Tuesday, February 23, 2010

Cerita Busway

Kerja kali ini gue harus keluar dari comfort zone gue (bawa mobil ke kantor), karena lokasi kantor yg ga kasih gue banyak pilihan. Klo mo bawa mobil kudu muter2 dan berkutat dengan SANGAT macetnya jalanan daerah Blok M. Jadi the only option ya naek Bus Transjakarta.

Awal2 gue hesitated seperti kebanyakkan orang yg harus keluar dari comfort zone mereka. Masalahnya adalah, transportasi umum di Jakarta itu mau dibikin senyaman apapun pasti jadinya ada aja yg bikin ga nyaman.

Beberapa hal yang bikin gue ga nyaman :
1. Gue kudu jalan dari rumah ke halte mangga besar yang jaraknya lumayan bikin cape. Perlu dicatat gue orangnya gampang keringetan. Alhasil begitu nyampe haltenya, beli tiket dan diem buat ngantri, keringet gue ngucur, dan itu GA NYAMAN banget buat gue. Merasa jorok sekali.
Plus ribet karena gue kudu lap2 jidat, lap2 leher pake tissue biar keringetnya ilang.

2. Tipikal orang indo..demen banget dorong2, pengen cepet2.
mungkin ini kasar, tapi bagi gue itu kampungan banget.
semua juga pengen cepet sampe, tapi kayanya ga perlu ampe dorong2an, klo ga bisa naek di bus yang sekarang juga ga mati kan, tinggal nunggu bentar lagi gitu.
Gue sebel banget klo ada orang yg dorong2 dari belakang udah kaya dikejar wedus gembel (terutama kalo orang itu adalah abang2...euuuuww)

3. Oh smelly smelly thingy
Tau kan apa yg terjadi kalo banyak orang berkumpul di suatu tempat, rame, desek2an, keringetan dan ada sebagian yg harus unjuk ketek pula.. HADEEUHH...maknyus banget dah. Klo hoki dapet orang duduk/berdiri di sebelah itu yang wangi, klo dapet yg BB hadeeuuhh pengen pingsan rasanya *sumpah*..baru saja terjadi sore tadi (T_T)

4. Lengket2, Gatel2
Laen dari MRT di singapore yg tempat duduknya ada gajlokan, jadi orang ga bisa serakah klo duduk, di transjakarta ini kan jok aja berderet gitu, jadi klo ada orang yg pantatnya segede gaban duduk seenak jidat di sebelah lu ya SELAMAT ANDA SANGAT BERUNTUNG. pernah punya pengalaman, udah belakangan duduknya, pantatnya gede, eh dia goyang2in pantatnya gitu biar masuk ampe dalem *lap keringet*, lom lagi klo gue dan dia sama2 pake tangan pendek dan kulit dia lengket2 gitu..euuuuuwww... gue bukan sok resik tapi asli berasa jijik.
Pernah juga duduk di sebelah cewe yg rambutnya panjang ikal kriwis2 gitu, gue pake kemeja tangan pendek. Aduh itu rambut kena kulit gue yg emang sensitif, jadi gatel2 sepanjang jalan, gue ampe pegangin daerah yg kena rambut die pake tangan satunya lagi. bodo deh ah dia tersinggung apa ngga.. GATEL !!

5. Dari halte Blok M ke kantor pun gue kudu jalan lagi, walopun ga sejauh yg dari rumah, tapi cukup berasa. Blom lagi harus lewatin bagian dalem terminalnya, dimana gue yang 'putih' ini jadi penarik perhatian mata2 orang yang ada disana. Serem sekaliii. Tapi gue sih belaga pasang tampang tough gitu biar ga ada yg brani macem2 (-_-).
Nyampe WC gedung, gue berkaca.. o my goodness.. perasaan dari rumah gue cakep deh..nyampe kantor udah kaya abis dicakar2 monyet. Hasilnya, seharian ga nyaman banget ama diri sendiri.

Beberapa hari pertama masih menimbang2 apa mau bawa mobil sendiri apa ngga (it's difficult to go out from ur comfort zone, really). Tapi gue determined klo gue ga mo manja. Plus klo bawa mobil juga kudu keluar expenses lebih, uang parkir + BBM. Dan pas gue perhatiin jalanan klo jam pulang,weleh weleh weleh, hampir ga jalan, jadi langsung males bawa mobil deh.

Udah 10hari+ naek bus transjakarta pulang pergi, banyak liat macem2 orang. Ada ABG2 centil yg ngomongin soal cowo dengan suara lantang banget, ada mas2 yg ketawa2 sendiri sambil dengerin radio lewat HP, ada yg tidur asiik banget ampe senderan di bahu orang sebelah padahal kaga kenal (aduuuhh jgn ampe gue ada di sebelah orang kaya gini (T__T)), macem2 dah.

Untungnya selama ini gue lumayan sering dapet tempat duduk.
Klo pagi, dapet tempat duduk ga dari awal sih, tapi seengganya ga pernah berdiri dari ujung ke ujung.
Walopun pernah sekali jadi pepes lele karena orang2 itu HERAN DEH ga mo maju ke depan ato ke belakang, pengennya di tengah2 dan gue ga dikasih lewat, ga ada pegangan pula, jadinya gue hanya mengandalkan badan orang2 disekitar gue buat balancing. and that's GROSS !!

Klo pulang, selalu dapet tempat duduk karena emang Blok M kan shelter-nya. Klo pas udah ga dapet tempat duduk, gue tunggu bus berikutnya aje.

Daaann untuk mengatasi masalah ke-lepek-an gue, akhirnya gue pake kaos dari rumah, begitu nyampe WC gedung, baru tuker kemeja. Dan saya selalu bawa kunciran in case pas nyampe kantor rambut gue 'kesamber petir'. Ribet sih, tapi gue mending ribet dikit daripada ga betah seharian karena berasa lepek.

Daaaaaaaaaaaannn.. sepatu2 dari Little Things She Needs itu yaaa yg 1 sakiiiitt, yg 1 kok sempit ya? perasaan waktu nyobain pas.. *sedih sekali*
akhirnya hunting spatu deh di pasar baru ama pewe..
dan ujung2nya tuh sepatu ditaro di kantor, dan gue pulang pegi pake sendal aje gituuu..

Someone said to be able to move forward, you have to go out from your comfort zone.

I'm doing it.
Semoga outcome-nya baik.

6 comments:

  1. hohoho..iy na bawa baju ganti aja. ama di kantor tinggalin tas kosmetik + tissu basah n spray gitu. jd begi nyampe, lap2 badan, muka trus dandan clingggg deh^^
    diJpn jg sama apalagi klo summer nempel2 para lelaki itu lengket hikz jd suka geli2 sendiri :(

    ReplyDelete
  2. gw sepatu juga taro d kantor na...pas di gedung lama, gw malah pulang pergi pake sendal jepit haha...tapi skrg pake sepatu juga :(

    sayang banget ya sepatu dari little things itu...kok bisa tiba2 ga pas ya ? aneh juga

    kalo di terminal blok m sih emang kudu pasang tampang galak na... + jagain bener2 tas loe tuh...suka ada copet sih wah wahhh bentar lagi jadi preman blok m donk hihi

    ReplyDelete
  3. dulu waktu magang, g juga daerah blok M. pp busway juga sih.

    pas pergi sekitar jem 7-8an, ramenya setengah mati.. meski ngak ada jem masuk, akhirnya g lebih milih berangkat tgh 7, utk menghindari jadi 'pepes' + ongkosnye lebih murah.

    kalo pulang sih, dah jem 8-9 gitu, relatif sepi. tapi seandainye jem 7 dan itu rame, g pasti nunggu naik bus yg g bisa duduk. sebelnye.. di blok m kagak ada bangku buat duduk >.<

    di daerah terminalnya.. ati2, tapi ngak usah parno sih ai. malahan jadi mencolok, imo. pokoknya jalan terus aje menuju tujuan lo. kagak usah lirik kiri kanan. itu sih cara gua. setidaknya mereka kan tdk ada waktu mau jahatin gua. but so far sih, g ngak pernah ada masalah (magang 4 bulan).

    1 hal yg lebih g benci dari poin2 yang lo sebut di atas:
    kenapa orang itu suka pepet2, deket2, nempel2? hiiiiii~ ngak betah gua kalo badan g nempel ama badan orang asing.

    ReplyDelete
  4. inge..masalahnya gue ga ada laci nih buat naro barang2, jadi klo mo bawa kudu selalu bawa pulang, ribet. senjata gue sekarng paling 1...parfum !! hahahaha.

    cind..di kantor baru kudu pake spatu ye? elite bener sih gedungnye. haha..
    iya tuh tiba2 sempit, bete deh gue. tapi maren masih pake lagi sih buat jalan dengan harapan klo sering dipake bisa agak melar. =P

    mona. g sebenernya brangkat juga jam 7 lewat. pengen sih beli tiket jam 7 kurang demi berhemat, tapi males ah..mending nyantai2 dulu bentar di rumah biar ga kepagian nyampe kantornya.

    gue sih begitu kluar bus, langsung tancap gaass..jalan secepat kilat..hehehe..ga pake liat kiri kanan, ga pake pelan2. ahahaha.. klo ada yg macem2 tinggal gue gebog pake lunchbox

    v(^_^)v

    ReplyDelete
  5. ati2nya ga cuma di terminalnya aja lho na... dan bukan hanya pd para pencopet aja.. krn disana jg byk para pelaku pelecehan seksual which I ever experienced pdhl si hendy ada di dpn gw.. tp klo lo ga lwt jalur bus kota sih gw rasa no big worry kali ya.. soalnya jalur itu lbh rawan sih dibanding jalur busway.. sayang sekali wkt itu gw ga bw lunchbox jd gw ga bisa ngegebugin sesuatu ke kepalanya yg udah korslet sampe keluar api itu...

    dan justru elo hrs extra hati2 di kala desak2an.. krn saat itulah org mencopet (gw pernah kecopetan di terminal dan mereka melakukannya di saat berdesak2an) sekaligus melakukan pelecehan seksual seperti meremas pantat lo... dan pelakunya ga cuma abang2 tapi pria2 ganteng berkemeja juga.. so watch your ass out.. huehehe..

    ReplyDelete
  6. XD

    tul begitu~ jalan terus ngak pake basa basi =) biar ngak ada kesempatan bagi org yg niatnya jahat.

    ReplyDelete

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP