Monday, October 11, 2010

the story of missing luggage

Kamis, 7 Oktober 2010
Checked in baggage di counter Air Asia, Bandara Soetta sekitar jam 6:30 pagi.
Arrived in Changi sekitar jam 9 pagi
Sukses lolos bagian imigrasi. Untung kebagian yg ga rese orangnya, meskipun cewe.

Begitu mau claim baggage...

KOPER GUE MANE ?!?!?!

ada 1 kulit pisang nangkring di belt tempat koper gue seharusnya berada.
dan kulit pisang itu udah muter beberapa kali, yg artinya koper gue ga ada disana.

Gue nanya ama Air Asia officer yg pas lagi ada di deket situ dan he said
"follow me please. you need to make a report"

*mood free-fall*

masih cukup tenang, masih bisa ketawa2, becanda2
sampe akhirnya the officer said
"we will try to locate where your luggage is. This is the report ID and phone number you can call. Once we find your luggage, we will send it to the hotel you stay at"

gue tanya :
"how long should i wait? do you have max time i need to wait before it's confirmed lost? and do i get any compensation now?"

dia jawab :
"there's no compensation we can give and i can't answer how long it's gonna take to locate your luggage. But if in 14 days we still cannot find your luggage then you can make a report"

FREAKIN 14 days..

dan disitulah gue break down.
keseeeeellll banget.
out of those luggages....why mine?
it should be a very fun and exciting day but because that goddamnit luggage,i lost the excitement.

karena udah ga bisa ngapa2in selaen pasrah, gue lanjut naek taksi ke sentosa tempat company day gue diadakan.
sobbing and busy informing my parents and boyfriend about the missing luggage.
setres dah pokoknya.

Nyampe di Siloso Beach Resort. Taro barang2 yg ga perlu dibawa di 1 kamar terus lanjut ke Universal Studio Singapore.

yeah right..pergi ke USS dengan mood yg ga bagus!
tapi ternyata gue masih bisa have fun. fortunately.
walaupun setiap beberapa menit gue nge-cek hp mulu, kali2 ada incoming call yg ga kedengeran.
dan tiap 2 jam telponin ke bagian lost & found airport follow up pencarian luggage gue gimana.

So, jadilah di USS gue beli 2 kaos.
gue udah pasrah soal underwear yg mungkin harus dipake berulang2. *udah siapin mental buat berjorok2 ria karena gue pikir di USS ga mungkin ada yg jual underwear*

LAH ternyata ada juga yg jual underwear. sekotak 3 biji dengan harga 7 dollar klo ga salah inget.
plus beli celana pendek buat dipake tidur.
plus beli sendal jepit karena spatu yg gue pake kurang bersahabat.

DAMN.. unexpected expenses


balik ke hotel sore sekitar jam 5.
Cek hp, lom ada telpon. gue udah desperado.
duduk di lantai senderan ke tembok taro pala di kasur masih meratapi nasib *jaahhh*
mandi.. saved by one piece of top i put on my handbag yg tadinya gue pikir buat spare in case gue maen yg basah2.



ga lama setelah selesai mandi, ada telpon masup dengan nomer yg hampir gue hafal di luar kepala.. THE LOST&FOUND OFFICE NUMBER *i saw light of heaven..wtf*
suara lelaki disana bilang klo they found my luggage and will send to the hotel at about 8-10pm if that's okay

OKAY !!!

gue ga nanya lagi itu luggage gue nyasar kemana. udah ga peduli deh gue. yg penting ketemu dan utuh.
tapi abis itu gue lom mau 100% lega sebelum itu luggage bener2 udah ada di depan mata gue.
Jadi gue masih a bit anxious.
Pegi makan malem bareng all colleagues, selesai sekitar jam 10 malem.
i called the receptionist, mereka bilang lom ada luggage yg dianter dari airport.

Gue telp lagi ke Lost&Found office, mereka bilang luggage gue udah di-picked up sama transporter. Tapi transporternya bukan transporter AirAsia, mereka nitip transporter dari penerbangan laen. Jadi ya istilah kasarnya, luggage gue di-anak tirikan dan dianterin paling belakangan.

Nunggu punya nunggu, luggage gue akhirnya tiba sekitar jam setengah 12 malem.


and... this is what happened later on..


Note 1 : walopun ini bukan pengalaman yg enak, tapi gue berterima kasih sama officer yg udah ngebantuin gue. THANKS A LOT WHOEVER YOU ARE ! may you get a lot of fortune in returns
Honestly, officers di Changi airport sangat membantu dan ramah..
Gue hanya berharap mereka lebih aktip follow up ke kita2 yg luggagenya menghilang tentang status pencarian.
I know it's not only my luggage went missing, but still..

Note 2 : Ini salah satu disadvantage flying budget airline. no compensation or so whatever. klo naek macem Garuda, katanya sih pasti dapet compensation buat beli2 baju, dll.. well, what can i say. price never lie..

Btw, gue jadi bertanya2.. kenapa ga ada pengecekkan baggage number/name yg di-tagged di luggage ama di boarding pass untuk memastikan ga ada orang yg salah ambil ato nyolong punyanya orang lain ???
well, dari kejadian ini, gue ga bakal kapok masukkin barang ke bagasi sih..karena itu perlu. Tapi gue pasti belajar lah, laen kali make sure at least bawa 1 set pakaian + underwear2nya di dalem tas yg selalu dibawa2 in case something like this happen again *knock on wood*

10 comments:

  1. huaaa kebayang deh pasti bete banget ya!!!

    gua aja yang gak pernah punya pengalaman koper ilang (jangan sampe deh.. amit2!), tiap kali nungguin bagasi keluar tuh selalu deg2an. jangan sampe gak keluar!! hahahah.

    ReplyDelete
  2. huah bad experience banget yah na.. untunglah akhirnya balik lagi tuh koper :D

    ReplyDelete
  3. biasanya sih ilangnya ada 2 kemungkinan : nyasar atau salah ambil.
    Gw dulu pernah ilang di CGK, ternyata tas gw terbang duluan pas gw transit(jd dah ditumpuk di lost and found). padahal sebelumnya gw dah nolak ditawarin ganti flight krn males nungguin bagasi. huhuhu tau gt gw terbang aja krn toh sama aja...
    Jd dr situ gw tau, mereka tu biasanya cm cek tag airline ama tujuan langsung dicemplungin jd satu. Jadi klo flightnya banyak..bisa salah taruh antara jam sebelum atau sesudah atau beda jalur transit.

    Nah, yg satu lg tu...airport diluar indo biasanya ga meriksain tag di bagasi ama di tiket. mereka percaya aja. jadi kita nyelonong keluar aja gt. Klo di indo sih, saking bnyk yg *maap* nyolong, jdnya diketatin sambil dicocokin.

    Thanks God bagasi lu ketemu yaa^^

    ReplyDelete
  4. aduh g telat amat ya...
    kemaren as om g dari HK ke sini juga sempet keilangan tas... dan sayangnya tasnya ga ketemu..

    trus ada info dari CGK kalo ada orang philipine yang report klo tasnya dia ketinggalan dan dia bawa tas orang laen... yang aneh tasnya itu ga dibawa ma orang pilipinnya pas mo ambil barangnya dia yang ketinggalan.. alhasil tetep aja ga balik tu tas...

    lagian waktu itu g pulang ke indo jg barang g ga ada yang cek tu pas pintu keluar..

    bingung juga ya gmn caranya buat pastiin klo barang kita ga diambil orang....

    ReplyDelete
  5. @arman.. bangettt banget dah betenya.
    sekarang jadi makin parno klo nungguin baggage (-_-)

    @fanie.. anggep aja pengalaman lah.
    lagian klo ga ada nih cerita, gue ga nulis blog..hahahaha

    dan ya hikmahnya adalah, mungkin gue disuruh shopping di USS (tadinya bener sama skali ga niat beli apa2)

    @inge.. klo case gue, nyasar sih kynya. kebetulan gue check in-nya belakangan, misah ama temen gue 2 orang yg udah check in baggage duluan. iya nih untunggggnya ketemu..masih hoki deh gue.

    @niken.. waduw..sorry to hear that.
    naek pesawat apa itu,ken?
    klo bukan budget airline, lu bisa minta kompensasi tuh.
    katanya sih ada aturan tertulis klo misalnya baggage ilang diganti berapa gitu.
    tapi moga2 ketemu deh ya..suruh om lu telponin terus orang airportnya.

    btw, itu orang filipin aneh banget. klo dia salah ambil tas ya balikkin lah yg dia ambil.
    petugas airportnya juga masa dodol banget ngasih tas dia gitu aja tanpa minta tas yg dia salah ambil.

    ReplyDelete
  6. na, gara2 baca tweet loe waktu itu gw jadi sempet takut sendiri...untung nya gw aman2 aja......fiuh lega deh, tp emang sih langsung pd ambil2 aja yah....kalo yg bener2 sama gimana tuh, gampang ketuker ya kalo ga hati2

    ReplyDelete
  7. @cindy : hiks hiks..iya bete banget gue, lagi kena sial..
    sekarang klo di erpot paling tegang bukan pas mau lewatin imigrasi, tapi pas mau ngambil koper !!!

    ReplyDelete
  8. ini sih kyknya masalah hoki ya. ga cuma di airport, kmrn ini koper gw ilang di hotel berhubung kopernya dikirimin dl ke hotel & mlmnya br gw cek in. untung sih ktm tp ya keselnya itu priceless. mo dikasih compensation kyk apa jg tetep ga jd happy.
    ps: muka bt lu jg cute! =p

    ReplyDelete
  9. dari pos lo yg terbaru g mampir kesini, g kalo jadi lo mungkin masih di bandara enggak bakalan kemana2 sampe tuh tas ketemu wakakaka.. lo masih lebih kuat hati dari pada g ^^

    ReplyDelete
  10. Waaahh,..untung ketemunya lumayan cepet ya, Na! (maksud nya gak sampe berhari-hari gitu)...kebayang anxious nya loe....

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP