Tuesday, June 15, 2010

Compulsive Hoarding

Tadi pagi sepanjang perjalanan dari rumah ke kantor, di HardRock FM lagi ngebahas soal Compulsive hoarding

Compulsive Hoarding istilah keren buat "nimbun2 barang"



gue inget pernah nonton beberapa episode The Oprah Show yg ngebahas hal yg sama, ada 1 ibu2 yg hobi banget nimbun barang sampe rumahnya hampir ga ada space lagi.
Complete story is here

The fact is gausah jauh2 ke Amrik, di rumah gue juga kejadian.
Nyokap gue !
asli hobi nimbun barang.. apapun jenisnya
mulai dari baju2, aksesoris, ampe printilan2 yg ga ada gunanya

Buku2 gue jaman SMP, SMA tuh ya masih ada nangkring di lemari atas yg klo dirapihin bisa buat taro barang2 laen yg lebih berguna.
Pas gue saranin untuk dikiloin aja, nyokap ngomongnya :
"Ntar giliran lu perlu liat2 gimana?"

DOWEWEWENNGG... mau kata gue perlu liat juga gue lebih mengandalkan om google daripada musti buka buka buku yg udah koneng2 kriting bau gitu.

Udah gue bilang gitu, dese sih kaya blaga ga denger gitu.. (-_-)
plan gue sih weekend ini pas nyokap keluar kota bakal gue gusur semua itu buku2..

Baju2 pun yaaa.. dari jaman dia masih gadis juga masih ada kali tuh gue rasa.
mending pernah dipake..ngga. disimpen aja gitu, baunya juga ga tau deh udah kaya apa. Ga pernah buang baju tapi masuk baju baru sering banget, jadi mo nambah berapa lemari pun pasti penuh lagi penuh lagi.
Can't do anything about this karena itu barang milik dia gitu

Sebenernya baju2 gue juga sama ajaaa..
Kadang klo lemari baju gue dah sumpek, g beresin, pisahin yg udah ga mo dipake.
Udah nih dimasukkin ke kardus dan biasanya sih nyokap suruh pembokat liat, klo ada yg mau suruh ambil gitu. Ternyata bukan cuma pembokat doank, die juga ngambil. Jadi ada tuh beberapa baju gue yg jadi milik nyokap sekarang. Ngambilnya sambil ngoceh "Ini kan masih bagus kenapa dimasukkin sini" (-_-)

Sama kaya isi laci gue..klo ada barang2 yg udah ga kepake, misal gantungan konci dah karatan, pulpen udah abis, aksesoris yg udah rusak gitu, g buang2in ke tong sampah
Eh udah dibuang, klo diliat nyokap bisa dipilihin lagi tuh ama dia.. nih gantungan konci masih bisa dipake, pulpen tinggal cari isinya, trus misal aksesoris tuh ada bunga2, bunga2nya dipretelin ama dia, disimpen.. "sapa tau ntar klo mo bikin apa perlu"

Itu baru yg kecil2 ya..
Pernah 1 kali ya, pas mampir ke rumah pewe, dia liat di sebrang rumah pewe ada yg jual pintu besi bekas gitu...dia bilang bagus tuuhh..
trus minta bokapnya pewe nanya berapa duit dan akhirnya jadi aja dibeli
dan itu pintu nangkring laaammamaa banget di toko bokap gue dan sekarang entah apa kabarnya. bokap sih dah ngedumel aja, ga tau buat apaan itu pintu gituan dibeli.


"Siapa tau entar perlu"

Kata2 yg selalu keluar dari orang2 yg punya kecenderungan Compulsive Hoarding.

Gerahhhhh...
Gemess...

Jadinya sekarang klo gue mau buang apa2, gue ga buang ke tong sampah. gue masukkin kantong plastik dan langsung buang sendiri ke tempat sampah di jalan, biar ga bisa diambil2in lagi ama nyokap.

Anehnya klo meja gue berantakan dikit aja, gue pasti diomelin..
padahal nyokap gue juga orangnya berantakan..jauh lebih berantakan dari gue..
Klo tas gue dipinjem ama nyokap sehari aja, balik2 ke gue pasti adaaaa aja yg berantakan di dalem. permen lah, tissue kucel2 lah, koin2 lah..

Musti gimana ya?
Masa gue yg rapih2in barang tiap berapa waktu sekali.
Ntar klo gue buang yg salah kena damprat lagi...

Dan ada yg bilang klo misalnya bokap ato nyokap kita punya kecenderungan compulsive hoarding, malah anak2nya tuh jadi yg anti compulsive hoarding.. mungkin karena gemes kali ya liat bokap/nyokapnya, makanya ga mau kaya mereka nimbun2 barang..

doakan saya deh semoga misi weekend ini berhasil !!
BANYAK banget yg mo dibuang soalnya !!!

9 comments:

  1. hahaha.. kalo baju dari lemari yang mau dibuang terus dipilihin lagi.. sama tuh kaya nyokap gue na..
    malah ada tuh sekardus gede dah mau gue sumbangin aja, baju2 dari masi kecil gitu, box nya masi nangkring aja di rumah huehe..
    tapi kalo beli pintu bekas.. blum pernah si kejadian di rumah :D

    ReplyDelete
  2. haha tipikal ibu" banget yaaa :)
    tapiiii nyokap gw udah mulai bisa "ngebuang" barang sekarang ;p

    ReplyDelete
  3. kasih gue aja naaaaa ......

    ReplyDelete
  4. hahaha..gw jg dulu2 apa2 gw koleksi ampe bulukan. maklum gw nomaden dr kecil jd semua dibawa pindah2.
    Kayanya banyak org deh yg sayang ama barang2 mereka gt tp ga sadar aja klo udah ga guna.
    makanya gw skrg sebisa mgkn ga koleksi apa2 lg drpd kamar gw kek gudang. padahal sebenernya sayang banget tp akhirnya kek baju ama pretelan2 ga jelas gw buangin semua... Trus berhubung gw kan ga tega gt kadang, jd gw minta tolong org laen yg milih :P Jadi buang ajaaaaa....hehe
    dan ini jg bikin gw jd mikir2 spy ga ngasih hadiah2 ga jelas ke temen...

    ReplyDelete
  5. hehe denger GMHR juga ya td pagi hehe.. sempet kepikiran bikin post tentang ini.. eeeh liat blog aina uda ada hehe..

    Klo yang jadi compulsive hoarding dirumah g.. mungkin ga ada de heheh abis barang2 yang uda ga kepake biasa langsung dipisahin ma nyokap.. tapi dia tanya dulu sih ke kita br dia gusur.. jadi berkat nyokap barang2 dirumah g tertata dengan rapi hihi soalnya g juga suka sumpek klo ada barang2 yang ga jelas msh disimpen..

    ReplyDelete
  6. kalo soal baju, sama persis sama nyokap gw na...kemaren gw kan lagi beres2in lemari yah..ada bbrp yang gw ga mau pake lagi, maksud nya ya dbuang ato apa lah..trus dliatin satu2 sama nyokap gw, akhir nya dia yang pake buat d rumah haha

    ReplyDelete
  7. @olin...apanya yg kasih elu? buku2 jaman smp,sma guee??

    klo baju banyak ya yg sama..
    cuma nyokap gue ya ga cuma baju...tapi hampir semua barang..

    ampe BINATANG yeee...
    kucing di depan rmh tuh ye dipiara ampe beranak cucu.
    klo lagi deket2 hari potong korban dan deket rumah ada kambing tuh dikasih makaaan ama nyokap gue..
    untung ga sampe dipiara juga..
    ya kalo yg ini sih itungannya dapet pahala sih ye..AMIN

    ReplyDelete
  8. kebalikan sama mak gw..semua dibuang.buang dan buang..kalo pas gw nyari, dia bilang " uda gw buang" T_T

    ReplyDelete
  9. hoahaha....sama ama nyokap gue! tinggal bokap aja yg sortir tiap 2-3 bulan sekali...
    kyknya agak nurun ke gue, tapi kalo gue mesti tetep rapih,..gak bisa tuh gue biarin-in tergelatakan dimana2,..gatel rasanya...*compulsive organizing*

    temen gue pernah cerita pas dia punya anak, mertuanya ngasih baju baby yg dulu punya suaminya temen gue! bayangin! temen gue udah 30! masih bagus pula,.....ckckck

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP