Monday, October 4, 2010

Your facebook privacy

Hari gini udah ga asing lagi kan ama yg namanya facebook di-hack.
Temen gue dah ada beberapa yg kena.
Dan sepengamatan gue sih mereka2 yg kena itu adalah mereka2 yg facebook-nya ga dibuat private. Alias banyak orang, termasuk yg bukan friend mereka bisa akses profile,photo,etc etc, yang kayanya sih jadi salah satu faktor kenapa temen2 gue itu gampang di-hack..

Gue termasuk orang yg pelit sharing info, apalagi ke orang2 yg gak gue kenal ato orang2 yg ga nyaman buat gue share anything about me.
Nah buat friends macem OL shop dan orang2 tertentu, gue biasanya approve tapi gue restrict access mereka ke profile FB gue *peduli setan mo dibilang sombong*


dan gue kira cara setting FB privacy ini udah diketahui banyak orang, ternyata banyak yg lom tau.
Temen2 kantor gue ampe bingung pas kemaren liat gue share post, tapi restricted to some people only. Mereka nanya 'Kok bisa?'

So, let me share this to you all.
siapa tau berguna..

1. Klik "Friends" yg ada di panel kiri. Disana ada button "Create a List". Klik button-nya.



2. Nanti muncul pop-up window kaya dibawah ini.
Tulis nama list, contoh gue dibawah namanya "restricted"
dan pilihlah orang2 yg mau di-group under this restricted list. Klo udah klik "Create List".
Dan sekarang lu udah punya 1 list/group namanya "restricted".


3. Go to "Account" -Privacy Settings



4. Ada link "Customize settings" di bagian bawah. Klik.



5. Disitu ada semua bagian dari FB (wall post, info, photo, etc) yg bisa di-set privacy-nya sesuai keinginan elu.
Biasanya orang taunya cuma "Everyone","Friends of friends","Friends Only", sama "Only me"
padahal, ada "Custom" di paling bawah yg enable you to set more echanced privacy setting.
Klik "Custom"




6. Muncul screen seperti dibawah ini.
Key-nya disini itu bagian "Hide this from"
Klo gue biasanya setting "Make this visible to" = Friends only
dan "Hide this from" = restricted (yg mana isinya adalah ol shops, atasan gue, dan orang2 tertentu)

Di bagian Hide this from itu, lu juga bisa ketik nama satu per satu. tapi ya biar ringkes, dimasukkin ke group "restricted" aja.

Kira2 sih kaya gitu...

Each photo album bisa diset privacy nya, who can view it and who cannot.

Lu juga bisa bikin beberapa group. misalnya "family","high school friends","workmates"

Dan misalnya nih..misalnya.. lu punya album foto "nakal" yg ga pengen family lu liat.. ya, just set the photo album, "Hide this from" = family
*hahahahaha*... ngajarin yg ga bener nih ya gue..

dan setting2an privacy kaya gini juga bisa dilakuin everytime you wanna post something on your wall..
sebelum klik "Share", klik button disebelahnya, yg biasanya ada gambar gembok buat set privacy nya.

Jadi misalkan lu mau post/share something buat beberapa orang doank, ya setting lah ke Custom - Make this visible to - Specific people.. dan ketiklah nama2 friends yg pengen lu share.

Keuntungannya : more private
DAN
lu ga menuh2in newsfeed temen2 lu yg laen.

For gamers... klo misalkan mau posting segala sesuatu dari game elu.. lu bisa bikin group, misalnya "pet society"
SHARE-LAH HANYA KE MEREKA YG MAIN GAME YG SAMA..jangan ke semua friends..

pardon me..tapi gue menyadari klo mereka yg maen game dan suka share2 feed dari games itu kinda annoying. berakhir dengan gue HIDE lah newsfeed dari orang itu.. (-_-)

Sekian
Hope this helps

3 comments:

  1. penjelasan lu bagus banget krn pake gambar na^^

    ReplyDelete
  2. huahhh... g ada share RC ke dikau enggak yah !? atau FB lom nge-link hahaha...
    biasanya sih g liat, itu orang main atau enggak, klo enggak yah enggak g sampah2in sih ^^

    ReplyDelete
  3. @inge thank you =)

    @pitshu..lom jadi friend kok kita di FB..hehehe

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP