak tau kan g carrier apa nga. si dokternya gimana tau lo carrier apa nga? cuma liat dari ukuran sel darah merahnya gitu?

    ReplyDelete
  3. @fanie: iya fan buat jaga2 aja, klo misalnya ada apa2 jadi bisa ditanganin lebih cepet

    @mon : ada ksimpulannya gitu mon.
    karena hasilnya eritrosit gue mikrositik hipokrom (kecil dan dikit), dia jadi cek lagi penyebabnya apa, karena bisa banyak..
    mungkin karena anemia kurang zat besi, tapi bisa juga karena thalassemia ini.

    nah klo kasus gue karena ternyata gue pembawa sifat thalassemia..jadi biarpun besi gue cukup, tetep aja sel darah merahnya kecil dan dikit..gitu..

    ReplyDelete
  4. na, gw kan tiap taon jg med check disini itu biasanya klo lg dapet emang ga boleh tes urine, ntar diganti hari laen jd cm tes yg ambil sample darah dkk ama foto doang. Biasanya di kertas hasilnya itu udah ada penjelasan & huruf ABCD(A sehat, B Biasa, C mulai kudu waspada, D ga beres, E kudu tes ulang). mgkn klo masih plus minus 1 point gpp asal masih dalam range normal. Tp klo emang kepikiran ya coba ditanyain lg deh.. cm yg penting jgn sampe stress hohoho...^^

    ReplyDelete
  5. wah na, penting banget ya kaya gini. gw ga pernah loh tes2 kaya gitu, biar tau kondisi badan kaya gimana ya..... kadang gw juga suka nahan pipis nih..jadi serem >.<

    btw, keluarga gw ada pembawa thalassemia juga loh T__T sepupu gw kena tuh, cuman sekarang ud sembuh setelah melalui berbagai macam proses pengobatan...dari d indo, cina, us. macem2. sekarang sih sehat2 aja. dulu pas di cek pembawa nya itu om gw, which is adek nya nyokap gw...

    biaya cek2 gini berapa sih ? jadi pengen juga deh gw

    ReplyDelete
  6. @inge : g udah selese mens nya,nge. cuma emang mungkin blom bersih bener.. jadi masih ada sisa2nya..
    nanti pas gue vaksin serviks yg kedua mau sekalian gue bawa itu hasil testnya, nanya lagi..ehehe

    @cindy : harganya masing2 laen2 cin.
    jadi tergantung lu mau cek apa.
    anti rubella ada harganya
    anti tokso ada harganya
    kolesterol ada harganya
    satu2 gitu dijabarin ama dia..
    kemaren sih gue paket premarital cewe 1 juta lebih dikit
    cowo 700ribuan.

    ReplyDelete
  7. dulu gue test begini waktu mau punya anak, abis test ini ga boleh makan sembarangan lagi, nongkrong sembarangan takut malah jadinya kena virus abis test. Tapi ternyata lama juga abis test ini dapet anaknya.

    ReplyDelete
  8. Halo aina.. udah lama ga mampir :p

    kemaren itu test nya dimana? gw jg lagi plan mau premarital test nih.. tp nunggu pameran wedding aja ah biar dapet diskon :p

    neway, iya smoga itu bukan sesuatu yg menyeramkan ya. cari2 dokter kenalan deh, sama coba ke bbrp dokter, biar ada perbandingan..

    ReplyDelete
  9. kittenholic : testnya di Prodia.
    itu juga dealnya di pameran JCC kemaren kok. diskon 20% klo ga salah.
    nanti di pameran weddingku July nanti harusnya ada sih.

    ReplyDelete
  10. hihihi aina lagi parno yaaa~ :)

    emang med check suka bikin org malah tambah sakit !! tuh kyk emak gw.. soalnya jd cemas sama hasil2nya...

    kalo memang lo carrier thalassemia, gw saranin lo untuk ikut program simpan stem cell alias darah tali pusat baby di kehamilan pertama, untuk jaga2.. begitu terdeteksi thalassemia, lo langsung ambil itu stem cell dari bank-nya dan suntikin ke anaknya.. tentunya dgn test2 dr dokter ya :D so far sembuh~ prosedurnya tny ke bank yg bersangkutan :D di indo udah ada bbrp perwakilan, salah 1 nya yg nerror gw terus : babybanks.. tp gw ga ikut dulu, ga punya duit :D ntar pikir2 lagi deh hehehehe...

    soal diabetes, siapapun bisa kena, walau ga punya riwayat diabet.. kuncinya cuma hidup sehat.. ga berarti lo ga boleh makan ini-itu, krn toh msh muda, tp batasi diri.. soft drinks bs jd pemicu.. dan perhatiin jg isi piring lo klo lg makan.. kenali bagian2 yg mengandung karbo, jgn terlalu byk.. jgn makan nasi + mie goreng + gorengan tepung yg terlalu byk.. 3-3nya mengandung karbo dlm jumlah byk~ pokoke, pelajari aja deh makanan2 karbo.. karbo paling jahat ada di nasi putih~ jd jgn bangga klo kenyang makan nasi putih :D dan klo masak/minum perlu byk gula, sebaiknya gula tebu diganti tropicana slim aja.. mahal sih, tp itung2 nabung biaya rumah sakit di kala renta~ hehehe.. tp klo cm pake dikit kyk 1 sendok ya gula tebu biasa jg gpp~

    good luck~

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP